10 Tips Paling Ampuh Menghadapi Ujian Nasional

sumber : bhaktianindya.sch.id

Walaupun Ujian Nasional tidak lagi dijadikan sebagai penentu kelulusan sejak tahun 2015, tetapi tetap saja nilai tersebut akan tercantum pada Ijazah kamu nantinya. Dan itu berarti hasil nilai tersebut akan sangat berpengaruh pada jenjang pendidikan yang akan kamu pilih selanjutnya.

Tidak sedikit sekolah atau universitas yang menerapkan standar nilai minimal tertentu kepada calon peserta didik baru. Apabila nilai kamu tidak sesuai dengan kriteria nilai minimal yang disyaratkan tersebut, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan untuk masuk ke sekolah ataupun universitas yang kamu idam-idamkan.

Bukan hanya itu saja, bahkan nilai Ujian Nasional yang jelek, dapat memupuskan harapan para lulusan SMK untuk bekerja di perusahaan–perusahaan yang bonafit. Karena memang sekarang banyak perusahaan yang mulai memberlakukan nilai minimal tertentu dalam persyaratan awal penerimaan tenaga kerja baru.

Di Astra grup misalnya, nilai minimal Ujian Nasional adalah 7,00 untuk masing-masing pelajaran. Sayang sekali bukan, hanya gara–gara nilai Ujian Nasional yang jelek, kamu bisa kesulitan untuk melamar kerja. Padahal skill sudah mumpuni.

Oleh karena itu, Saya akan memberikan beberapa tips khusus untuk kamu. Supaya nilai ujian kamu bisa lebih maksimal dan tentunya memuaskan. Baik, langsung saja ini dia.

1. Jangan di Jadikan Beban

sumber : vittorioformalwear.com

Jangan pernah menganggap Ujian Nasional sebagai beban. Karena apabila kamu menganggap Ujian Nasional tersebut sebagai momok yang menakutkan, maka kamu akan cenderung menganggap susah materi yang ada. Yang kemudian membuat perasaan kamu tertekan karena terlalu memikirkannya.

Itu akan mengganggu konentrasi kamu dalam belajar di setiap harinya. Padahal pada dasarnya, Ujian Nasional adalah bahan bagi kita, untuk mengevaluasi, seberapa jauh kita mampu menguasai hasil belajar kita selama ini. So, Enjoy aja.

2. Menentukan Waktu Belajar Khusus

sumber : commons.wikimedia.org

Momen Ujian Nasional merupakan momen langka yang perlu kamu persiapkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendapatkan hasil terbaik adalah dengan meluangkan waktu khusus. Waktu khusus itu kamu manfaatkan untuk mempelajari dan mendalami materi yang akan di ujikan.

Waktu yang biasanya efektif untuk belajar adalah ketika waktu sebelum subuh, atau pagi hari setelah shubuh. Waktu ini sangat tepat untuk mempelajari beberapa materi pelajaran. Karena otak masih segar, sebagaimana sebuah flashdisc yang baru saja di format ulang.

Udara di pagi hari masih sejuk, sehingga supplai oksigen ke otak menjadi lebih maksimal. Biasanya materi yang di pelajari di waktu ini akan lebih mudah diingat di siang harinya.

3. Sesuaikan Materi Belajar dengan Kisi–kisi

Biasanya guru memberikan kisi –kisi yang akan diujikan pada Ujian Nasional. Nantinya akan lebih memusingkan apabila kamu harus mempelajari semua materi yang pernah diajarkan dari kelas–kelas sebelumnya.

Cukuplah fokus untuk mempelajari materi yang sesuai dengan kisi–kisi. Karena memang semua soal yang akan muncul, biasanya sesuai dengan kisi – kisi yang telah di berikan oleh guru.

4. Ikut Belajar Kelompok dengan Teman yang Pandai

Buatlah inisiatif belajar kelompok dengan teman kamu yang pandai, dan serius dalam menghadapi Ujian Nasional. Ajaklah temanmu itu belajar kelompok di rumahmu sesekali. Dan berilah hidangan makanan untuk sekedar menyenangkannya. Insya Allah kalau niat kamu bagus, di jamin, kamu bakal ketularan pintar juga. Hehe…

5. Berlatih Mengerjakan Soal

sumber : gregetan.com

Mulailah membiasakan diri untuk berlatih mengerjakan soal–soal ujian yang sesuai dengan kisi–kisi. Entah itu soal yang di berikan dari sekolahan, tempat les, maupun download dari internet. Semakin banyak kamu mengerjakan soal–soal.

Kamu akan semakin memahami kesalahan–kesalahan yang sudah kamu lakukan. Sehingga secara otomatis akan membuat kamu terbiasa dengan materi yang serupa. Kamu akan lebih menguasai materi yang akan diujikan.

6. Perhatikan Setiap Arahan dari Guru

Ada yang berbeda di Ujian Nasional tahun ini, beberapa sekolah akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Tentu saja ada beberapa dari kamu yang khawatir apabila dalam pengerjaan soal tidak dapat dengan maksimal.

Karena ada beberapa mekanisme berbeda yang harus kamu sesuaikan. Oleh karena itu, perhatikan setiap arahan dari guru, perhatikan secara seksama apa–apa yang harus di lakukan. Agar pada hari H nanti kamu tidak bingung dan panik karena tidak tahu langkah–langkah yang harus dilakukan.

7. Istirahat yang Cukup

sumber : sheknows.com

Ada beberapa siswa yang beranggapan bahwa untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu harus belajar semalaman suntuk menjelang Ujian Nasional di esok harinya. Namun pada kenyataannya, kurang tidur justru menjadikan proses ujian serasa lebih berat.

Karena kurangnya waktu tidur akan menurunkan konsentrasi, dan dapat menambah tingkat stress. Namun sebaliknya, dengan istirahat yang cukup, otak kamu akan lebih fokus dan detak jantung akan lebih teratur dibandingkan dengan siswa yang kurang istirahat.

Jagalah kesehatan hingga datangnya hari H. Karena dalam beberapa kasus ada siswa yang sakit ketika hari H disebabkan terlalu berlebihan ketika belajar di hari-hari sebelumnya.

8. Kurangi Bermain Gadget dan Bermain Keluar Rumah

sumber : shutterstock.com

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kebanyakan pelajar di jaman sekarang, tidak pernah lepas dari yang namanya gadget, entah itu handphone, laptop, ataupun video game. Tetapi itu akan benar–benar menyita waktu kamu.

Apabila kamu tidak pandai mengatur waktu dengan bijak dalam memainkan barang–barang yang mengasyikkan itu. Oleh karena itu, buatlah semacam waktu batasan, atau jadwal di waktu–waktu tertentu.

Kapan kamu harus bermain gadget, dan kapan kamu harus benar–benar belajar tanpa menyentuh gadget sekalipun. Mintalah diingatkan oleh orangtua, atau teman apabila memang kamu susah untuk menerapkan jadwal tersebut.

Dan konsistenlah dalam jadwal tersebut, sehingga hasilnya juga maksimal. Karena perubahan di mulai dari dalam diri sendiri. Bolehlah, sesekali bermain keluar rumah untuk refreshing sekedar menghilangkan kepenatan. Tetapi harus di atur waktunya. Kurangi juga, waktu bermain dan nongkrong dengan teman–teman.

9. Berdo’a, Mendo’akan dan Minta Dido’akan

sumber : muslim.or.id

Sebagai manusia yang beriman kamu tidak boleh sedikitpun mengabaikan do’a. Karena do’a akan membuat kamu lebih optimis dan lebih di ridhoi oleh Allah. Jangan lupa pula mendo’akan teman–teman yang lain.

Karena ketika kita mendo’akan orang lain, sebenarnya kita sedang mendo’akan diri sendiri. Oleh karena itu, jangan pelit–pelit untuk mendo’akan orang lain ya. Dan yang terakhir, mintalah dido’akan oleh orang lain. Terutama orangtua kita.

Karena orangtua selalu mendo’akan  dengan sungguh–sungguh, dan memunajatkan yang terbaik bagi anaknya. Jangan lupa juga, perbanyak sholat sunnahnya ya.

10. Tawakal

Ketika kamu sudah mengusahakan segala hal yang kamu mampu secara maksimal, maka kewajiban kamu sudah gugur. Kewajiban kamu sebagai manusia sudah selesai. Cukuplah kamu bertawakal kepada Allah. Karena keputusan akhir ada di tangan Allah. Dan insya Allah kamu akan di beri hasil yang terbaik oleh–Nya.

3 pemikiran pada “10 Tips Paling Ampuh Menghadapi Ujian Nasional

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: