Pantai Caruban, Pantai Kartini, Pantai Morosari, dan Pantai Baruna, Tempat Wisata Pantai Utara Jawa yang Indah

Halo kawan-kawan kali ini saya akan memberikan kalian rekomendasi wisata yang ada di Pantai Utara Jawa atau sering disebut Pantura. Yaitu Pantai Caruban, Pantai Kartini, Pantai Morosari, dan Pantai Baruna yang merupakan tempat wisata Pantai Utara Jawa yang indah.

Pulau Jawa adalah pulau panjang yang terbentang dari Kabupaten Banyuwangi di ujung timur provinsi Jawa Timur hingga Taman Nasional  Ujung Kulon yang berada di ujung barat provinsi Banten.

Dikutip dari brainly.co.id, dengan hasil yang disertifikasi, panjang pulau Jawa mencapai kurang lebih 720 km. Apabila menghitung panjang bibir pantainya, maka dapat dipastikan panjang pantai di pulau jawa lebih dari dua kali lipat dari 720 km.

Hal ini menjadikan pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang mempunyai potensi wisata pantai yang sangat besar. Terdapat ratusan pantai yang membentang dari Jawa Timur hingga Banten.

Apabila dikelola dengan baik, maka potensi pantai di pulau Jawa akan mampu mendongkrak perekonomian bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai di sepanjang pulau Jawa.

Untuk kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 4 tempat wisata di Pantai Utara Jawa Tengah yang bisa menjadi salah satu pilihan wisata kamu ketika berada di dekat jalur Pantura.

Ini dia 4 tempat wisata di Pantai Utara Jawa Tengah, yaitu Pantai Caruban, Pantai Kartini, Pantai Morosari, dan Pantai Baruna. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di bawah ini.

1. Pantai Caruban di Kabupaten Rembang

sumber: instagram.com

Nama pantai ini sebenarnya adalah pantai Gedong Berseri, hanya saja warga sudah terbiasa menyebut pantai ini dengan nama Pantai Caruban. Pantai Caruban terletak di sebelah utara desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Lembang.

Pantai ini selalu ramai ketika waktu liburan tiba. Di pantai ini kamu dapat menikmati semilir angin sepoi-sepoi dengan pemandangan hamparan laut yang luas.

Pantai Caruban ini berpasir putih, dan air lautnya berwarna biru, sehingga menjadi magnet yang kuat bagi para pecinta keindahan alam untuk menyambanginya.

sumber: ivanleksono.wordpress.com

Di sepanjang bibir pantai, terdapat pepohonan cemara yang cukup rindang,

Di Pantai Caruban terdapat fasilitas area parkir, musholla, kamar mandi, dan juga penginapan. Beberapa pedagang juga bisa menjajakan barang dagangannya.

Akses jalan ke Pantai Caruban lumayan bagus. Kamu dapat masuk ke Pantai Caruban dengan mengendarai sepeda motor atau mobil pribadi.

Pantai Caruban juga sudah ada di Google Map, jadi kamu tidak perlu bingung untuk memilih jalan menuju Pantai Caruban.

Ini dia peta yang bisa kamu jadikan rujukan menuju Pantai Caruban.

2. Pantai Kartini di Kabupaten Jepara

Pantai Kartini merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Jepara. Nama Pantai Kartini sendiri diambil dari nama seorang Pahlawan Nasional yang lahir di kota Jepara yaitu R.A. Kartini.

sumber: twitter.com

Pantai Kartini berada tak begitu jauh dari pusat kota Jepara. Pantai Kartini hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Jepara. Lebih tepatnya, Pantai Kartini terletak di desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Untuk lebih jelasnya saya berikan peta Pantai Kartini di bawah ini.

Tiket masuk ke Pantai Kartini relatif murah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 5000 saja, kamu sudah dapat menikmati Panorama Pantai Kartini yang indah.

sumber: wisatafavorit.com

Di Pantai Kartini terdapat pula penyewaan sepeda, skuter, dan motor mini. Jadi kamu dapat berkeliling-keliling di Pantai Kartini tanpa takut kelelahan.

sumber: matajatim.com

Di Pantai Kartini juga terdapat Kura-kura Ocean Park, yaitu sebuah bangunan besar yang menyerupai bentuk kura-kura raksasa. Wahana bermain ini terdiri dari 2 lantai. Untuk dapat masuk Kura-kura Ocean Park, kamu cukup membayar tiket masuk dengan Rp 17.500/orang.

Di lantai satu, kamu dapat melihat berbagai macam satwa laut seperti ikan-ikan hias cantik, hiu, ikan pari, kura-kura dan beragam ikan lainnya yang berada di dalam aquarium. Di dalam Kura-kura Ocean Park kamu juga bisa melihat pemandangan terumbu karang yang cantik.

Di lantai dua, kamu akan menjumpai berbagai macam wahana bermain bagi anak-anak yang akan membuat buah hati betah berlama-lama di sana.

Di dalam Kura-kura Ocean Park, terdapat pula pertunjukan bioskop 3 Dimensi yang seru dan menegangkan, yang mengisahkan tentang kehidupan seekor penyu di masa dinosaurus.

Untuk urusan penginapan, kamu juga tak perlu khawatir, di Pantai Kartini terdapat beberapa hotel. Kamu bisa booking hotel sesuka hati kamu. Ada Syailendra Hotel, The Gecho Inn, Samudra Hotel dan beberapa hotel lainnya.

3. Pantai dan Hutan Mangrove Morosari di Demak

Pantai Morosari terletak di desa Bedono, kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Hanya berjarak sekitar 4 km dari jalan raya Pantura.

Tepatnya dari km. 9 Jalan Raya Semarang-Demak, menuju jembatan Sayung, kemudian menyusuri sungai terus lurus menuju arah utara, maka sampailah di Pantai Morosari.

Berikut ini peta yang bisa menjadi panduan perjalanan untuk kamu apabila hendak berkunjung ke Pantai Morosari.

Pantai di Utara Pulau Jawa ini masih sangat asri, dengan ekosistem yang masih terjaga. Selain pantai, terdapat pula Hutan Mangrove Morosari yang terletak di tengah-tengah pulau.

Pantai Morosari akan ramai dengan pengunjung ketika hari libur tiba. Setelah hari raya Idul Fitri di Pantai Morosari biasanya diadakan lomba balap perahu yang diikuti oleh oleh para laki-laki di sana.

Perjalanan dari bibir pantai menuju Hutan Mangrove Morosari harus menggunakan perahu, biaya transportasi perahu tersebut cukup terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek Rp 15.000 untuk biaya pulang dan pergi.

sumber: Ngadem.com

Perjalanan ke Hutan Mangrove Morosari memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Di sepanjang perjalanan, kamu dapat menikmati birunya lautan, dan terlihat beberapa pulau yang ditumbuhi pohon-pohon bakau yang rimbun. Tampak pula beberapa nelayan yang tengah mencari ikan.

Sesampainya di Hutan Mangrove Morosari, kita dihadapkan dengan jembatan yang diperuntukkan sebagai jalan menyusuri pepohonan bakau. Terdapat beberapa satwa yang bisa di jumpai di Hutan Mangrove Morosari.

sumber: kompas.com

Banyak terlihat burung bangau, kuntul, dan blekok yang mempunyai habitat di sana. Di jumpai pula beberapa kepiting bakau dengan capitnya yang berwarna ungu.

4. Pantai Baruna di Kota Semarang

Pantai Baruna merupakan salah satu pantai yang terletak di Kota Semarang, tepatnya di  Pelabuhan Tanjung Mas, Bringin, Semarang Utara, Kota Semarang. Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini.

Pantai Baruna merupakan salah satu pantai yang tergolong baru di kenal oleh masyarakat Semarang. Pantai Baruna ini belum di kelola dengan baik, sehingga jalur akses menuju Pantai Baruna masih tergolong sulit.

Apabila kamu hendak datang ke Pantai Baruna, kamu harus melewati jalan tanah yang belum di aspal. Ketika musim penghujan, maka perjalanan menuju Pantai Baruna akan terasa lebih berat. Jalur menuju Pantai Baruna lebih licin dan terdapat beberapa genangan air.

Padahal panorama yang disuguhkan oleh Pantai Baruna termasuk salah satu panorama pantai yang terbaik di kawasan Semarang. Berikut ini beberapa penampakan di Pantai Baruna yang bisa membuat kamu terpancing untuk mendatanginya.

sumber: instagram.com

Terdapat hamparan padang rumput yang cukup luas yang terdapat di pinggir jalan menuju arah pantai. Panorama padang rumput akan tampak lebih indah ketika bunga ilalang mulai bermekaran.

sumber: nursegrapher.blogspot.co.id

Di bibir pantai, kamu dapat menikmati matahari terbenam ditemani oleh sapuan ombak tenang, yang memanjakan mata.

sumber: wisataterbaru.com

Satu pemikiran pada “Pantai Caruban, Pantai Kartini, Pantai Morosari, dan Pantai Baruna, Tempat Wisata Pantai Utara Jawa yang Indah

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: