Perang Dunia 1 dan 2 serta Kemungkinan Terjadinya Perang Dunia 3

Perang Dunia 1 – Perang Dunia 1 adalah salah satu perang yang paling banyak memakan korban. Baik korban jiwa, ataupun korban secara materil. Pada kesempatan kali ini tim redaksi windowsnesia akan membahas mengenai perang dunia 1, perang dunia 2, hingga kemungkinan perang dunia 3 yang akan terjadi.

Video di atas adalah hasil rekaman yang berhasil diabadikan oleh para para wartawan kala itu. Gambaran singkat mengenai gentingnya perang dunia I. Jutaan jiwa tewas di dalam perang dunia dengan salah satu yang terbesar di sepanjang sejarah ini.

Perang Dunia 1

penyebab perang dunia 1
sumber: youtube.com

Perang Dunia 1 terjadi bukan karena tanpa alasan, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi terjadinya perang dunia pertama. Penyebab perang dunia I tersebut secara garis besar kami bagi menjadi 2 sebab. Yaitu sebab umum dan sebab khusus. Mari kita kupas mendalam mengenai sejarah perang dunia pertama.

Sejarah Perang Dunia 1

penyebab Perang Dunia 1
sumber: ThingLink.com

Berikut ini penyebab umum terjadinya perang dunia pertama:

  1. Terjadinya perselisihan antara negara-negara Eropa. Di dalam hal ini beberapa seperti Jerman yang bersitegang dengan negara Perancis. Jerman yang berselisih dengan Inggris dan Jerman yang juga mempunyai permasalahan dengan Rusia. Terjadinya perselisihan antareea Jerman dan Perancis tidak lain dan tidak bukan adalah karena Perancis ingin melakukan politik kevanche. Di mana politik Kevanche adalah misi balas dendam Perancis terhadap Jerman karena ketika itu Perancis dikalahkan oleh Jerman pada tahun 1870-1871.Terjadinya perselisihan antara Jerman dengan Inggris dilatarbelakangi oleh Inggris yang merasa tersaingi oleh Jerman di dalam bidang Industri, wilayah jajahan, serta penguatan angkatan laut yang dilakukan oleh pihak Jerman. Sedangkan terjadinya ketegangan antara Jerman dengan Rusia terjadi diakibatkan Jerman yang dianggap telah menghalangi Politik Air Hangat Rusia yang hendak menerobos ke laut tengah.
  2. Dibentuknya politik persekutuan atau System of Alliances di mana sistem politik persekutuan terbentuk karena beberapa negara di Eropa meraa terancam oleh manuver dari beberapa negara lainnya. Politik persekutuan ini disebut juga dengan Triple Alliante saat tahun 1882 yang beranggotakan Jerman Austria dan Italia, sedangkan ada 1 persekutuan yang lain yang disebut dengan Triple Entene yang didirikan pada tahun 1907 dengan negara anggota Inggris, Perancis dan Rusia.
  3. Terjadinya perlombaan senjata yang timbul akibat adanya aliansi masing-masing negara yang saling mencurigai satu negara dengan yang lainnya, sehingga masing-masing negara siaga untuk mempersenjatai diri.

Latar Belakang Perang Dunia 1

perang dunia
sumber: walesonline.co.uk

Pada tahun 1914 tentara Austria mengadakan kegiatan latihan militer di Bosnia. Hal tersebut dianggap sebagai tindakan provokatif atau tantangan oleh Serbia. Ketika itu, Serbia memang ingin menguasai Bosnia Herzegovina.

Kemudian pangeran Austria Frans Ferdinand yang kebetulan mengunjungi latihan perang tersebut dibunuh oleh Gavrilo Princip (anggota gerakan Serbia Raya). tak berselang lama, Jerman memberikan pengumuman tantangan perang terhadap Rusia pada tanggal 1 Agustus 1914.

Hal ini dilakukan karena Jerman adalah negara sekutu dari Austria. Dengan adanya tantangan tersebut, maka Rusia merespon tantangan perang tersebut pada tanggal 3 Agustus 1914. Terbunuhnya Putra Mahkota Austria Francis Ferdinand di Sarajevo pada tanggal 28 Juni 1914 inilah yang menjadi penyebab khusus meletusnya Perang Dunia 1.

Perang Dunia 2

penyebab Perang Dunia 2
sumber: CNN.com

Perang Dunia 2 adalah salah satu perang dunia dengan dampak yang begitu luas dan besar. Negara-negara Asia-pun merasakan dampak dari Perang Dunia 2 ini. Perang Dunia kedua dilatar belakangi oleh berbagai hal. Berikut ini pembahasan mengenai perang dunia kedua yang mempunyai dampak luar biasa ini.

Perang Dunia kedua resmi dimulai pada tanggal 1 September 1939. Diawali daru kecurigaan oleh negara-negara aliansi hasil dari Perang Dunia 1 terhadap oposisi. Di mana Jerman dan Italia yang berpaham ultranasionalisme (Nasional-Sosialis Jerman dan Fasisme Italia).

Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat-pun kemudian terlibat di dalam kecurigaan tersebut karena mereka tiga negara ini berpaham demokrasi.

Sejarah Perang Dunia 2

Sejarah Perang Dunia 1 dan 2
sumber: Documentarytube.com

Masing-masing negara kembali memperkuat kekuatan mereka di dalam bidang militernya. Teknologi-teknologi persenjataan baru-pun bermunculan. Masing-masing negara mempunyai masing-masing produk unggulannya, baik dalam transportasi darat, laut, maupun transportasi udara.

Dengana adanya perkembangan teknologi yang pesat di abad ke 19 inilah yang menyebabkan perang Dunia kedua adalah perang yang sangat mematikan dengan jumlah korban terbanyak di sepanjang perang modern.

Perdamaian yang disepakati semenjak berakhirnya Perang Dunia 1 seolah bukanlah sebuah solusi final. Perseteruan masih berlanjut. Masih maraknya politik balas dendam oleh pihak yang kalah pada Perang Dunia I atau sering juga disebut dengan Revanche Idea bagaikan bom waktu yang dapat kapan saja meledak.

Perbedaan faham atau ideologi antara negara-negara yang berselisih mempuat masalah semakin pelik. Jerman yang menyepakati Perjanjian Versailles yang memaksanya harus tunduk pada keinginan Prancis dan Sekutu merasa terhina dan ingin segera melakukan perlawan agar lebih leluasa dalam mengambil keputusan.

Di samping itu, politik ekspansi yang dicanangkan oleh Jerman yang mengusung semboyan Lebensraum (Jerman Raya), Italia dengan dengan semboyannya Italia Iradenta (Italia Raya), dan Jepang yang dengan percaya diri menyerukan semboyan Hakko Ichi-u.

Sehingga membuat persekutuan ini semakin meresahkan pihak oposisi dan membuat ambang perang dunia II hampir benar-benar terjadi. Hal ini ditandai dengan keharmonisan antara Adolf Hitler dan Benito Mussolini.

Latar Belakang Perang Dunia 2

sebab khusus perang dunia 2
sumber: time.com

Jerman dengan partai Nazinya yang dipimpin oleh Adolf Hitler mulai berusaha untuk merebut pelabuhan Danzig di Polandia di awal September 1939. Di mana wilayah tersebut adalah wilayah kekuasaan Jerman sebelum meletusnya perang dunia 1.

Jerman juga mulai melakukan peyerangan terhadap Austria dan daerah Cekoslovakia (Sudeten). Dari agresi militer yang dilakukan oleh Jerman inilah Perang Dunia Kedua di Eropa dimulai.

Pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis melakukan gerak cepat dengan mengumumkan pernyatan perang terhadap Jerman. Disinilah perang dunia di dataran Eropa pecah. Masing-masing negara mempersiapkan pasukan militer dengan sangat serius.

Dengan adanya perseteruan antara Jerman melawan Inggris dan Perancis, maka Italia negara sekutu Jerman tidak tinggal diam. Pada bulan Juni 1940, Italia resmi menyatakan perang terhadap Inggris dan Perancis. Suasana-pun semakin memanas. Perang dengtan cepat merambat ke penjuru Eropa.

Pada tanggal 22 Juni 1940, Italia dan Jerman mampu menumbangkan pasukan Perancis. Ekspansi dari dua negara fasis ini terus meluas ke beberapa negara. Pada bulan April 1941, Jerman berhasil menduduki Yugoslavia, Yunani, bahwan hingga mencapai benua Afrika.

Di mana Mesir juga ikut ditaklukkan yang notabene merupakan salah satu negara paling barat di benua Afrika. Hanya berjarak beberapa bulan setelah berhasil menduduki wilayah ketiga negara tersebut, Jerman bahkan berhasil menduduki Ukraina dan Rusia yang masuk dalam wilayah kekuasaan Uni Sovyet.

Perang Dunia 3

sumber: metro.co.uk

Perang dunia ketiga diperkirakan akan terjadi di tahun 2020. Kemungkinan ini semakin mungkin terjadi seiring dengan krisis yang mulai melanda di beberapa belahan dunia. Krisis ini tidak lain disebabkan karena semakin banyaknya jumlah penduduk di dunia ini.

Bahkan menurut Panglima TNI saat ini Bapak Gatot Nurmantyo. Krisis yang melanda dunia beberapa tahun ke depan akan membahayakan eksistensi Indonesia sebagai negara berkembang yang mempunyai sumber daya alam serta stok pangan yang melimpah.

Kata Gatot, saat ini bahkan Amerika Serikat sudah membuat pangkalan militer di Samudera Pasifik, tepatnya di dekat pantai Australia. Di tambah lagi ketegangan di Laut Cina selatan yang semakin memanas, di mana Filipina, Tiongkok dan beberapa negara di wilayah laut selatan saling klaim.

Saling klaim ini bukan tanpa alasan. Laut Cina Selatan adalah salah satu jalur strategis, di mana lalu lintaas barang inpor dan ekspor terjadi di sana. Jepang, Tiongkok, dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya menggunakan Laut Cina selatan sebagai salah satu jalur lalu lintas barang ekspor-impor mereka.

Barang dari, dan ke Eropa yang mempunyai keterkaitan dengan Eropa dan Amerika akan melalui jalur laut Cina Selatan. Di sinilah titk sentra perdagangan antar negara. Terutama untuk negara-negara Asia Pasifik.

Perang Indonesia

Perang kemerdekaan Indonesia
sumber; Newsweek.com

Dengan adanya ketegangan-ketegangan tersebut, bukan tidak mungkin Indonesia akan terkena dampak permasalahan ini. Indonesia harus selalu waspada dan melakukan persiapan-persiapan dalam mengantisipasi adanya agresi militer dari pihak manapun. Sebagaimana perang dunia 1 dan perang dunia 2.

Konflik berkepanjangan yang terjadi di  Suriah turut andil dalam memicu terjadinya perang dunia 3. Provokasi uji coba rudal dan nuklir oleh Korea Utara yang terdapat Rusia di belakangnya memicu terjadinya ketegangan di wilayah Asia daratan.

Dengan adanya ujicoba senjata nuklir ini, Amerika Serikat bereaksi dan mengecam tindakan tersebut sebagai tindak provokatif yang dapat mebahayakan keamanan internasional. Pada tahun 2016 saja, Korea Utara telah melakukan 2 kali uji coba nuklir dan 24 kali uji coba misil jarak jauh.

Tindakan tersebut juga telah melanggar 6 resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai uji coba misil dan rudal nuklir. Sedangkan baru-baru ini pada tahun 2017, Pyongyang juga kembali melakukan uji coba misil., walaupun beberapa diantaranya terjadi kegagalan.

Meskipun dikecam oleh berbagai negara di dunia, rezim Kim Jong-un justru tak gentar bahkan menyatakan siap melakukan perang terbuka.

Korea Utara, yang mengandalkan persenjataan nuklirnya sangat percaya diri, dan menyatakan bahwa mereka mampu menghancurkan Jepang dengan salah satu senjata paling berbahaya di dunia tersebut. Bahkan ancaman tersebut turut menyeret negara tetangga Korea Selatan dan Amerika Selatan.

Perang Dunia ke 3

Perang Dunia III
sumber: thesun.co.uk

Pasca peresmian pelantikannya sebagai Presiden, Donald Trump langsung melakukan sejumlah manuver militer di Semenanjung Korea. Presiden AS yang ke-45 berencana untuk mengirim armada militer USS Ronald Reagan dan USS Nimitz guna melengkapi USS Carl Vinson dalam waktu dekat.

Sementara itu, Rusia dan China dilaporkan telah mulai mengirim sejumlah pesawat pengintai guna mengawasi aktivitas niliter yang terjadi di lokasi yang sama. Sejumlah pihak mengkhawatirkan terjadinya konflik yang dapat meluas dan menjadi pertempuran global.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena negara-negara yang terlibat di dalam ketegangan ini adalah negara-negara besar dengan pengaruh secara global. Di mana negara-negara tersebut adalah negara yang dulunya turut berpartisipasi di dalam perang dunia 1 ataupun perang dunia 2.

Keterlibatan Amerika Serikat dan Rusia di Perang Suriah juga menciptakan situasi yang cukup menegangkan. Muncul berbagai laporan yang menjelaskan bahwa angkatan bersenjata kedua negara hampir terjadi kontak senjata di dalam sejumlah operasi militer.

Sang pakar, Profesor Paul D Miller dari National Defence University di Washington DC memprediksi bahwa terjadinya konflik berskala global akan dimulai dari Latvia. Sebelumnya, Miller secara akurat memprediksi adanya konflik di Ukraina sebagaimana yang sekarang dilakukan oleh Rusia di Latvia sekarang.

Demikianlah penjelasan mengenai perang dunia 1, perang dunia 2, hingga kemungkinan terjadinya perang dunia 3. Semoga prediksi terjadinya perang dunia ketiga tidak benar-benar terjadi. Karena sejatinya, manusia hanya mampu memperkirakan. Sedangkan keputusan sepenuhnya di tangan Allah azza wa jalla.

Satu pemikiran pada “Perang Dunia 1 dan 2 serta Kemungkinan Terjadinya Perang Dunia 3

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: