Ucapan Terima Kasih Kepada Orang Terdekat dan dari Berbagai Bahasa di Dunia

UCAPAN TERIMA KASIH – Apa kabar kawan-kawan pembaca? Semoga saja hari kalian selalu menyenangkan ya. Untuk kesempatan kali ini saya akan share berbagai macam ucapan terima kasih kepada orang-orang terdekat dan ucapan terima kasih dalam berbagai bahasa di dunia.

Nah komplit gak tuh? Baiklah kalau begitu mari langsung saja kita menuju TKP.

Ucapan Terima Kasih kepada Ibu

ucapan terima kasih kepada ibu
sumber: dipacarin.com

“Ibu engkaulah malaikat yang Allah turunkan kepadaku. Engkau adalah seorang yang sangat kukagumi. Engkau rela bersusah payah mengandungku selama sembilan bulan. Dengan sabar merawatku ketika aku masih sangat lemah. Memberikanku ASI dengan tulus ikhlas. Sungguh aku tidak bisa membalas semua kebaikanmu”

“Terimakasih ibu atas segala perhatianmu. Tak mampu aku membalas kebaikanmu satu per satu. Semoga Allah senantiasa melindungimu. Aku sungguh tak bisa melupakan apa yang telah engkau berikan kepadaku”

“Ibu. Setiap tarikan nafasku adalah berkat pengorbananmu. Engkau dengan tulus ikhlas mengorbankan nyawa demi kelahiran anakmu ini. Tak peduli seberapa sakitnya Engkau tetap tersikeras untuk melahirkanku. Badan yang lemah lunglai tak lagi kau pedulikan. Terima Kasih Ibu atas segala pengorbananmu”

“Benar apa kata pepatah. Kasih sayangmu bagaikan surya yang menyinari dunia. Tiada hari kecuali memberi. Berpuluh-puluh tahun engkau merawatku. Menyelimutiku kala kedinginan. Memberikanku obat kala aku sakit. Sungguh engkaulah malaikat yang Tuhan berikan kepadaku. Terima kasihku Ibu.”

“Tidak ada wanita lain yang dapat menggantikan keberadaan dirimu. Engkau adalah wanita terbaik dan tak akan pernah terduakan. Terima kasih atas semuanya bu. Tetap sehat ya. Anakmu ini akan terus berusaha untuk menjagamu.”

Ucapan Terima Kasih untuk Guru ( Terima Kasih Guruku )

guruku panutanku
sumber: guruku-panutanku.blogspot.co.id

“Wahai guruku sungguh teramat mulia pekerjaanmu. Membagikan ilmu dengan tulus ikhlas tanpa pamrih. Terus mencetak generasi-generasi penerus bangsa tanpa kenal lelah. Terima kasihku tak kan cukup untuk membalas segala jasa yang telah engkau berikan kepadaku.”

“Sebuah kehormatan menjadi salah satu anak didik seorang guru seperti Engkau. Guru yang senantiasa mengajarkan Tatakrama dan akhlak terpuji. Sungguh setiap tindakanmu sangat menginspari.”

terima kasih gurusunber: aluswahtuban.com

“Terpujilah wahai engkau Bapak Ibu Guru. Namamu kan ku kenang dalam sanubari ku. Terima kasih wahai pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan dan pahala di setiap jerih payahmu”

ucapan terima kasih kepada sang guru
sumber: hipwee.com

“Wahai guruku, aku mengucapkan terimakasih yang teramat banyak dari lubuk yang paling dalam atas segala dedikasi dan pengorbananmu kepada kami. merupakan sebuah keberuntungan dapat menjadi salah satu orang yang pernah menimba ilmu kepadamu. Semoga engkau selalu dalam perlindungan Allah SWT.”

ucapan terima kasih kepada pak guru
sumber :sman1sambungmacan.sch.id

“Pohon yang besar akan menghasilkan buah yang melimpah. Andaikan aku menjadi pohon itu, sungguh guru-guruku adalah akarnya. Engkaulah bagian yang kokoh dalam menopang dan men-support segala kefakiran si pohon. Terima Kasih Wahai Guruku”

Video Ucapan Terima Kasih Kepada Guru

terima kasih guruku
sumber; kemdikbud.go.id

Di bawah ini merupakan contoh video yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuat ucapan kepada sang guru yang terhormat:

Nah bagaimana? tertarik untuk membuat video bagi sang guru. Mungkin kamu juga bisa membuat video ucapan terima kasih dengan beberapa dokumentasi foto yang pernah kamu abadikan semasa di bangku sekolah.

Ucapan Terima Kasih untuk Sahabat

terima kasih sahabat
sumber: habibi-it.blogspot.co.id

Sebagai manusia sosial, kamu pasti mempunyai orang yang dekat atau bisa juga disebut sebagai sahabat. Seseorang yang selalu peduli kepada kita. Rela untuk melakukan berbagai macam hal bersama-sama. Menghabiskan waktu bersama kita. Di dalam keadaan suka maupun duka.

Tetapi tahukah kamu bagaimana cara untuk mengutarakan rasa terima kasihmu kepada sahabat. Mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah rela menghabiskan waktunya dengan kita.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa kalimat ucapan terima kasih kepada sahabat yang bisa kamu jadikan sumber referensi untuk kamu ungkapkan kepada sang sahabat:

ucapan terima kasih sahabatkusumber: brodanang.wordpress.com

“Kawan, engkau adalah salah satu orang yang paling berarti di dalam hidupku. Engkau rela memberikanku bantuan ketika aku sedang kesulitan. Engkau memberikanku inspirasi di kala aku frustasi. Engkau memberikanku motivasi di kala aku hilang percaya diri. Terima kasih Best Friend”.

“Wahai kawan, terima kasih atas segala kebaikan yang kau berikan. Engkau selalu menghiburku di kala aku terpuruk. Engkau berusaha membuatku kembali tersenyum di kala hatiku kalut. Terima kasih atas segala perhatiannya. Engkau benar-benar sahabat sejatiku.”

“Wahai sahabatku. Sebuah kebahagiaan dapat mengenalmu. Sebuah keberkahan dapat bersama-sama hijrah menuju jalan Allah yang lurus. Terima kasih atas bimbinganmu selama ini. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita berdua. Semoga kita menjadi sahabat sehidup sesurga”.

“Sahabat, engkau bukan hanya sekedar teman bagiku.Engkau adalah saudara, kakak, adik, bagiku. Ketika aku tengah bersedih engkau selalu menghiburku. Ketika Aku bergemira. Engkau ikut bahagia merayakannya.Terima kasih atas warna yang telah engkau lukis di dalam kenangan yang lalu”.

“Sahabat, begitu banyak hal yang telah engkau berikan kepadaku, tetapi seringkali aku lupa untuk menghargainya. Oleh karena itu terimalah ucapan terima kasihku ini dan jangan pernah akhiri persahabatan ini hingga ajal menjemput nanti”.

“Engkau membuat hal yang biasa menjadi istimewa. Engkau membuat suasana tegang dan serius menjadi lebih ceria. Engkau membuat lelucon yang melahirkan canda tawa. Engkau selalu menjadi pemanis dan membuat hidup menjadi luar biasa. Terima kasih Sahabat”.

Ketika aku dalam kondisi terjatuh. Ketika aku mulai putus asa dalam usahaku. Ketika aku ingin menyerah untuk meraihnya. Engkau selalu hadir untuk menjadi penyemangat, memberikan inspirasi bagiku untuk terus maju. Terima kasih sahabat, atas segala kepercayaanmu kepada kemampuanku.

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

contoh ucapan terima kasih
sumbr: slideshare.net

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang paling populer di Indonesia. Apalagi di kalangan anak muda, tentu saja sudah tidak asing lagi. Khususnya bagi para pecinta Drama Korea. Atau bahkan salah satunya mungkin kamu. Iya Kamu…

Eh tapi ini nyata loh. Biasanya pecinta drama korea ini adalah para cewek yang pengen lihat Opa-opa ganteng ber- acting di depan layar kaca… Haha… Tahu aja ya…

Nah, untuk meningkatkan perbendaharaan kata para Drakor Lovers ini. Saya akan kasih beberapa ucapan-ucapan terima kasih ala Opa-opa ganteng.

Sebenarnya di dalam bahasa Korea, terdapat banyak jenis ucapan terimakasih. Ucapan terimakasih yang berbeda-beda tersebut disesuaikan dengan situasi, tingkatan atau status sosial pada orang yang di beri ucapan terima kasih.

Oleh karena itu saya akan jelaskan lebih dalam mengenai jenis-jenis ucapan terimakasih dalam bahasa Korea di bawah ini.

gamsahamnida” (합니다 감사).

Ucapan terimakasih yang biasanya digunakan secara formal untuk orang-orang yang dihormati ataupun orang asing.

Nah, jadi untuk kamu yang pernah lihat orang Korea mengucapkan kata-kata ini, sebenarnya kamu sedang diberikan penghormatan dengan ucapan tersebut.

gomawo” (고마워)

Ucapan terima kasih tersebut adalah ucapan terima kasih yang diperuntukkan bagi sahabat atau teman dekat. Orang-orang Korea akan menggunakan kalimat.

Jadi kalau kamu punya sahabat atau teman dekat yang kamu rasa sudah berjasa atau pernah membantu kamu dalam kesusahan, bolehlah sekali-kali menggunakan ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea ini.

daedanhi gamsahamnida” (대단히 감사 합니다)

Ucapan terimakasih yang satu ini adalah ucapan terima kasih yang bersifat lebih khusus. Misalnya ketika seseorang yang bersungguh-sungguh dan rela berkorban demi memberikan kamu bantuan.

Di dalam Bahasa Korea, kamu harus mengucapkannya. Di dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan  “Terima Kasih banyak.”

anieyo (아니에요) atau gwenchana (괜찮아)

Karena telah di beri ucapan terima kasih, maka sepatutnya bagi kita untuk mebalas ucapan tersebut. Di dalam bahasa Korea, seseorang akan membalas ucapan terima kasih dengan ucapan seperti di atas.

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris ( Bahasa Inggris Terima Kasih )

terima kasih bahasa inggris
sumber: pixabay.com

Ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena kita juga mempelajarinya di bangku sekolah.

Tetapi ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris adalah salah satu hal yang penting, mengingat Inggris adalah bahasa Internasional yang dipelajari oleh setiap orang hampir di seluruh dunia.

Ditambah lagi Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit bagi para turis dari berbagai penjuru dunia. Tentu saja hal ini semakin memotivasi kita dalam mempelajari Bahasa Inggris, agar dapat berkomunikasi dengan enjoy dengan turis-turis yang tengah berkunjung.

Ada banyak sekali ucapan terima kasih menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini tergantung bagaimana kita mampu menyusun kata-kata dan memperindahnya. Di bawah ini akan saya berikan beberapa referensi ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris.

“Thank you”

Artinya: “Terima kasih”

“All I can say is thanks”

Artinya: “Semua yang dapat Ku katakan hanyalah terima kasih

“I appreciate your generosity”

Artinya: “Aku menghargai kemurahan hatimu”

“I appreciate your help” 

Artinya: Terimakasih, Saya menghargai pertolongan Anda”

“I can’t find any other way to explain how much help you have given. I don’t know what I would do without you. Thank you my best friend” 

Artinya: “Aku tidak dapat menemukan cara lain untuk menjelaskan betapa banyak bantuan yang kamu berikan. Aku tidak tahu apa yang aku dapat lakukan tanpa kamu. Terima kasih sahabat terbaikku”

“I cannot give anything to you, I can only say thank you. May your goodness get the best reward from the God”

Artinya: “Aku tidak dapat memberikan apapun kepada kamu, aku hanya bisa mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kebaikanmu mendapatkan balasan terbaik dari Tuhan”

“Words can’t describe how thankful I am” 

Artinya: Kata-kata tidak bisa mendeskripsikan betapa aku sangat berterima kasih.

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

arigatou ucapan terima kasih dalam bahasa jepang
sumber: zazzle.com

Kalau yang satu ini ucapan terima kasih untuk para Anime Lovers dan Pecinta Dorama Jepang. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang unik, dengan cara pengucapannya yang cepat. Di bawah ini beberapa ucapan terima kasih dari bahasa Jepang yang bisa kamu gunakan:

Arigatou (ありがとう)

Arigatou merupakan ucapan terima kasih dalam Bahasa Jepang yang paling umum digunakan. Arti dari Arigatou sendiri sama dengan terima kasih. Kamu akan banyak menjumpai pengucapan ini di khalayak ramai apabila tingga di Jepang.

Doumo arigatou (どうもありがとう)

Doumo Arigatou mempunyai arti “terimakasih banyak”. Ucapan terima kasih dalam Bahasa Jepang yang satu ini apabila diucapkan mempunyai makna yang jauh lebih sopan. Ucapan ini biasanya diutarakan terhadap hal yang dianggap berharga.

Arigatou gozaimasu (ありがとうございます)

Arigatou gozaimasu merupakan kata-kata teriman kasih yang diperuntukkan kepada orang yang lebih tua. Biasanya ucapan ini akan diucapkan oleh seorang anak kepada orangtuanya, atau murid kepada gurunya.

Arigatou gozaimashita (ありがとうございました)

Arigatou gozaimashita adalah ucapan terima kasih bentuk lampau dari arigatou gozaimasu. Ucapan terima kasih dalam bentuk lampau di dalam Bahasa Jepang mempunyai makna yang lebih sopan. Ucapan teriman kasih ini memiliki arti yang lebih dalam dibanding dengan bentuk umum.

Biasanya ucapan terima kasih semacam ini juga digunakan di dalam penulisan yang menggunakan Bahasa Jepang.

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Arab

jazakallah khair
sumber: pinterest.com

Ucapan Terima Kasih di dalam bahasa Arab yang populer diucapkan adalah, “Jazaakallah Khairan” yang artinya  “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

Bahasa Arab berterima kasih tersebut bersesuaian dengan Hadist Rasulallah SAW yang berbunyi:

“Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya “Jazaakallah Khairan” (Semoga Allah swt membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “Shohih”)

Dalam prakteknya, pengucapan “Jazaakallah Khairan” disesuaikan dengan status orang yang diberikan ucapan terima kasih tersebut.

Untuk laki-lagi tunggal biasanya pengucapannya adalah dengan Jazakallah. Untuk perempuan tunggal, biasanya menggunakan Jazakillah. Sedangkan untuk orang banyak atau mereka, istilah yang digunakan adalah Jazakumullah.

Pengucapan Jazakallah Khairan ini mempunyai makna yang leebih mendalam dibandingkan dengan Sukran, karena di dalamnya terdapat do’a kebaikan kepada orang yang diberi ucapan terima kasih.

Nah Demikianlah berbagai macam ucapan terima kasih yang dapat kamu utarakan kepada Sahabat, Guru, Ibu. Dan bebrapa ucapan terima kasih dari berbagai negara yang populer di dunia. Semoga dapat menginspirasi dan semakin membuat hubunganmu dengan orang-orang disekitar menjadi lebih bermakna.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: