Pembukaan UUD 1945 / Pembukaan Undang-undang Dasar Lengkap

PEMBUKAAN UUD 1945 – Untuk kamu yang pernah sekolah secara formal, tentu saja tidak akan lupa dengan momen upacara bendera di hari senin, di mana di dalam upacara bendera ini. Terdapat pembacaan Pembukaan Undang-Undang dasar 1945, atau Pembukaan UUD 1945 oleh petugas.

Nah di bawah ini akan kami berikan Teks dari Pembukaan Undang-nudang Dasar yang bisa kamu jadikan referensi, atau hendak kamu hafalkan. Karena teksnya tidak terlalu panjang dan mudah di hafal karena sudah sering kamu dengar. Oke, langsunh saja ini dia Pembukaan Undang-Undang dasae 1945:

Pembukaan UUD 1945

Pembukaan Undang-undang Dasar 1945
sumber: Malesbanget.co

Pembukaan. Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu. Maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa,
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab,
  3. Persatuan Indonesia,
  4. Dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan,
  5. Serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Teks UUD 1945

pembukaan UUD
sumber; SlideShare.com

Gambar di atas adalah pembukaan Undang-undang Dasar 1945 atau Pembukaan UUD 1945 versi gambar. Kamu bisa mendownloadnya dan kemudian menjadikannya sebagai wallpaper atau gambar di latar belakang ponsel atau layar monitior kamu. Sehingga kamu dengan mudah untuk menghafalnya.

Isi kandungan dari Undang-undang Dasar 1945 / Pembukaan UUD 1945 ini sangat dalam maknanya di mana cita-cita para pejuang kita di zaman dahulu. Mereka berani menumpahkan darah mereka demi terciptanya kedamaian dan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Mereka rela menyumbangkan seluruh jiwa raga demi terwujudnya kebebasan dalam perikeadilan dan kebijaksanaan. Sungguh cita-cita yang teramat mulia dan perlu kita jadikan contoh. Kita harus paham makna dari perjuangan para pahlawan negara.

Mereka adalah orang-orangtua kita, yang dengan gigih memperjuaqngkan terciptanya sebuah negara yang meredeka, yang dapat dijadikan tempat berteduh dan di negeri yang damai ini pula mereka ingin memejamkan mata.

Sebuah tanah yang sangat subur, dengan kekayaan sumber daya alamnya yang sangat besar. Dari Sabang sampai Merauke. Sepanjang itulah harapan para pahlawan menggantungkan nasib negeri ini kepada kita. Keseriusan dalam menjaga amanah ini sangat penting sebagaimana Pembukaan UUD 1945.

Kita sebagai manusia yang hidup di era milenia. Hidup dalam modernitas dan globalisasi. Mereka berharap kiat dapat mempertahan kan kemerdekaan ini. Mereka berharap kita mampu untuk berdiri sendiri dengan tegap dan gagah berani menghadapi para teroris ekonomi dan politik.

Mungkin kita tidak merasa secara jelas seperti apa pada hakikatnya kerusakan yang telah terjadi. Padahal kenyataannya kita benar-benar dalam keadaan yang mengkhawatirkan. Hutang negara yang kian membengkak bagaikan bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu.

Kita harus ingat bahwa kehancuran akan mendatangi orang yang tidak mampu untuk bertahan dan tetap survive. Kita harus tetap bertahan sebagai manusia merdeka namun tetap memperhatikan norma-norma yang luhur yang duiwariskan sewcar turun temurun olleh nenek moyang kita.

Demikianlah bunyi dari pembukaan undang-undang dasar 1945, atau teks Pembukaan UUD 1945. Semoga dapat bermanfaat dan membuat kamu lebih mudah menghafal atau membacanya secara lancar. Slilahkan tinggalkan komentar kamu di kolom komentat di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: