Materi Seni Rupa [Lengkap] | Pengertian Unsur Terapan & Murni

Pengertian Seni Rupa – Halo semuanya apa kabar? Semoga selalu baik ya. Oke, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai materi seni rupa nih, mulai dari pengertian seni rupa, sampai seni rupa terapan, seni rupa murni beserta manfaat, contoh, dan fungsi seni rupa.

Seni Rupa merupakan sebuah karya seni yang banyak variabael dan jenisnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, karya seni tupa juga semakin beranekaragam. Sekarang seseorang dapat membuat sebuah karya seni walaupun hanya dengan menggunakan perangkat komputer atau ponselnya. Mari kita bahas detailnya.

Pengertian Seni Rupa

seni rupa adalah
sumber: blogspot.com

Pengertian seni rupa adalah sebuah cabang dari kesenian, di mana seni rupa ini merupakan hasil dari ekspresi  dan kualitas yang bisa disaksikan atau dilihat menggunakan indera penglihatan dan dalam beberapa jenis dapat pula diraba dengan menggunakan indera peraba.

Seni rupa adalah hasil karya seni yang mengutamakan dari segi visual. Atau bisa dibilang juga sebagai karya seni yang lebih mengeksplor pada segi penglihatan dibandingkan dengan indera lainnya.

Baca juga: Kerajinan dari kain flanel

Bahasa Inggris dari seni rupa ini adalah fine art. Dengan pengertian seni rupa seperti di atas. Namun dengan semakin berkembangnya seni rupa ini, fine art lebih menjurus ke hal yang lebih khusus yaitu jenis seni rupa murni.

Jenis-jenis Seni Rupa

jenis Seni Rupa
sumber: wallpaperawesome.com

Berdasarkan jenisnya, pada dasarnya seni rupa itu dibagi menjadi 3 jenis. Yaitu jenis seni rupa berdasarkan fungsinya, jenis seni rupa berdasarkan waktunya, dan yang terakhir jenis seni rupa berdasarkan wujudnya. Mari kita kupas macam-macam seni rupa berikut:

Jenis-jenis seni rupa ada 3 yaitu berdasarkan wujudnya, waktu/masanya dan terakhir berdasarkan fungsinya. Berikut jenis-jenis seni rupa:

Seni Rupa Terapan

jenis Seni Rupa Terapan
sumber: qlapa.com

Seni rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan dari segi kegunaan dibandingkan dengan dari segi nilai artistik. Jadi karya seni terapan ini akan lebih condong mengutamakan dari penggunaan secara praktis.

Contoh dari seni rupa terapan yaitu baju, karya seni gerabah seperti kendi, teko, pisau, pedang, dan pintu, jendela, dan masih banyak lagi karya seni terapan yang mengutamakan dari segi kegunaannya sebagaimana pengertian seni rupa di atas.

Seni Rupa Murni

karya Seni Rupa Murni
sumber: dandansa.com

Seni rupa murni adala karya seni yang lebih mengutamakan segi Keindahan,artistik, nilai seni, dan filosofi dibuatnya sutu karya seni tersebut. Jadi kenapa disebut sebagai karya seni rupa murni?

Karena karya seni jenis ini dibuat khusus semata-mata untuk membuat orang mengetahui dari makna apa yang terkandung di dlaam sebuah karya seni. Sehingga karya seni rupa murni biasanya lebih identik untuk digunakan sebagai relaksasi.

Atau membuat hati seseorang merasakan dan membuat hati seseorang untuk mengikuti dan menghayati dengan apa yang sudah dituangkan di dalam sebuah karya seni. Contoh dari hasil seni rupa murni yaitu lukisan.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Dimensi

Seni Rupa Berdasarkan Dimensi
sumber: piter.co

Berdasarkan dimensinya, secara garis besar seni rupa dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Walaupun belakangan ini sudah mulai ada beberapa orang yang mengklaim bahwa mereka mampu membuat sebuah karya seni 4 dimensi.

Mari kita bahas. Sebenarnya apa sih perbedaan dari karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi ini. Inilah dia penjelasan lengkapanya:

1. Seni Rupa Dua Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
sumber: duniaq.com

Seni Rupa Dua Dimensi juga disebut dengan karya seni rupa Dwimatra di mana jenis seni ini terbentuk dari dua sisi yaitu panjang x lebar. Karya seni 2 dimensi pada umunya hanya bisa dinikmati dari saru sisi saja atau dari arah depan.

Contoh seni rupa 2 dimensi yaitu diantaranya seni batik, seni lukis, sketsa, serta seni ilustrasi.

2. Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi
sumber: harnas.co

Seni Rupa 3 Dimensi adalah jenis karya seni rupa dengan 3 unsur pembentuk. Maksudnya yaitu hasil kesenian ini mempunyai panjang, lebar, serta ada tinggi. Karya seni 3 dimensi ini mempunyai bentuk, ruang, serta volume.

Hasil karya ini pada umumnya dapat dinikmati dari segala arah. Contoh dari karya seni tiga dimensi adalah seni keramik, diorama, bonsai, patung, dan masih banyak lainnya.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Waktu

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Waktu
sumber: blogspot.com

Tak hanya berhenti di pengertian seni supa saja, berdasarkan masa atau waktunya, karya seni rupa juga masih dibagi. Di mana pembagiannya adalah disesuaikan dengan zamannya. Berikut ini pembagian seni rupa berdasarkan waktunya:

1. Seni Rupa Tradisional

karya Seni Rupa Tradisional
sumber: catawiki.com

Seni Rupa Tradisional adalah jenis seni rupa yang sudah mempunyai ciri khas dan standar tersendiri semenjak zaman dahulu. Di mana hal ini mempunyai standar atau ke khasan tersendiri, yang tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Seni rupa tradisional mengedepankan orisionalitas dan keeksotisannya, sehingga tiap-tiap daerah biasanya mempunyai perbedaan dan kekhasannya sendiri. Jenis seni rupa ini diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun, sehingga tetap terjaga kemurniannya.

2. Seni Rupa Modern

karya Seni Rupa Modern
sumber: theartspartnership.net

Seni Rupa Modern adalah jenis kesenian yang menghasilkan bentuk namun merupakan hasil inovasi baru yang diadopsi dari kara seni di masa lampau atau karya seni tradisional.

Karya seni jenis ini lebih kreatif dan inbivatif karena tidak terikat dengan kekhasan dari jenis karya seni rupa tadisional. Masing-masing individu diberikan kebebasan untuk mengekspresikan hasil karyanya dengan baik sesuai dengan imajinasinya.

Contoh karya seni rupa modern itu sendiri yaitu grafis, lukisan, patung serta katya seni kriya.

3. Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Kontemporer adalah sebuah kesenian rupa yang yang menyesuaikan dengan trend dan kondisi terbaru di dalam suatu zaman. Sehingga hasil kesenian ini akan dianggap kekinian atau gue banget.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur Seni Rupa
sumber: fishville.com

Di dalam sebuah karya seni, ada berbagai macam unsur yang perlu diperhatikan. Diantara berbagai macam unsur yang perlu dipenuhi. Unsur seni rupa adalah merupakan elemen yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hasil kesenian seni rupa.

Sesederhana apapun karya seninya, tetap saja karya seni rupa ini mebutuhkan berbagai macam unsur sehingga terbentuklahj sebuah hasil seni atau kerajinan yang unik, indah, dan tentunya menarik. Unsur-unsur seni rupa sebagai berikut ini:

1. Titik

unsur titik dalam seni rupa
sumber: google

Titik adalah sebuah sentuhan kecil di dalam sebuah karya seni rupa. Di mana titik termasik sebagai salah satu unsur paling sederhana di dalam sebuah karya seni rupa.

Penggunaan satu titik saja mungkin tidak mempunyai arti appun. Namun apabila titik ini sudah digunakan dengan komposisi dan pola tertentu, maka karya seni yang mengagumkan bisa dihasilkan dengan titik ini.

Membuat kesenian dengan titik bisa dikombinasikan denagn variasi ketebalan, variasi warna, dan variasi tata tempat yang nantinya akan berpengaruh bagi hasil karya yang tengah dibuat.

2. Garis

unsur bidang dalam seni rupa
sumber: masterbama.blogspot.com

Nah, setelah kita membahas, titik, selanjutnya kita akan membahas mengenai garis. Penggunaan garis aakn sangat krusial dalam beberap hasil jenis kesenian dalam seni rupa ini.

Penggunaan garis biasanya akan difungsikan dalam membuat sebuah sketsa awal. namun tidak menutup kemungkinan jenis karya seni lainnya bahkan menggunakan garis dari awal hingga finishingnya.

Oleh karena itu, kita perlu tahu perbedaan antara garis -garis ini. Setiap garis mengandung makna tersendiri, berikut ini beberapa makna yang terkandung d di dalam sebuah karya yang menggunakan garis:

  1. garis spiral mempunyai kesan lentur dan fleksibel
  2. Garis patah-patah mempunyai kesan yang menggambarkan kaku
  3. Garis lurus mempunyai kesan di mana hal itu menggambarkan tegas dan keras
  4. Garis tegak biasanya melambangkan dalam hal keagungan, serta kestabilan
  5. Garis halus, dan melengkung-melengkung berirama akan menggambarkan bagaimana seorang wanita yang lembut
  6. Garis miring, akan melambangkan berbagai macam kegoncangan, gerak, serta tidak stabil.
  7. Garis tegas, kuat, dan berkombinasi dengan terpatah-patah maka hal itu akan  menggambarkan kekuasaan.

3. Bidang

 bidang dalam seni rupa
sumber: blogspot.co.id

Pengertian bidang adalah bentuk yang dihasilkan dari berbagaio garis yang bertemu di dalm satu titik. Dengan pertemuan garis-garis, maka akan didapatkan bidang di man didalamnya mempunyai ruang.

Apabila dianalisa melalui bentuknya, bidang terdiri dari jenis bidang geometris, jenis bidang biomorfis, serta bidang organis, dengan bidang beraturan beserta bidang tidak beraturan.

Bidang ini sebagaimana dimensinya. Setiap bidang mempunyai anjang dan lebar. Dan apabila bidang tersebut mempunyai bentuk 3 dimensi, maka bidanh ini mempunyai tinggi pula.

4. Bentuk

bentuk dalam seni rupa
sumber: niagahoster.co.id

Perwujudan yang nyata dari suatu karya serta terbentuk dari gabungan beragam bidang. Bentuk di dalam seni rupa bisa dibagi menjadi dua yaitu serta shape serta form. Shape ialah bentuk yang tak mempunyai unsur penjiwaan dan cuma secukupnya di tinjau sifat bentuknya saja layaknya ornamen, melingkar, dll.

Sementara form tak cuma disaksikan secara visual saja tapi juga ada terkandung di dalamnya unsur nilai di dalamnya.
Untuk pengelompokan dibagi 2 macam yaitu:

  1. Geografis. Bentuk di mana yang dibuat dengan perhitungan layaknya bentuk kubistis, misalnya kubus serta balok. buat bentuk silindris, misalnya sebagai contoh geogtafis yaitu tabung, bola serta ada pula kerucut
  2. Nongeometris. Bentuk jenis ini adalah bentuk yang meniru objek di alam sekitar kita, layaknya manusia, hewan dan ataupun pula tumbuhan.

5. Ruang

ruang dalam seni rupa
sumber: blogspot.com

Ruang adalah sebuah unsur dari seni rupa yang terkumpul dimensi dengan terdiri dari panjang lebar dan tinggi beserta memiliki dua buah sifat.

Ruang mempunyai sifat semu atau tidak nyata. Hal itu terjadi apabila di dalam seni rupa 2 dimensi, sebagai contohnya ruangan yang ternyata terkesan dari seni rupa.

Sedangkan ruang mwmpunyai sifat nyata terdapat dalam seni rupa tiga dimensi. Sebagai contohnya seperti ruangan di kamar dan di patung.

6. Warna

warna dalam seni rupa
sumber: aetherforce.com

Sebagaimana sudah kita tahu dalam penjelasan pengertian seni rupa, warna merupakan sebuah unsur seni rupa yang dapat dan bisa membuat seni rupa meninggalkan sebuah kesan, ekspresif serta terasa lebih hidup.

Warna dapat dipelajari dengan 2 teori diantara teori warna terhadap cahaya yang di mana terdiri dari 7 spektrum warna dengan teori yang satunya yaitu pigmen warna.

Mari kita pelajari dulu teori tentang mengenai pigmen warna yang terdiri oleh berbagai macam beberapa jenis yaitu:

  1. Warna Primer. Warna ini termasuk ke dalam warna pokok dan bukan merupakan campuran dari berbagai warna yang lainnya. Hanya ada 3 macam warna primer yaitu merah, biru, serta kuning
  2. Warna Sekunder yaitu warna yangdi mana termasuk dari hasil 2 campuran warna primer
  3. Warna Tersier adalah jenis warna yang merupakan hasil campuran dari warna sekunder yang sebelumnya sudah dari warna primer
  4. Warna Analogus. Deretan warna, di mana warna tersebut letaknya berdampingan di dalam satu lingkaran warna ataupun berdekatan. Contoh dari warna ini yaitu deretan warna kuning ke warna orange
  5. Warna Komplementer. Warna jenis ini adalah warna kontras di mana letaknya berseberangan di dalam satu satu lingkaran warna. Contohnya yaitu warna merah dengan warna hijau, warna kuning beserta dengan warna ungu.

7. Tekstur

teksture dalam seni rupa
sumber: pexels.com

Pengertian seni rupa yang mempunyai berbagai fungsi, maka salah satu unsur pembentuknya yaitu tekstur. Tekstur adalah termasuk ke dalam sifat permukaan bidang ataupun benda yang bisa dilihat serta bisa pula diraba. Dapat berkesan licin, kasar, kusam, halus, ataupun lainnya.

Jenis tekstur sendiri, di dalam seni rupa akan dibagi menjadi 2 yaitu tekstur nyata dan semu. Tekstur nyata yaitu dimana sifat permukaannya akan menunjukkan sebuah kesan yang nyata atau mempunyai kesan yang sama rasanya ketika dilihat maupun diraba.

Sedangkan tekstur semu berbeda, di mana kesan permukaan dapat berbeda di tara dilihat dengan ketika diraba. Tekstur ini akan berguna untuk memberikan sebuah karakter atau kesan tertentu di bidang permukaan agar mampu untuk menghasilkan nilai estetika.

8. Gelap Terang

gelap terang dalam seni rupa
sumber: ragamseni.com

Gelap Terang adalah termasuik ke dalam intensitas cahaya yang mempunyai tujuan supaya seolah-olah objek yang nyata atau untuk memperdalam sebuah kesan di dalam seni tersebut. Intensitas yang cahayanya besar maka terang, sedangkan intensitas dengan cahaya kecil maka akan gelap.

Teknik yang menunjukkan gelap terang setidaknya ada 2 diantaranya chiaroscuro yang di mana peralihan bertahap atau adanya gradasi. Yang kedua silhouette yaitu bayangan yang tanpa peralihan akan bertahap atau terjadinya gradasi. Di sisi lain, juga dapat berfungsi untuk menentukan sebuah gelap terang untuk menghasiklkan warna terbaik.

Fungsi Seni Rupa

materi seni rupa
sumber: blogspot.com

Sebagaimana disesuaikan dengan pengertian seni rupa pada penjelasn di atas, seni rupa mempunyai berbagai macam fungsi. berikut ini berbagai macam fungsi dari seni rupa yangv perlu kamu ketahui:

a. Fungsi Edukasi

sumber: FranchiseIndia.com

Di dalam beberapa aspek, senmi rupa mempunyai fungsi dalam mendidik rakyat atraupun kalangan manusia dengan usia tertentu. Slaah satu contoh dari karya seni yang mampu digubnakian sebagai nalat edukasi diantaranya  yaitu seni wayang, seni mural, dan lain sebagainya.

b. Seni Rupa untuk Pemenuhan Kebutuhan Fisik

sumber: RuangTanya.com

Di saming mempunyai nilai esterika, seni rupa juga mempunyai fungsi lain yaitu fungsi terapannya. Fungsi terapan ini akan diutamankan dalam bidang kegunaan secara dan untuk kenyamanan. Contoh seni rupa terapan tersebut yaitu bisa seni bangunan, seni furniture, seni pakaian, sebagian dari seni kerajinan tangan, dan masih banyak lainnya .

 

c. Seni Rupa untuk Fungsi Komunikasi

Seni Rupa untuk Komunikasi
sumber: Lebtivity.com

Manusia akan selalu berkomunikasi bersama dengan sesamanya, alat komunikasi yang sering mereka pergunakan diantaranya adalah bahasa. Nah, tetapi terkedang orang akan mengalami kerterbatasan untuk melakukan komunikasi karena terkendala di dalam bahasanya.

Di sinilah seni akan menembus keterbatasan ini, sehingga semua orang di penjuru dunia dapat saling berkomunikasi seperti yang sudah dijelaskan mengenai pengertian seni rupa.

d. Fungsi Seni Rupa pada Agama

Seni Rupa pada Agama
sumber: blogspot.com

Di dalam bidang keagamaan. Dari zaman dahulu manusia menggunakannya sebagai alat untuk melakukan berbagai macam ritual yang mereka anggap baik. Dahulu, manusia membuat patung-patung sebagai media untuk sesembahan.

Dalam hal ini, mungkin masing-masing agama mempunyai perdirian mereka amasing-masing. Tetapi sebagai seorang Islam, manusia dilarang untuk membuat patung karena hal itu dapat berpotensi untuk mendatangkan pensekutuan terhadap Allah.

Jadi untuk kamu yang muslim tidak perlu menikmati seni patung, atau bahakan membuatnya ya. karena ini adalah larangan yang sebenarnya bisa dialihkan dengan menggunakan jensi seni rupa lainnya.

e. Seni Tupa untuk Pemenuhan Kebutuhan Emosional

fungsi seni rupa emosional
sumber: independent.co.uk

Setelah kita tahu pengertian seni rupa secara umum. Seni rupa ini juga dapat berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan secara emosional bagi manusia. Perasaan manusia ada berbagai macam, ada sedih, senang, semangat malas, dan sebagainya.

Nah, ketika seseorang merasa bosan atau sedih, ia dapat memanfaatkan karya seni rupa ini dengan yang bersifat rekreatif dan menyenangkan. Cotoh dari karya seni rupa yang berfungsi secara murni untuk menghibur yaitu lukisan, rekreasi seperti teater, menonton biskop, serta pameran seni.

Cabang Kesenian

cabang seni rupa
sumber: seputarevent.com

Seni rupa mempunyai berbagai macam cabang atau turunan. Berikut ini beberapa macam seni rupa yang sudah kami rangkum :

Cabang Seni Murni

Seni Murni
sumber: blogspot.com
Seni pertunjukan
Seni lukis
Seni grafis
Seni fotografi
Seni patung
Seni instalasi
Seni keramik
Seni film
Seni koreografi

Cabang Seni Desain

sumber: bluGloss.com
Desain interior
Arsitektur
Desain grafis
Desain busana
Desain komunikasi visual
Desain produk

Cabang Seni Kriya

Cabang Seni Kriya
sumber: serambibatik.com
Kriya tekstil
Kriya keramik
Kriya kayu
Kriya Logam
Kriya Kulit
Kriya rotan
Kriya Bambu

Demikianlah berbagai macam penjelasan kami tentang kesenian, khususnya seni rupa mulai dari pengertian seni rupa, jenis seni rupa, fungsi seni rupa, serta unsur seni tupa. Silahkan tinggalkan komentar kamu di kolom di bawah ini.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: