Sejarah Tenis Meja | Peraturan & Cara Bermain [ Lengkap ]

Sejarah Tenis Meja – Di bawah ini akan kami jelaskan berbagai aspek tentang tenis meja, mulai dari teknik dasar tenis meja, peraturan tenis meja, lapangan tenis meja, cara memegang bet tenis meja., dan masih banyak lagi + kumpulan video tenis meja.

Sejarah Tenis Meja

Sejarah permainan Tenis Meja
sumber: Rollingstone.com

Pada sub bab ini, kita dapat mengupas berkenaan sejarah tenis meja di dalam skala internasional atau dunia dan sejarah olahraga bola pingpong di dalam skala yang lebih kecil yaitu Nasional secara khusus.

Sejarah asal usul permainan tenis meja ini nyaris serupa bersama kebanyakan permainan olahraga lainnya yang memakai raket, yaitu pada awalannya hanya dikenal sebagai permainan dan hiburan mudah di masyarakat.

Tetapi berkenaan asal musa permainan bola pingpong, sejak kapan dan oleh siapa yang pertama kali menciptakannya, bisa diketahui dari {beberapa|sebagian|lebih dari satu} sumber bacaan berikut ini.

Di zaman pra aksara, di lokasi Iran sudah dijumpai berbagai permainan yang gunakan sebatang kayu yang digunakan untuk memukul dari usus hewan yang sudah diisi bersama gunakan angin.

Pada abad ke-12 Bangsa Perancis sudah merasa mengembangkan dan mempopulerkan permainan tenis yang dilakukan di atas meja, dimana bolanya dibikin dari kertas diktat yang kemudian dipukul-pukul bersama tangan.

Semenjak zaman pra aksara atau prasejarah, Bangsa Indian sudah memainkan permainan yang nyaris menyerupai bola pingpong. Bola yang dipakai serupa bersama bola yang ditanami bersama bulu, sedang pemukulnya berasal dari kayu yang dibungkus bersama kulit binatang sejenis mamalia layaknya rusa.

Sejarah Tenis Meja Dunia

Tenis Meja Dunia
sumber: Proudeast.com

Berbagai sumber menyebutkan bahwa permainan bola pingpong ini berasal dari negara yang bernama Inggris. Tetapi sebetulnya sejarah semacam ini tidak bisa dibuktikan secara otentik gara-gara fosil atau barang buktinyapun belum teruji secara ilmiah.

Permainan ini muncul dari permainan kuno pada abad pertengahan yang sering termasuk disebut bersama sebutan “gossima” dan “whiff-whiff“. Lalu permainan ini dimainkan oleh para angkatan bersenjata Inggris yang berada di India selagi itu.

Di dalam riwayat yang lain, para opsir memainkan permainan tenis meja ini tempat sebagai hiburan mereka selagi luang mereka. Meja yang digunakan selagi itu tentu saja meja bersama ukuran yang tetap belum pasti tanpa memiliki ukuran spesifik.

Penggunaan net atau jaring pada anggota tengah-tengahnya, yang pemasangannya dilakukan secara sejajar bersama ujung meja. Jaring yang dipakai dari tali atau apa-pun yang pantas untuk dijadikan sebagai pembatas saja yang di tempatkan di kedua sisi meja tersebut.

Di dalam sejarah tenis meja, pemukulnya hanya saja menggunakan kayu alakadarnya yang sebelumnya sudah dipotong menurut bentuk supaya terlihat lebih mudah untuk digunakan sebagai pemukul bola.

Pada selagi itu raket atau bet ini diberi nama Vellum racket, di mana di era ini belum ada pembeda antara alat pemukul tenis dan alat pemukul tenis meja. Bolanyapun demikian, mereka bermain tenis meja gunakan raket tenis sekaligus bola tenis.

Mungkin cerita ini sedikit konyol, tapi referensi dari sejarah tenis meja berbicara demikian. Memasuki akhir tahun 1880, bola karet yang dilapisi bersama kulit yang sudah dirajut digantikan perannya oleh bola celluloid.

Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja

Induk Organisasi Tenis Meja
sumber: goneoutdoors.com

Pada tahun 1990, permainan tenis yang berbeda dengan tenis lapangan ini disempurnakan oleh sekelompok orang dari negara Eropa anggota barat. Pada tahun 1903, dibikin suatu ketentuan atau warning bagi para pemain tenis meja di mana pemakaian baju malam bagi pria ataupun wanita di dalam latihannya.

Ada pula dukungan penjelasan dan arahan berkenaan teknis terinci berkenaan karet bintik, tehnik memegang penhold, dan taktik langkah bermain tenis meja.

Lalu kemudian olahraga permainan ini semakin terkenal pada tahun 1905, E. C. Goode dari London muali berusaha untuk mengenalkan raket kepada khalayak secara luas bersama permukaan berupa karet.

Dengan didukung oleh pemprakarsaan dari Dr. George Lehmen dari Jerman maka pada tanggal 15 januari 1926, mulailah digagas sebuah organisasi Internasional Table Tenis Federation yang kemudian bersama singkatannya ITTF.

Sejarah Pendiri Tenis Meja Internasional

Sejarah Pendiri Tenis Meja Internasional
sumber: newyorker.com

Di dalam sejarah tenis meja, Presiden pertamanya dikala itu adalah Hown Ivor Montagu dari Inggris yang menjadi. Negara-negara yang bergabung untuk menjadi anggotanya selagi itu adalah:

  1. Inggris
  2. Jerman
  3. Polandia
  4. Cekoslowakia
  5. Perancis
  6. Swedia
  7. india, dan
  8. Jepang.

Tak berjarak lama kemudian digelar sebuah kejuaraan Eropa. Di mana kejuaraan ini adalah yang terbesar semenjak federasi didirikan. Kejuaraan di gelar di Memorial hall, Farringdon Street, menjelang akhir tahun.

Disinilah  beberapa anggota baru mulai tertarik dan ikut serta dalam kejaraan ini, diantara negara yang ikut dalam kejuaraan pingpong resmi pertama  ini di antaranya yaitu:

  1. India
  2. Austria
  3. Swedia
  4. Inggris
  5. Jerman
  6. Hungaria
  7. Wales
  8. Cekoslowakia

Pada tahun 12 Desember 1926, disinilah diawalinya kesepakatan anggaran dasar dan keputusan permainan. Sedangkan kejuaraan yang pada mulanya hanya digelar antara negara Eropa sesudah itu dinaikkan lagi cakupannya dijadikan atau diakui sebagai sebuah kejuaraan tenis meja bersama skala pertama di tingkat dunia.

Kemudian di tahun 1939, sebanyak 28 asosiasi dari negara-negara terdaftar sebagai anggota ITTF. Sejak kejuaraan tenis meja dunia terhadap tahun 1926, selanjutnya untuk tiap-tiap tahunnya diselenggarakan sekali hingga yang ke – 13 yaitu tahun (1938).

Sesudah itu hingga tahun 1945 kejuaraan tidak mampu diselenggarakan gara-gara terganggu perang dunia. Pada tahun 1946, kejuaraan dunia yang ke- 14 lagi diadakan, kali ini berlokasi di Paris (Perancis). Selanjutnya diselenggarakan berkala tiap-tiap dua tahun sekali.

Pada tahun 1946, pertama kali diselenggarakan pertemuan lazim (general meeting) selama berlangsungnya kejuaraan dunia ke – 14 di Paris. Presiden ITTF yang menjabat kali itu, Hon Ivor Montagu mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden ITTF Pada tahun 1967.

Sejarah Perkembangan Tenis Meja Dunia

Perkembangan Tenis Meja Dunia
sumber: 6abc.com

Posisinyapun akhirnya digantikan oleh H. Roy Evans yang berasal dari negara Wales. Kemudian pada tahun 1976 di bulan Maret, mulai diangkatlah sekjen profesional dengan kantor yang berlokasi di St. Leonards On Sea di Inggris.

Perkembangan tenis meja ketika itu berkembang secara pesat. Tak memerlukan waktu yang lama. Ketika bulan November 1977, cabang olahraga tenis meja telah mendapatkan pengakuan dari Komite Olimpiade Internasional IOC.

IOD diakui sebagai cabang olahraga resmi yang menjadi bagian dari Olimpiade dengan induknya yaitu ITTF yang akhirnya diakui sebagai badan olahraga internasional secara keseluruhan.

Secara resmi cabang olahraga tenis meja terasa dipertandingkan terhadap olimipic game ke – 24 tahun 1988 Seoul. Akibat pernyataan tersebut, ITTF diharuskan untuk memberi tambahan dalam peraturannya yang menyangkut status amatir dan profesional , yaitu pasal 26 dari Olimpic Charter, yang mana terhadap keputusan pada mulanya tidak ada.

Kepengurusan H. Roys Evans berakhir terhadap tahun 1987. Di era ini, yang didapuk sebagai ketua baru adalah orang dari asia, yaitu Ichiro Ogimura dari negara Jepang.

Ichiro Igimura didukung secara penuh dari para anggota ITTF Asia, Afrika maupun dari Amerika Latin dalam memenangkan penentuan dengan perolehan angka yang cukup meyakinkan, yaitu 65 suara dari 104 keseluruhan pemilik hak suara.

Perubahan dalam proses pertandingan mengalami pergantian terhadap tahun 1991 dalam proses pertandingan beregu putra, yang terhadap mulanya mempertandingkan 9 partai menjadi 5 partai.

Rencana perubahannya sendiri dikerjakan terhadap tahun 1989 di kongres ITTF, sesudah final kejuaraan dunia terhadap saat itu antara China dan Swedia yang berlangsung nyaris enam jam.

Sejarah Tenis Meja Indonesia

petenis Meja Indonesia
sumber: tempo.co

Sebenarnya di Indonesia, olahraga pingpong sudah dikenal semenjak sebelum kemerdekaan, yaitu pada tahun 1930-an. Ketika itu yang memainkan adalah orang-orang Belanda yang menggunakanna sebagai sebuah olahraga untuk rekreasi.

Pribumi yang bermain bola pingpong bukanlah pribumi biasa. Mereka aadalah orang-orang yang memiliki kedekatan secara khusus dengan pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu.

Penggagasan Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI) dilakukan pada tahun 1939, yaitu ketika masa sebelum mulai pecahnya perang dunia ke-II, dimana diprakarsai oleh para tokoh-tokoh tenis meja Indonesia.

PPPSI berubah nama menjadi PTMSI dengan kepanjangan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia pada kongres di Surakarta yang diselenggarakan tepatnya ketika itu pada tahun 1958.

Tak berjarak lama setelah didirikan, PTMSI bergabung untuk menjadi bagian anggota dari federasi tenis meja Asia, yaitu TTFA dengan kepanjangan (Table Tenis Federation of Asia). Semenjak masa ini;lah perkembangan tenis meja Nusantara berkembang secara pesat hingga zaman milenial ini.

Sejarah kejuaraan Tenis Meja Indonesia

kejuaraan Tenis Meja Indonesia
sumber: tempo.co

Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya berbagai macam perkumpulan-perkumpulan dan komunitas-komunitas tenis meja, di mana sudah sangat banyakkejuaraan tenis meja yang diperlombakan di dalam cabang olahraga dengan skala nasional seperti PON, POMDA, ataupun Porda.

Setelah awal kali tergabung menjadi anggota ITTF, dari tahun 1961 hingga sekarang, Indonesia senantiasa diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kejuaraan-kejuaraan resmi di dalam skala & tingkat dunia.

Salah satu kejuaraan bergengsi tenis di meja tingkat nasional adalah Silatama dengan kepanjangan Sirkuit Laga Tenis Meja Utama. Ajang adu ketangkasan permainan tenis meja tingkat nasional ini pertama kali diadakan pada awal tahun 1983.

Kejuaraan inipun sangat sering diadakan dan digelar tiap-tiap triwulan sekali, dan ada puka Silataruna tiap-tiap 6 bulan sekali, dari semenjak awal pertama kali diadakannya yaitu ketika itu pada tahun 1986.

Teknik Permainan Tenis Meja ketika dilakukan di dalam bermain bola pingpong ini kita harus mengetahui secara keseluruhan, dan yang paling penting yang wajib kita ketahui adalah cara teknik permainan tenis meja.

Nah minimal ini dulu yang Anda pahami, setelah kita sudah memahami secara keseluruhan, baru kita belajar teknis yang baik untuk bermain pingpong.

Dalam permainan tenis meja apabila kamu mampu menerapkan teknik dasar dengan baik dan sabar, efektif atau situasi kondisi yang kita hadapi sangat berat,

maka bukan hal yang mustahil kamu akan menerima kemenangan dan bisa mengalahakan lawan yang hebat.

Hal ini sangat penting untuk kamu yang benar-benar atau memang sudah hobi dalam permainan tenis di atas meja ini.

Permainan pingpong adalah salah satu olahraga yang seru sekaligus membakar kalori yang tidak sedikit. Dengan gerakannya yang cepat, pemain di video tenis meja dituntut untuk menjaga konsentrasi tinggi dan ketangkasan dalam bergerak.

Video Tenis Meja

Video di atas adalah salah satu permainan pingpong yang bisa dianggap sedikit gila. Kemampuan para pemain tenis meja yang di atas rata-rata ini membuat siapapun akan tercengang.

Walaupun masuk dalam kategori video tenis meja yang sudah lama, tetapi orang-orang yang ada di dalamnya adalah para legenda tenis meja yang sangat patut untuk diacungi 2 jempol.

Baiklah nanti akan kami suguhkan video tentang tenis meja, tetapi mari kita bahas terlebih dahulu mengenai dasar-dasar permainan tenis meja yang perlu Anda ketahui. Inilah dasar permaina tenis meja.

Peraturan Tenis Meja

Peraturan permainan Tenis Meja
sumber: pikiran-rakyat.com

Semua permainan membawa ketetapan tersendiri, begitu halnya bersama permainan di dalam sebuah cabang olahraga pingpong. Peraturan yang tersedia dalam olahraga dalam bermain bola pingpong mampu dibilang rumit.

Terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa bermain bola pingpong, hal ini dikarenakan aturannya punya perbedaan bersama aturan-aturan yang diterapkan terhadap permainan net lainnya.

Salah satu poin mutlak yang membedakan antara sebuah permainan yang disebut olahraga bola pingpong bersama permainan / olahraga jenis lainnya yaitu perihal perhitungan poinnya. Pada ketetapan tenis meja perpindahan servisnya ditunaikan tiap tiap poin berada di angka genap.

Bukan cuma terhadap anggota servis, tetap tersedia kembali lebih hal yang menyebabkan berbedanya permainan ini bersama permainan jenis lainnya. Nah, dengan menjelaskan di artikel ini kami bakal mengupas mendetail perihal ketetapan tenis meja.

Pada permainan tunggal, yang lakukan servis perlu lakukan servis terlebih dahulu, kemudian penerima perlu lakukan pengembalian dan sesudah itu yang bertindak untuk servis dan penerima bola secara bergantian lakukan pengembalian.

Nah Demikianlah penjelasan mengenai sejarah tenis meja, peraturan tenis meja dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan kamu motivasi untuk terus bermain dengan serius. Tinggalkan komentar kamu di kolom di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: