50 Macam Profesi dan Pekerjaan yang Ada di Sekitar Kita

Setiap orang mempunyai profesi masing-masing, mulai dari pekerjaan yang ringan, hingga pekerjaan yang menguras pikiran dan tenaga. Ada banyak sekali macam-macam profesi di dunia ini. Bahkan ada lebih dari 50 macam profesi dan pekerjaan yang ada di sekitar kita.

Pekerjaan seseorang terkadang sesuai dengan keinginan mereka, tetapi banyak pula pekerjaan yang seseorang memilihnya karena sebuah keterpaksaan dan disebabkan suatu keadaan tertentu.

Untuk Anda yang sedang mencari kerja, bisa mencoba melihat contoh lamaran kerja di bawah ini agar penulisan lamaran kerja Anda dianggap baik, dan memenuhi kriteria perusahaan yang Anda impikan:

12+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar sesuai EYD

Di bawah ini akan saya sebutkan 50 macam profesi dan pekerjaan yang ada di sekitar kita yang terkadang kita jarang memperhatikannya:

1. Petani

seorang yang berprofesi sebagai Petani sedang memandangi hamparan sawah luasnya.
sumber: seminardesa.com

Profesi petani merupakan profesi dan pekerjaan yang mulia, di mana mereka menanam berbagai macam tanaman seperti padi, jagung, singkong, sayur-sayuran, hingga buah-buahan.

Mereka menanam semua itu untuk pemenuhan kebutuhan makanan bagi banyak orang. Apabila jumlah petani semakin berkurang, dikhawatirkan sumber pangan di muka bumi ini-pun semakin langka dan akhirnya terjadi kelaparan di penjuru dunia.

2. Nelayan

 Seorang Nelayan yang tengah melemparkan jalanya
sumber: news.kkp.go.id

Indonesia merupakan negara maritim, yang mempunyai ribuan pantai yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Siapapun dapat dengan mudah pergi berlaut untuk mencari ikan. Banyak sekali macam ikan yang bisa kita dapatkan.

Sudah sepatutnya bagi kita, untuk tetap memelihara dan menjaga amanah yang Allah berikan ini. Rawatlah laut kita agar anak cucu kita tetap dapat menikmati hasil tangkapan laut yang sangat berguna bagi kebutuhan tubuh manusia.

3. Tandur

Para penandur yang sedang tandur atau menanam padi
sumber: beritadaerah.co.id

Tandur merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang banyak di jumpai di desa-desa dengan lingkungan persawahan. Biasanya penandur ini bekerja kepada para petani untuk menanam bibit-bibit padi di sawah yang baru saja dibajak.

Biasanya para penandur bekerja secara berkelompok. Mayoritas penandur adalah perempuan, tetapi tidak menutup kemungkinan laki-laki juga menggeluti pekerjaan tandur ini.

4. Koki

profesi rasa memasak
sumber: abc11.com

Profesi sebagai seorang koki merupakan profesi dan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kepekaan yang tinggi. Para koki harus mempersiapkan semua yang terbaik dari awal, bahkan sebelum proses memasak dimulai.

Koki harus mampu  melakukan pemilihan bahan makanan yang bagus, cara pengupasan, atau pemotongan yang benar, takaran komposisi bumbu yang tepat, durasi memasak yang akurat, hingga penyajian masakan yang harus dapat menarik hati.

5. Tukang Parkir

Profesi tukang parkir merupakan jenis pekerjaan yang cukup berjasa
sumber: boombastis.com

Tukang Parkir adalah profesi dan pekerjaan yang banyak dijumpai di kota-kota di Indonesia. Biasanya tukang parkir akan mengkondisikan kendaraan yang hendak di parkirkan oleh orang-orang yang hendak memarkirkan kendaraannya.

Tukang Parkir biasanya berada di depan sebuah pusat perbelanjaan, di tempat wisata, kantor-kantor tertentu, hingga restoran-restoran.

6. Tukang Tenun (Penenun)

Profesi Tukang tenun untuk melestarikan kekayaan budaya di Indonesia
sumber: 4.bp.blogspot.com

Tukang Tenun merupakan profesi dan pekerjaan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaannya.

Pekerjaan yang satu ini memang membutuhkan ketelitian yang ekstra, karena para pengrajin harus memperhatikan arah gerak dari ribuan benang yang hendak di tenun.

Profesi ini membutuhkan kesabaran dalam penyelesaiannya. Biasanya yang melakukan pekerjaan ini adalah para perempuan, karena perrempuan lebih teliti dalam hal menenun.

7. Psikolog

Profesi psikolog adalah jenis pekerjaan yang sangat baik dalam penanganan kejiwaan seseorang
sumber: psikolog-istanbul.com

Profesi Psikolog merupakan profesi di mana seseorang dituntut untuk memberikan solusi-solusi ketika seorang klien menghadapi sebuah masalah.

Ketika seorang klien sedang ada masalah-masalah, maka seorang psikolog akan memberikan solusi dan berusaha mencarikan jalan keluar dari masalah yang dihadapi kliennya tersebut.

Jangan dikira psikolog bisa meramal loh ya. Sebenarnya mereka menganalisa kepribadian kamu berdasarkan pengalaman yang sudah mereka jumpai di masa pendidikan dan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Pemadam Kebakaran

Profesi pemadam kebakaran yang sangat berkorban
sumber: news.okezone.com

Pemadam kebakaran adalah profesi dan pekerjaan yang sangat mulia. Para personil pemadam kebakaran sudah diatur sedemikin rupa agar selalu siap dan siaga apabila ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Para pemadam kebakaran tak hanya bekerja untuk memadamkan api saja, tetapi mereka berusaha melakukan penyelamatan-penyelamatan yang terkadang tidak banyak diketahui oleh orang lain.

9. Pedagang

profesi pedagang adalah salah satu profesi yang digeluti oleh banyak orang
sumber: pixabay.com

Profesi pedagang merupakan profesi dan pekerjaan yang digeluti oleh banyak orang. Profesi ini mempunyai cakupan yang sangat luas. Kamu bisa berjualan barang apapun yang kamu mau apabila barang yang kamu tawarkan memang bagus, dan layak untuk digunakan.

Ketika seseorang tidak memperhatikan kualitas barang dagangannya, maka calon pembeli akan cenderung ragu dan mempunyai kemungkinan besar untuk mencari barang lainnya di pedagang yang lain.

10. Sopir

Profesi sopir adalah profesi yang memerlukan ketelitian dan insting yang baik
sumber: cunoozfeed.com

Profesi Sopir merupakan profesi dan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, dan insting berkendara yang kuat. Apabila sopir teledor dalam bekerja, maka dia akan berhadapan dengan masalah yang besar.

Apabila seorang Sopir mengemudi dengan ugal-ugalan, maka nyawa para penumpang dan muatan barangnya bisa terancam, hal ini tak hanya membahayakan bagi dirinya sendiri. Para pengguna jalan yang lain dapat terkena imbas atas kelalaian seorang Sopir.

Oleh karena itu, seorang pengemudi yang baik dituntut untuk mempunyai SIM, sebagai bukti bahwa ia mampu mengemudikan mobilnya dengan baik dan benar.

11. Presiden

profesi presiden yang sangat besar tanggung jawabnya
sumber: kompasiana.com

Siapa yang tidak tahu Presiden? Profesi dan pekerjaan yang tertinggi dalam suatu negara modern. Sebutan untuk pemimpin negara sebenarnya ada berbagai macam sebutan. Di Arab Saudi misalnya, pemimpinnya disebut dengan panggilan Raja. Hal ini terjadi karena memang Arab Saudi adalah sebuah negara dengan sistem pemerintahan kerajaan Islam.

Di Malaysia, kepala negaranya dinamakan Perdana Menteri, Di Jepang sering disebut dengan nama Kaisar, dan yang lainnya.

Menjadi pemimpin negara bukanlah sebuah hal yang patut disombongkan, karena sebenarnya seorang pemimpin negara sedang dihadapkan kepada amanat yang benar-benar besar dengan cakupan yang sangat luas.

Seorang Presiden dituntut untuk melakukan tindakan yang jelas, tegas, dan pro kepada rakyatnya.

12. Arsitek

Profesi Arsitek merupakan profesi yang mebutuhkan ketelitian
sumber: arsitektur-indonesia.com

Arsitek merupakan profesi dan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Seorang Arsitek harus pandai dalam menggambar desain bangunan lengkap dengan ukuran yang presisi.

Gedung-gedung yang menjulang tinggi dan kokoh memerlukan konstruksi desain yang bagus dan presisi. Bahkan konstruksi gedung-gedung di negara Jepang di klaim dapat bertahan sekalipun ditimpa gempa.

13. Tukang Taman

Profesi tukang taman merupakan pekerjaan yang menyenangkan,
sumber: gardeningknowhow.com

Profesi dan pekerjaan tukang taman sebenarnya adalah pekerjaan yang cukup menyenangkan, di mana seseorang bekerja untuk menjaga taman agar tetap terlihat indah dan enak di pandang.

Tukang taman bekerja untuk menyirami tanaman, memberikan nutrisi terbaik untuk tanamannya, dan kemudian memotong rerumputan apabila dirasa sudah terlampau tinggi.

14. Tukang Las

profesi tukang las adalah profesi yang membutuhkan pengamanan khusus
sumber: farmandfleet.com

Tukang Las adalah salah satu profesi dan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Seorang Tukang Las dituntut untuk menyambungkan logam atau menambalnya, sehingga logam tersebut dapat melekat dengan kuat.

Banyak sekali barang yang bisa di las, mulai dari logam-logam yang digunakan untuk kerangka konstruksi bangunan, hingga pengelasan pada peralatan-peralatan kerja seperti cangkul, tanki, dan lainnya.

15. Tukang Cukur

Profesi tukang cukur yang sedang naik daun
sumber: westparkbarbershop.com

Tukang cukur adalah profesi yang mengedepankan nilai estetika. Jadi, seorang tukang cukur harus lihai dalam memainkan gunting dan alat cukurnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Belakangan ini, profesi tukang cukur memang sedang naik daun, di mana mulai banyak ditemukan variasi model rambut gaya baru yang terlihat keren dan unik.

16. Kuli Bangunan

Profesi kuli bangunan yang tersebar di tempat-tempat pembangunan gedung
sumber: financefeeds.com

Kuli Bangunan merupakan profesi dan pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra. Seorang Kuli Bangunan dituntut untuk selalu fit ketika bekerja.

Keringat mengalir dengan deras, karena pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan yang lebih banyak mengandalkan tenaga.

Ketika siang hari tiba, para Kuli Bangunan harus rela berpanas-panasan di bawah sengatan terik matahari, hal itu mereka lakukan demi memenuhi kebutuhan keluarganya yang ada di rumah. Pokoknya salut ya, kepada orang yang mempunyai profesi Kuli Bangunan.

17. Guru

Profesi guru yang mulia
sumber: londonmet.ac.uk

Profesi Guru merupakan profesi dan pekerjaan yang sangat mulia. Seorang Guru mengajari berbagai macam hal kepada para muridnya. Hal ini adalah salah satu kontribusinya dalam mencerdaskan bangsa.

Di zaman dahulu, profesi Guru merupakan profesi spesial yang mempunyai kedudukan tinggi di mata masyarakat. Tetapi belakangan ini, banyak kasus-kasus yang terjadi, di mana Guru dianiaya dan dikucilkan bukan karena kesalahan mereka.

Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan besar bagi kita, apakah budaya masyarakat Indonesia yang menghormati Guru sudah mulai memudar. Semoga saja dugaan saya salah.

18. Dokter

Profesi dokter yang sangat penting bagi masayarakat
sumber: medscape.com

Profesi Dokter merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang sangat vital di tengah-tengah masayarakat. Di Indonesia, ketika seseorang sakit maka banyak dari mereka yang langsung pergi kepada Dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Padahal, apabila bisa lebih sabar, seseorang yang terkena penyakit yang ringan cukup melakukan penyembuhan tanpa perlu meminum obat-obatan.

Cukup dengan mencukupkan istirahat, dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi, dan ditambah lagi dengan do’a maka penyakit seseorang akan segera sembuh. Insya Allah.

19. Perawat

profesi perawat yang juga penting
sumber: iinanews.org

Profesi sebagai seorang Perawat juga merupakan profesi dan pekerjaan yang tidak kalah penting, di mana para Perawat harus selalu memantau perkembangan pasien yang tengah dirawat.

Pemberian obat yang tepat waktu juga akan mempercepat pemulihan pada pasien. Pengecekan sampel darah hingga pemeriksaan tekanan darah-pun rutin dilakukan oleh Perawat untuk memastikan perkembangan positif pada pasien.

20. Apoteker

Profesi Apoteker yang penting di dalam dunia pengobatan
sumber: hipwee.com

Apoteker merupakan profesi dan pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh. Seorang Apoteker dituntut untuk teliti dalam memberikan obat kepada pasiennya. Apabila takaran obat tidak  sesuai, maka khasiat obat kurang efektif, atau bahkan terjadi overdosis pada pasien.

21. Pengantar Barang

Profesi pengantar barang yang semakin berkembang
sumber: OneDayCart.com

Seiring berkembangnya usaha jual beli secara online, profesi dan pekerjaan jasa Pengantaran Barang-pun ikut terangkat dan  berkembang dengan pesat. Para Pengantar Barang ini bekerja dengan perusahaan pengantaran barang seperti Kantor Pos, JNE, Tiki, dan yang lainnya.

Jangka waktu sampainya barang tergantung pada jarak dan paket yang dipilih. Apabila pengiriman dilakukan secara lokal di pulau Jawa, menurut pengalaman saya barang akan sampai tidak lebih dari 7 hari terhitung sejak barang mulai dikirim.

22. Penjual Bunga

profesi penjual bunga yang menyenangkan
sumber: dobreprogramy.pl

Penjual bunga merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang menyenangkan. Ketika kamu menjadi seorang penjual bunga, kamu akan melihat bunga yang indah di setiap harinya.

Banyak orang yang akan datang dengan raut wajah bahagia, karena hendak memberikan bunga spesial kepada orang-orang terkasih. Tetapi tak jarang juga yang memesan karangan bunga untuk berbela sungkawa atas kematian seseorang.

23. Pandai Besi

Profesi pandai besi untuk laki-laki
sumber: flickr.com

Pandai Besi merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga. Biasanya orang yang menggeluti profesi ini adalah laki-laki.

Dengan kerjanya yang berada di tempat tertutup dan panas, seorang Pandai Besi digolongkan dalam profesi bagi orang yang penyabar dan tahan banting.

Banyak sekali hasil karya kerajinan para Pandai Besi, mulai dari pedang, pisau, cangkul, dan peralatan dari besi yang lainnya.

24. Kasir

Profesi kasir yang berada di beberapa pusat perbelanjaan
sumber: clickhole.com

Kasir adalah profesi dan pekerjaan dimana seseorang menghitung jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen. Di waktu-waktu tertentu, seorang Kasir harus cekatan dalam menghitung, karena akan terjadi antrian yang panjang apabila  Kasir tidak bergerak dengan cepat.

Terkadang seorang Kasir juga dibuat kesal dengan komputer atau mesin scan yang tidak bekerja. Hal ini menuntut Kasir harus mampu menghafal semua harga barang yang dibeli oleh konsumen.

25. Karyawan Pabrik

Profesi karyawan pabrik
sumber: Lokerteen.info

Karyawan Pabrik merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh banyak lulusan sekolah (fresh graduate). Para Karyawan Pabrik mendapatkan gaji yang lumayan besar untuk ukuran lulusan sekolah.

Tetapi ketika kamu menjadi Karyawan Pabrik, kamu harus cepat beradaptasi dan harus mampu membuat suasanan lebih menyenangkan.

Karena banyak bagian pekerjaan Karyawan Pabrik yang cenderung monoton, atau berulang secara terus menerus sehingga rawan terjadi kebosanan.

26. Programmer

Profesi programmer yang membutuhkan ketelatenan
sumber: businessinsider.com

Profesi Programmer merupakan salah satu profesi dan pekerjaan di mana seseorang di tuntut untuk bekerja di depan layar monitor dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bekerja sebagai Programmer memerlukan konsentrasi tinggi, sehingga ketika mereka bekerja, mereka tidak bisa di ganggu.

27. Desainer Pakaian

Seorang yang berprofesi desainer pakaian
sumber: huffingtonpost.co.uk

Seorang Desainer pakaian memiliki kreatifitas yang tinggi. Orang seperti ini membuat pakaian-pakaian yang unik dan berkualitas.

Desain baju mereka nantinya akan dipamerkan dalam suatu pameran busana khusus, untuk mempromosikan hasil karya-karyanya. Tentunya pakaian-pakaian yang ditampilkan adalah hasil karya terbaiknya.

28. Desainer Grafis

Profesi desain grafis yang unik dan menarik
sumber: Papasemar.com

Seorang Desainer Grafis mempunyai imajinasi yang sangat tinggi. Otak mereka penuh dengan inspirasi-inspirasi yang mereka tuangkan pada kanvas atau layar monitor.

Profesi Desainer grafis menjadi idaman beberapa orang karena waktu yang dapat diAtur secara fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kegiatan yang lainnya. Bayangkan ketika seseorang membayar untuk hasil karya kamu dan ia menyukai hasil karya tersebut. Pekerjaan yang menyenangkan bukan?

29. Montir

Profesi montir yang akrab dengan oli
sumber: niguelauto.com

Montir merupakan salah satu profesi baju yang cukup menantang. Seorang montir dituntut untuk mampu menganalisa kerusakan pada bagian mobil

Para Montir akan membongkar bagian-bagian mesin yang bermasalah, baru kemudian melakukan perbaikan-perbaikan.

Seorang Montir harus siap berkotor-kotoran, mengingat pekerjaannya yang berhubungan dengan kendaraan bermotor yang akrab dengan oli.

30. Pilot

Profesi pilot dengan tanggungjawab yang besar
sumber: GQ.com

Seorang yang mempunyai profesi baju sebagai pilot merupakan seseorang yang diberikan tanggungjawab yang cukup besar.

Pasalnya, seorang Pilot harus membawa puluhan hingga ratusan penumpang untuk melayang-layang di udara dan kemudian harus menurunkannya kembali dengan selamat.

Ketika hendak mengendalikan pesawat terbang, harus di pastikan sang Pilot mempunyai kondisi tubuh yang prima dan tidak mabuk.

Apabila seorang Pilot yang sedang mabuk mengendalikan pesawat terbang, maka tidak bisa dibayangkan bencana apa yang akan menimpa penumpang dan dirinya sendiri.

31. Penjahit

Profesi penjahit yang memerlukan keuletan dan ketelatenan
sumber: levistrauss.com

Penjahit adalah profesi dan pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan, dan ketelitian. Ketika seorang Penjahit menjahit pakaian, dia berusaha agar hasil jahitannya terlihat rapi dan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Ketika seorang Penjahit mampu melakukan pekerjaannya dengan baik, biasanya para costumer akan kembali lagi untuk menjahitkan baju lainnya yang dirasa perlu dijahit.

Dengan begitu, sang Penjahit akan semakin sibuk dengan orderan jahitan yang semakin menumpuk.

32. Tukang Ledeng

Profesi tukang ledeng yang dinamis
sumber: enterpriseplumbinginc.com

Tukang ledeng merupakan profesi dan pekerjaan yang cukup menarik. Seorang Tukang Ledeng akan berpindah dari rumah ke rumah untuk memperbaiki ledeng yang bermasalah.

Sebagai seorang pekerja yang profesional, Tukang Ledeng selalu membawa peralatan lengkap yang tersimpan di dalam suatu kotak khusus.

Semua hal yang berhubungan dengan ledeng akan segera teratasi ketika seorang Tukang Ledeng sudah mulai memasuki rumah kamu.

33.Tukang Kayu

Profesi tukang kayu yang akurat
sumber: stationaryfuelcells.org

Seseorang dengan profesi dan pekerjaan Tukang Kayu harus melakukan pekerjaannya dengan hati-hati. Ketika melakukan pengukuran, seorang Tukang Kayu harus memperhatikan ukuran panjangnya secara presisi.

Alat yang sering digunakan oleh tukang kayu adalah penggaris, pensil, gergaji, dan juga meteran.

Tukang Kayu dapat membuat berbagai macam karya yang sangat baik, mulai dari meja, kursi, almari, kusen, pintu, dan banyak lagi hasil karya dari Tukang Kayu yang patut kita acungi jempol.

34. Politikus

Profesi politikus yang penuh dengan godaan
sumber: Brilio.net

Politikus adalah salah satu profesi dan pekerjaan yang cukup kontroversial bagi sebagian orang, karena orang yang terjun di dunia politik biasanya akan terjerumus pada tindak pidana korupsi.

Tetapi hal ini tidak berlaku bagi seorang Politikus yang secara tulus ingin melakukan sumbangsih bagi rakyat. Sosok Politikus yang jujur justru akan menjadi kebanggaan dan sangat dielu-elukan oleh rakyat.

Reputasi seorang Politikus tergantung pada apa yang ia niatkan. Apakah ia berpolitik untuk membela hak-hak rakyat, ataukah berpolitik untuk misi yang lain.

35. Penambang

Profesi penambang yang memerlukan kesejahteraan lebih
sumber: dawn.com

Penambang merupakan profesi dan pekerjaan yang cukup menantang, di mana mereka harus berani untuk masuk ke dalam perut bumi untuk menjangkau bongkahan-bongkahan emas atau batubara, atau bahkan minyak.

Profesi sebagai Penambang sebenarnya mempunyai resiko yang cukup besar. Tanah yang digali dapat runtuh sewaktu-waktu, dan itu sangat berbahaya bagi para Penambang masih berada di bawah tanah.

Tetapi mereka rela menghadapi resiko itu, demi menyambung hidup, dan untuk mendapatkan rizki yang halal.

Ada bagian tertentu yang tidak terlalu beresiko, yaitu di bagian pengemudi mobil, dan alat berat di tempat pertambangan tersebut.

36. Peneliti

peneliti yang melakukan penemuan-penemuan baru
sumber: keywordsuggest.org

Seorang Peneliti melakukan uji coba-uji coba untuk mendapatkan suatu hal dan kesimpulan baru. Mereka harus cerdik dan berhati-hati dalam penelitiannya.

Peneliti senior yang sudah ahli di bidangnya disebut Profesor. Sebenarnya peneliti mempunyai cakupan yang luas, mulai dari peneliti fsika, kimia, biologi, geogafi, dan masih banyak bidang-bidang studi lain yang dapat dieksplorasi dalam sebuah penelitian.

37. Polisi

Profesi polisi untuk pengamanan negara
sumber: Pendaftaran.Net

Profesi dan pekerjaan sebagai seorang Polisi mengemban tanggungjawab yang besar. Para Polisi dituntut untuk tetap menjaga keamanan dalam negara dari kriminal-kriminal, dan penyimpangan-penyimpangan yang ada.

Para Polisi ditempatkan tersebar di berbagai daerah di penjuru tanah air. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga pemerataan kondusifitas di dalam negara.

Polisi harus mampu bersikap netral dalam menegakkan hukum kepada siapapun tanpa pandang bulu. Penegakan hukum tidak boleh “tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas”.

39. Tentara

Tentara, sebuah profesi sebagai penjaga keamanan negara dari ancaman luar negeri
sumber: inspiana.com

Tentara merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang penting di dalam unsur keamanan suatu negara. Tentara terus berjuang untuk menjaga keutuhan negara dari ancaman-ancaman asing yang membahayakan.

Para Tentara digembleng dengan pelatihan yang keras dan penuh dengan tantangan. Tentara di bagi menjadi 3 bagian besar, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AD).

40. Pengrajin Ukir Kayu

Profesi pengrajin ukir kayu yang buthketelitian ekstra
sumber: dream.co.id

Kerajinan ukir kayu merupakan salah satu kerajinan yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Seorang dengan profesi dan pekerjaan Pengrajin Ukir Kayu harus pandai memberikan goresan-goresan terbaik dengan pahatnya untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal.

Hasil karya para Pengrajin Ukir Kayu ini mulai dari ukiran untuk perabotan rumah, seperti pintu, jendela, almari, hingga kaligrafi yang diukir sedemikian rupa sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai estetika tinggi.

41. Penjual Koran

Profesi penjual koran yang mengharukan
sumber: riauonline.co.id

Profesi Penjual Koran banyak ditemukan di kota-kota besar. Para Penjual Koran biasanya menawarkan koran-korannya ketika lampu merah di jalan-jalan.

Para Penjual Koran tidak mengambil banyak laba, yang mereka inginkan hanya mendapatkan uang untuk menyambung hidup mereka.

Banyak anak-anak kecil juga ikut menjajakan koran. Sebuah hal yang memprihatinkan, ketika teman-teman usia sebayanya sedang sekolah dan asyik bermain, mereka harus bekerja keras untuk menghasilkan uang.

Biasanya uang yang mereka hasilkan, akan digunakan untuk membantu beban orangtuanya di rumah. Semoga adik-adik ini senantiasa diberi kesehatan dan kesabaran, dan kebahagiaan.

42. Penebang Pohon

profesi penebang kayu yang mencengangkan
sumber: outofthewoods.eu

Profesi dan pekerjaan Penebang Pohon mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, tetapi profesi semacam ini benar-benar ada.

Di Pulau Jawa, Penebang Pohon melakukan penebangan ketika pemilik pohon meminta jasanya untuk menebang pohon. Lain halnya di Kalimantan, para Penebang Pohon banyak melakukan penebangan liar tanpa izin.

Penebangan liar dapat merusak ekosistem di dalam hutan. Ketika seseorang melakukan penebangan pohon, hendaknya ia memikirkan dampak dan solusi yang harus dipilih agar keseimbangan alam tetap terjaga.

43.Fotografer

Profesi fotografger yang menyenangkan
sumber: timeinc.com

Profesi dan pekerjaan sebagai Fotografer merupakan hobi yang menjadi profesi. Ketika seseorang gemar mengambil foto, maka dia mempunyai peluang untuk menggeluti profesi Fotografer ini.

Fotografer tidak hanya soal hobi, menjadi seorang Fotografer memerlukan kepekaan, dan insting untuk mengambil angle dan timing yang tepat dalam proses penangkapan gambar.

Pengaturan fitur-fitur yang terdapat pada kamera juga harus dipahami, untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

44. Peternak

Profesi peternak yang cukup sibuk
sumber: i24news.tv

Menjadi seorang Peternak bukanlah hal yang mudah. Seseorang dengan profesi dan pekerjaan peternak tak cukup hanya memberi makan hewan-hewan ternaknya secara rutin, tetapi seorang Peternak juga harus pandai mengantisipasi terjangkitnya penyakit pada binatang ternaknya.

Penyakit pada binatang ternak dapat menyebar dengan sangat cepat pada binatang ternak yang lainnya. Apabila tidak cepat melakukan penanggulangan, maka hal itu akan menjadi mimpi buruk bagi Peternak.

Binatang ternaknya dapat mati secara berjamaah di dalam kurun waktu yang singkat.

45. Pelayan

profesi pelayan yang menakjubkan
sumber: shutterstock.com

Profesi dan pekerjaan sebagai Pelayan merupakan profesi yang biasanya dijumpai di restoran-restoran atau hotel-hotel. Para pelayan akan membawakan makanan pesananmu, dan siap mencatat pesanan lain yang kamu inginkan.

Pelayan akan memberikan pelayanan terbaiknya untuk memberikan kesan nyaman kepada para pengunjung hotel atau restoran. Pelayanan yang prima akan membuat pengunjung merasa puas dan datang kembali di lain waktu.

46. Resepsionis

Profesi resepsionis yang penuh dengan senyuman
sumber: dream.co.id

Profesi Resepsionis adalah profesi di mana seseorang harus memberikan pelayanan dan respon terbaik kepada tamu yang datang. Ketika kamu berkunjung ke hotel, kamu akan menjumpainya setelah memasuki pintu masuk.

Seorang Resepsionis akan melempar senyum, kemudian menanyakan jenis kamar yang hendak di pesan. Seorang Resepsionis kemudian akan melihat kamar yang kamu inginkan masih kosong atau sudah di pesan oleh orang lain.

47. Pelukis

Profesi Pelukis, pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang
sumber: Pinterest.com

Seorang Pelukis adalah orang yang menuangkan hasil karyanya dengan goresan kuas. Profesi dan pekerjaan ini merupakan profesi yang cukup menyenangkan.

Dengan menjadi pelukis, seseorang dapat mengeluarkan inspirasi-inspirasinya pada sebuah karya lukisan.

Pelukis juga sering menjual hasil karyanya dengan harga tertentu, sesuai tingkat kesulitan dan nilai filosofi sebuah karyanya.

48. Pesepakbola

Sepakbola profesi yang paling populer
sumber: dailymail.co.uk

Profesi sebagai pemain sepakbola merupakan salah satu profesi dan pekerjaan yang sangat populer. Pekerjaan ini juga termasuk dalam hobi yang dijadikan pekerjaan.

Bekerja menjadi pemain sepakbola tidaklah mudah, sangat banyak seleksi yang harus dilakukan untuk menembus skuat utama dalam tim.

Disamping itu, kamu harus mempunyai bakat bermain sepakbola, karena hanya yang mempunyai bakat di atas rata-rata sajalah yang dapat menembus skuat inti sebuah Club Terkenal.

49. Pengrajin Kaca

Profesi Pengrajin kaca yang unik
sumber: footage.framepool.com

Kamu punya piring, gelas, atau vas bunga dari kaca? Apabila iya, maka kamu patut berterimakasih dengan orang yang berprofesi sebagai pengrajin kaca ini.

Para Pengrajin Kaca membuat berbagai macam karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Mereka menggunakan kaca yang dicairkan dengan cara dipanaskan.

Setelah itu mereka akan membentuk kaca dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

50. Pengrajin Gerabah

Pengrajin gerabah adalah profesi orang yang teliti
sumber: coachtoursuk.com

Pengrajin Gerabah adalah profesi dan pekerjaan di mana seseorang membuat sebuah karya dengan bahan baku tanah liat. Barang yang dihasilkan dari pekerjaan ini adalah berbagai macam perabot seperti guji, celengan, piring, cobek, vas bunga, dan banyak lagi lainnya.

Para pengrajin gerabah bekerja dengan menuangkan ide-ide mereka menjadi karya seni yang mempunyai nilai guna sekaligus nilai estetika.

Demikianlah 50 macam-macam profesi dan pekerjaan yang ada di sekitar kita. Semoga bisa memberikan inspirasi dan pelajaran untuk kita semua. Kita harus selalu semangat dalam bekerja, lakukanlah yang terbaik dan teruslah berkarya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: