30+ Cara Membuat Kerajinan dari Kain Flanel Lengkap dengan Gambar dan Video

Jenis Kain Flanel

macam-macam kain flanel
sumber: BisnisKonfeksi.com

Sebelum berbagi mengenai cara membuat kerajianan dari kain flanel, tentunya teman-teman pembaca perlu tahu dulu dong, apa sih kain flanel itu sehingga bisa dibuat sebagai kerajinan tangan?

Nah kain flanel adalah sebuah kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Pembuatan kain flanel memerlukan proses pemanasan dan penguapan yang dapat menghasilkan jenis kain flanel dengan beragam tekstur dan jenis tergantung pada bahan pembuatnya.

Kain flanel cukup mudah untuk dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Berbagai macam jenis pakaian juga banyak yang menggunakan kain flanel. Sebut saja kemeja, kaos, celana, gamis, hingga dalaman jaketpun sekarang banyak yang menggunakan kain flanel.

Hal ini tidak terlepas dari kualitas kain flanel yang memang cukup nyaman ketika dikenakan. Terutama ketika musim penghujan. Sekalipun tak terlalu tebal, tetapi baju dari kain flanel cukup menghangatkan badan. Hal inilah yang menjadikan kain jenis ini cukup cocok bagi masyarakat Indonesia.

Kain flanel sendiri memiliki berbagai macam, sesuai dengan kegunaannya. Berikut ini macam-macam kain flanel yang perlu kamu ketahui sebelum digunakan sebagai hasil karya seni yang indah dengan kerajinan dari kain flanelnya:

1. Kain Flanel Bambu

kain flanel bambu
sumber: kerajinan.id

Kain flanel Bambu adalah kain flanel yang terbuat dari bahan campuran serat bambu dan serat kayu. Kain flanel jenis ini terbuat dari bahan alami sehingga akan cepat terurai apabila sudah tidak digunakan. Kain flanel jenis bambu ini masih sangat sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Di Amerika, harganya sekitar $6 Dolar, dengan ukuran kurang lebih 50 x 55 cm.

2. Kain Flanel Blend

jenis kain flanel blend
sumber: kerajinan.id

Kain flanel blend adalah campuran dari 2 bahan. Di mana biasanya menggunakan campuran wool domba & rayon. Jenis kain flaner yang satu ini mempunyai varian warna yang luas, dengan jenis kain yang lebih padat sehingga tidak mudah melar. Harganya mencapai 80 ribuan dengan ukuran 15-30 cm.

3. Kain Flanel Wool

jenis kain flanel wool
sumber: kerajinan.id

Diberi nama kain flanel karena memang kain flanel jenis ini berbahan murni 100 % wool. Tekstur jenis kain ini lebih berserat dan tebal.

hal ini mangakibatkan harga dari kain flanel jenis ini merupakan yang paling mahal dibanding dengan jenis kain flanel yang lainnya. Harga kain flanel wool ini mencapai $20 Dolar, atau lebih dari RP 270.000 per 90 cm-nya.

4. Kain Flanel Akrilik

kain flanel akrilik
sumber: kerajinan.id

Kain flanel akrilik adalah kain flanel yang terbuat dari bahan baku seperti serat plastik yang biasa juga disebut dengan akrilik. Semakin padat dan mudah berbulu kain flanel jenis ini, maka semakin bagus kualitasnya. Kisaran harga kain flanel akrilik yaitu mulai dari Rp 21.000,- dengan ukuran 100 x 96 cm

5. Kain Flanel Polyester

Jenis kain flanel polyester
sumber: kerajinan.id

Kain flanel jenis ini mempunyai harga tidak beda jauh dengan jenis acrylic. Perbedaan kain flanelini dengan jenis akrilik terletak pada jenis bahannya. Jenis kain flanel polyester ini lebih licin ketika disentuh dengan permukaan yang tampak sedikit mengkilat.

Harga dari kain flanel jenis ini sekitar adalah 20 ribuan per 90cm-nya. Nah itulah dia jenis-jenis kain flanel, semoga dapat membantu kamu dalam menentukan kain flanel jenis mana yang hendak kamu beli, sehingga kamu akan lebih mudah dalam membuat kerajinan dari kain flanel.

Kerajinan dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel
sumber: google.com

Bagi anda yang gemar dengan prakarya atau kerajinan tangan, membuat kerajinan dari kain flanel tidak boleh alpha dari agenda anda. Kenapa kami bilang demikian? Tak lain dan tak bukan karena proses pembuatannya yang relatif mudah, dan menyenangkan.

Ditambah lagi hasil karya kerajinan dari kain flanel anda yang unik dan indah nantinya dapat di jual kepada para pecinta kerajinan tangan.

Banyak sekali kerajinan tangan yang dapat kamu hasilkan dengan bahan baku kain flanel ini. Kreasi kain flanel tersebut diantaranya, Cara membuat bunga dari kain flanel, Cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, Cara membuat bros dari kain flanel.

Tak berhenti pada bros kain flanel, ada pula Cara membuat tempat pensil dari kain flanel, Cara membuat boneka dari kain flanel, Cara membuat tas dari kain flanel dan masih banyak yang lainnya.

Mari kita kupas satu per satu kerajinan tangan dari kain flanel di bawah ini:

Sebenarnya banyak sekali ide tentang kerajinan tangan dari kain flanel yang sangat bernilai dari seni dan harga. Tanpa perlu basa-basi berikut ini adalah kerajinan dari kain flanel.

1. Tempat Pensil Dari Kain Flanel

tempat pensil dari kain flanel

pinterest.com

Untuk kamu para pelajar, ataupun untuk anda yang bekerja di kantor, tentunya tidak akan terlepas dengan beberapa alat tulis, termasuk pensil. Nah dengan kerajinan dari kain flanel, kamu bisa membuat tempat pensil dari kain flanel yang terlihat berbeda tetapi tampak sangat imut.

Kerajinan dari kain flanel tempat pensil ini dapat kamu berikan gambar karakter kartun ataupun rajutan sesuka hati kamu. Tentunya membuatnya bersama teman-teman akan lebih seru, dengan selera motif masing-masing.

Cara Membuat Tempat Pensil dari kain Flanel

cara membuat kerajinan dari kain flanel
sumber: marthastewart.com

Untuk tutorial cara membuat tempat pensil dari kain flanel ini relatif mudah. Sediakanlah terlebih dahulu alat dan bahannya sebagaimana di bawah ini:

Alat dan juga bahan 

  1. Sediakan kain flanel
  2. Kancing baju yang sudah tidak terpakai
  3. Benang Jahit
  4. Jarum
  5. Gunting
  6. Penggaris

Di bawah ini tahapan pembuatan tempat pensil dari kain flanel:

  1. Dimulai dengan mengukur dan membentuk kain flanel sesuai dengan ukuran dan bentuk yang kamu inginkan.
  2. Buat 2 lembar potongan kain, di mana satu sisi kain yang lainya lebih panjang dibandingkan dengan kain yang sisi satunya.
  3. Pasanglah kancing pada kain dengan sisi dengan ukuran yang lebih pendek, menggunakan benang yang sudah dikaitkan dengan jarum.
  4. Setelah kancing terpasang dengan baik dan kencang, maka dilanjutkan dengan menjahit dan menyatukan kedua potongan kain pada bagian sampingnya.
  5. Rapikanlah jahitan hingga terbentuk kantonf yang terlihat rapi
  6. Berilah lubang memanjang, sebagai lubang tempat kancing mengunci tutup tempat pensil
  7. Kantung pensil yang simpel dan imutpun siap untuk digunakan. 

2. Tempat Handphone dari Kain Flanel

sumber: 1077FiestaFM.blogspot.com

Kamu tidak punya tempat handphone? Atau mungkin kamu sudah bosan dengan tempat handphone yang bentuk dan warnanya seperti itu-itu saja?

Nah kali ini kami punya jalan keluarnya buat kamu. Dengan kain flanel, kamu bisa membuat tempat handphone dengan selera bentuk dan warna kamu sendiri.

Kamu bisa menuangkan kreativitas dan imajinasi kamu sehingga kamu akan mendapatkan tempat handphone dengan nilai seni tinggi dan tentunya membuat teman-teman kamu iri dan ingin memiliki kerajinan dari kain flanel tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menonton video tutorial cara membuat tempat handphone dari kain flanel seperti di atas.

3. Sepatu dari Kain Flanel

sepatu dari kain flanel
sumber: Piasweaters.com

Kain flanel adalah salah satu jenis kain yang lembut, dan sangat cocok apabila dijadikan sebagai sepatu untuk anak-anak.

Untuk membuat sepatu dari kain flanel, pastikan kamu memilih jenis kain flanel dengan kualitas yang baik, dan lebih tebal. Kamu bisa melakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan beberapa hasil sepatu terbaik yang nyaman dikenakan oleh anak-anak.

Cara pembuatannya secara sederhana sebagai berikut ini:

  1. ukur kaki anak, dan sesuaikan bentuknya pada permukaan kain flanel
  2. Diperlukan 3 Pola untuk membentuknya, diantaranya pola bagian sepatu, pola depan sepatu, dan pola belakang sepatu.
  3. Setelah pola berhasil dibentuk dengan pensil, maka potonglah kain flanel sesuai bentukan yang telah di buat menggunakan gunting kain yang tajam.Apabila semua pola sudah berhasil di potong, maka jahitlah masing-masing potongan menjadio satu sesuai dengan desain yang sebelumnya telah dirancang.
  4. Proses penjahitan dilakukan dengan tangan, mengingat jarum yang digunakan merupakan jarum benang kasur yang besar sesuai dengan ketebalan kain
  5. Setelah berhasil dijahit satu per satu, masing-masing pola, maka sepatu dari kain flanel telah selesai.
  6. Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris atau bordir tertentu untuk mempercantiknya

4 Tempat Tisu dari Kain Flanel

tempat tisu dari kain flanelsumber: Sewitallmag.com

Kerajinan tangan dari kain flanel yang tidak kalah unik selanjutnya adalah tempat tisu. Dengan menggunakan kain flanel, kamu bisa membuat tempat tisu unik yang tentunya bisa mempercantik ruang tamu atau ruang makan kamu.

Untuk kamu yang mempunyai anak bayi, tempat tisu flanel ini akTetapi tentu saja kamu harus rutin memperhatikan kebersehannya agar tidak menjadi sarang kuman.

Tempat tisu dari bahan flanel ini akan sangat potensial apabila kamu serius dalam membuatnya. Kamu bisa menuangkan berbagai macam ide dan kreativitas di dalamnya sehingga tempat tisu ini terlihat lebih menarik dan tidak sama dengan tempat tisu pada umumnya.

5. Tas dari Kain Flanel

tas dari kain flanelsumber: google.com

Siapa sangka kain tas-tas di atas merupakan tas yang terbuat dari bahan baku kain flanel. Tapi hal itu benar adanya. Di tangan para pengrajin, kain flanel yang hanya lembaran-lembaran itu dapat disulap menjadi bebrbagai macam tas.

Mulai dari tas kantoran yang elegan, tas belanja, hingga tas unik yang dapat menarik perhatian setiap orang yang menatapnya. Jangan khawatir, kamu juga dapat melakukan hal yang sama.

Dengan ketekunan dan kesabaran, kamu dapat membuat berbagai macam tas sesuai dengan konsep yang dikamu inginkan.

Kamu bisa mencoba untuk membuat tas yang terlihat simel tetapi tetap terlihat unik, dengan warnanya yang mencolok. Bisa pula kamu mencoba untuk membuat tas flanel dengan banyak pernak-pernik yang lucu.

Atau mungkin kamu lebih suka untuk membuat tas sederhana, yang tidak terlalu banyak aksesoris di sana-sini tetapi dengan potongan dan desain rapi dan elegan yang cocok untuk ngantor. Semua tergantung selera kamu sendiri.

Tentunya kain flanel menjadi bahan baku yang baik untuk membuat berbagai varian tas, dengan nilai ekonomis yang tinggi apabila dikerjakan dengan tepat.

6. Hiasan Toples dari Kain Flanel

kue dari kain flanel
sumber: bisnisukm.com

Hayo tebak, kira-kira benda apa sih yang terdapat pada gambar di atas ini? Kue sungguhan, replika kue, atau mungkin boneka kue.

Hmm… tentunya kamu penasaran bukan dengan kue-kue di atas. Percaya atau tidak, gambar di atas bukanlah replika kue, bukan pula kue yang sebenarnya. Gambar di atas adalah tempat toples dari kain flanel.

Unik dan lucu bukan? Kamupun bisa membuatnya di rumah. Tentunya dengan menentukan terlebih dahulu bentuk dan konsep seperti apa yang ingin kamu pilih. Kemudian persiapkan bahannya sebagaimana tutorial cara membuat tempat pensil dari kain flanel seperti di atas.

Perbedaannya dengan kerajinan dari kain flanel lainnya hanya terletak pada kancing dan bentuk pola potongannya saja. Dengan desain toples yang unik dan kreatif seperti di atas, di jamin ruang tamu kamu bakal tampak lebih indah dan berwarna. 

7. Kaos dari Kain Flanel

kaos dari kain flanel
sumber: kaoslucu-flanel.blogspot.com

Kamu punya kaos polos? atau mungkin kamu mau kaos dengan nuansa yang berbeda. Untuk si kecil tentunya kamu tidak mau ketinggalan dong ya, memberinya yang lucu dan membuat si kecil semakin menggemaskan.

Nah kain flanel sangat cocok untuk mempercantik baju si kecil. Dengan menyiapkan beberapa potong lembaran kain flanel, kamu bisa menghias kaos si kecil dengan berbagai macam bentuk dan tulisan yang tentunya membuatnya semakin ceria dan menarik perhatian sebagaimana gambar di atas.

8. Gantungan Kunci dari Kain Flanel

gantungan kunci dari kain flanel
sumber: aksesorisgantungankunci WordPress.com

Berbagai jenis gantungan kunci unik dapat kamu buat menggunakan kain flanel. Teksturnya yang lunak akan sangat cocok apabila di gunakan sebagai gantungan kunci pada motor atau pintu. 

Terjadinya benturan dan lecet dapat dihindari. Ditambah lagi bentuknya yang lucu membuat siapa saja ingin memilikinya. Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri tentunya dengan ketekunan dan ketelitian.

9. Gantungan kunci Custom

gantungan kunci custom
sumber: airinhandycrabby.blogspot.com

Nah yang satu ini merupakan gantungan kunci yang lebih variatif, di mana kamu bisa membuatnya sesuai dengan pesanan pembeli, atau sering juga disebut dengan custom.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat gantungan kunci custom ini dengan menggunakan nama sebagaimana gambar di atas. Terlihat unik, lucu, dan tentunya stylish bukan?

10. Bros dari Kain Flanel 

bros dari kain flanel
sumber: google.com

Dengan kain flanel, kamu juga bisa membuat bros dengan bentuk unik, muali dari bunga, kupu-kupu, pita, emoticon, dan masih banyak lainnya. Kami hanya perlu mengembangkan inspirasi untuk membuatnya.

11. Boneka dari Kain Flanel

boneka dari kain flanel
sumber: sitekno.com

Nah untuk kerajinan tangan yang satu ini, tentunya kamu sudah sangat familiar dong ya. Terutama bagi para perempuan, setidaknya pasti memiliki satu boneka. Kamu juga bisa membuat boneka dari kain flanel loh.

Dengan bermodalkan kain flanel, benang, dan kain perca bekas, kamu bisa membuatnya dengan mudah. Tentunya dengan hasil karya sendiri, boneka kamu akan lebih mempunyai kesan, dan meninggalkan kepuasan tersendiri.

12. Binatang dari Kain Flanel

sumber: rizkithazky.blogspot.com

Kamu juga bisa membuat berbagai macam karakter binatang lucu dan ngegemesin. Kamu bisa membuat panda, gajah, kodok, sapi, ikan hiu megalodon, beruang, atau bahkan ikan aligator.

13. Bunga dari Kain Flanel

bunga dari kain flanel
sumber: pinterest.com

Kain flanel juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan. Kamu bisa mempercantik ruang tamu dengan memberikan hiasan seperti bunga dari kain flanel sebagaimana gambar di atas. Dengan dekorasi unik ini, tentunya tamu kamu bakal lebih betah ketika datang dan bertamu.

14. Bantal dari Kain Flanel

bantal dari kain flanel
sumber: logratis.es

Bantal dari kain flanel menjadi salah satu hasi;l karya yang tidak kalah lucu. Dengan teksturnya yang lembut, bantal flanel juga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan hangat.

Kamu juga bisa memberikan beberapa sentuhan lain seperti ornamen gambar hati, dan corak lainnya agar bantal tampak lebih cantik.

15. Amplop dari Kain Flanel

Amplop dari Kain Flanel
sumber: senibudayaku.com

Nah untuk yang selanjutnya, kamu bisa membuat hasil karya yang bisa menarik perhatian. Apa itu? Ya, kamu bisa membuat amplop dari kain flanel yang unik dan lucu. Amplop unyu-unyu ini bisa kamu gunakan ketika hendak memberikan orang terkasih ucapan spesial sehingga lebih berkesan.

16. Miniatur dari Kain Flanel

Miniatur dari Kain Flanel
sumber: RadenWinata.com

Dengan kain flanel, kamu bisa membuat berbagai macam miniatur. Mulai dari miniatur mobil, miniatur motor, miniatur pesawat, miniatur kapal, ataupun miniatur vespa dari kain flanel sebagaimana gambar di atas. Menarik dan lucu bukan?

17. Boneka Jari dari Kain Flanel

Boneka Jari dari Kain Flanel
sumber: flanelluvina.blogspot.com

Karya seni selanjutnya yang bisa kamu buat dengan bahan kain flanel adalah boneka jari kain flanel. Kamu bisa membuatnya dengan mudah dengan berbentuk beberapa karakter kartun, atau hewan yang lucu.

Dengan boneka jari ini, kamu bisa menghibur anak-anak dengan mengkombinasikannya dengan dongeng dan cerita-cerita seru. Anak-anak pasti akan tertarik dan menyukai kerajinan dari kain flanel tersebut.

18. Cover Buku dari Kain Flanel

Cover Buku dari Kain Flanel
sumber: potretkaryaku.blogspot.com

Cover buku dari kain flanel pastinya menjadi salah satu hasil karya yang keren dan sangat menarik. Buku kamu yang terlihat tebal dengan beberapa ornamen warna unik tentunya akan semakin cantik dan membuat teman-teman kamu bertanya-tanya dari mana kamu mendapatkannya.

19. Dadu dari Kain Flanel

Dadu dari Kain Flanel
sumber: habibcollection.blogspot.com

Hasil karya dari kain flanel selanjutnya yang tak kalah unik adalah dadu dari kain flanel. Dengan memotong kain berbentuk dardu menjadi 6 sisi, kamu dapat membentuk boneka dadu sesuai ukuran dan warna sesuka hatimu.

Tetapi jangan lupa, didalamnya diberi isi, agar bentuknya menjadi kubus, sesuai yang diinginkan.

20. Bingkai Foto dari Kain Flanel

bingkai Foto dari kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Dengan kain flanel, kamu bisa membuat hasil karya yang cukup keren, seperti bingkai foto di atas. Dengan berbingkaikan flanel yang sudah dibentuk sedemikian rupa, maka foto akan terlihat lebih cantik dengan kerajinan dari kain flanel yang bernilai seni tinggi.

21. Kue dari Kain Flanel

Kue dari Kain Flanel
sumber: Craftline.com

Cantik sekali bukan? siapa sangka kue-kue cantik diatas merupakan hiasan yang terbuat dari kain flanel. Dengan kain yang dibentuk sedemikian rupa, kamu dapat membuat kerajinan dari kain flanel yang  dapat mengecoh banyak orang karena bentuknya yang sangat cantik dan menyerupai kue aslinya.

22. Gantungan Pintu dari Kain Flanel

Gantungan Pintu dari Kain Flanel
sumber: vioflanel.blogspot.com

Gantungan pintu dari kain flanel membuat pintu kamar kamu menjadi semakin cantik dan indah. Kamu bisa membuat sendiri hiasan pintu yang lucu dengan bermodalkan kain flanel yang dibentuk, dan dirangkai menjadi berbagai bentuk hiasan.

23. Buah-buahan dari Kain Flanel

Buah-buahan dari Kain Flanel
sumber: nobicraft.blogspot.com

Buah adalah makanan sehat yang kaya akan manfaat. Tapi apa jadinya jika buah terbuat dari kain flanel? Nah, kamu juga bisa membentuk kain flanel menjadi hiasan buah-buahan seperti gambar di atas.

24. Donat dari Kain Flanel

Donat dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Kamu juga bisa membuat kue donat dari kain flanel sebagaimana gambar di atas.

Di samping hasil karya seperti di atas, kamu juga bisa membuat karya lain seperti jepit rambut, bando, sayur-sayuran, tutup pulpen, tempat minum, jam dinding, dan masih banyak yang lainnya yang dapat kamu hias dengan kain flanel.

Kami sengaja mencantumkan hanya 24 saja, karena agar Anda bisa segera mempraktekkannya, dan tidak terlalu lama untuk membaca 266 lainnya, kamu bisa melakukan kreasi kain flanel sendiri.

Nah demikianlah 300+ cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Dan ada pula jenis kain flanel. Semoga dapat memberikan kamu inspirasi untuk mengembangkan kreativitas, dan membuat kamu lebih produktif lagi. Silahkan tinggalkan komentar apabila ada saran atau pertanyaan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: