Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Zoo Jakarta dan Jam Buka

Kebun Binatang Ragunan – adalah salah satu kebun binatang yang paling besar di Indonesia. Di Kebun binatang Ragunan, anda dapat menjumpai ratusan jenis binatang, baik binatang buas, maupun binatang jinak, burung, reptil, mamalia, primata, amfibi, hingga jenis ikan dapat anda temui di sana.

Di sana, anda juga bisa mengambil foto bersama orang-orang terkasih. Anda dapat berfoto dengan binatang-binatang lucu yang jarang anda temui. Anda bisa berfoto dengan monyet, onta, jerapah, gajah, burung, dan masih banyak lagi binatang-binatang lucu yang bisa di ajak bercengkerama dan dilihat.

Tetapi kita juga harus memperhatikan aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola. Jangan memberikan benda apapun kepada binatang yang berada di sana, kecuali dengan seizin pengelola, atau petugas yang diberi amanat.

Hal ini perlu kita perhatikan, karena setiap hewan mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Ada beberapa hewan yang sanagt rentan terhadap penyakit karena interaksinya dengan manusia. Binatang tertentu juga dapat sakit karena mengkonsumsi makanan yang bukan makanan kebiasaannya.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan zoo
sumber: youtube.com

Kebun Binatang Ragunan beralamat di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 Indonesia. Untuk menuju ke Kebun binatang Ragunan, sebaiknya anda berangkat dari rumah lebih awal. Hal ini sangat kami tekankan karena potensi kemacetan yang sering terjadi di setiap harinya.

Biasanya, jalanan menuju arah kebun binatang Ragunan akan mulai terjadi kemacetan pada jam 08.00 pagi. Kemacetan akan terjadi semakin parah seiring waktu bertambah siang. Jadi bisa anda bayangkan seperti apa menyebalkannya perjalanan anda apabila berangkat ke Kebun Binatang Ragunan terlalu siang.

Tiket Masuk Ragunan

Tiket Masuk ke Ragunan
sumber: numberthreeme.wordpress.com

Ketika hendak masuk ke Kebun Binatang Ragunan, sebagaimana tempat wisata yang lainnya, anda perlu membeli tiket terlebih dahulu. Anda dapat masuk melalui loket yang beranda di jalur masuk ke kebun binatang di bagian depan, di sisi sebelah kiri.

Harga tiket masuk ke dalam kebun binatang Ragunan adalah sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Ragunan

Harga Tiket Masuk di Ragunan
sumber: cektiket.id

Tabel di atas menunjukkan daftar harga tiket masuk kebun binatang untuk usia dewasa dan juga anak-anak. Sedangkan untuk harga parkir, tentu saja berbeda disesuaikan dengan jenis dan ukuran kendaraan yang masuk ke area parkir.

Harga Tiket Masuk Wahana Ragunan

Harga Tiket Masuk Ragunan
sumber: cektiket.id

Terdapat berbagai macam wahana binatang disesuaikan dengan jenis binatang atau wahana yang di pilih. Anda bisa memilih wahana sesuai yanga nda sukai. Dengan banyaknya wahana yang telah di sediakan di kebun binatang Ragunan, diharapkan liburan anda bersama keluarga dapat lebih menyenangkan dan lebih berwarna.

Jam Buka Ragunan

Jam Buka bonbin Ragunan
sumber: shutterstock.com

Jam buka atau jam operasional kebun binatang Ragunan Jakarta dibuka setiap hari selasa hingga minggu. Mulai jam 09.00 pagi sampai 18.00 WIB, sedangkan untuk hari minggu diliburkan.

Ragunan Zoo

di Ragunan Zoo
sumber: tantular.com

Kebun Binatang Ragunan atau sering juga disebut oleh para turis mancanegara dengan sebutan Ragunan Zoo. Mempunyai banyak sekali koleksi binatang. Biasanya pihak pengelola juga menyediakan berbagai macam pertunjukan binatang untuk menghibur pengunjung.

Suasana di kompleks kebun binatang ini selalu ramai, terutama apabila hari libur sekolah tiba. Anda bisa mengajak keluarga, teman, ataupun orang terkasih untuk berkunjung ke kebun binatang yang menjadi salah satu terluas di Indonesia ini.

Udaranya-pun masih cukup sejuk dan segar karena kebun binatang Ragunan terletak  di wilayah Jakarta Selatan yang masih ditumbuhi banyak pohon rindang dan bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung setelah kelelahan mengelilingi kebun binatang Ragunan.

Tentu saja kebun binatang ini adalah salah satu tempat tujuan wisata yang paling tepat bagi warga Jakarta yang tidak ingin repot-repot untuk pergi liburan ke luar kota Jakarta. Di tempat ini anda dapat menghilangkan penat saat bekerja dan menetralisir dampak polusi yang menyelimuti Jakarta setiap harinya.

Peta Kebun Binatang Ragunan

Petadi  Kebun Binatang Ragunan
sumber: antoniusboedysanto.wordpress.com

Gambar di atas merupakan peta kompleks lokasi taman margasatwa Ragunan Jakarta. Penggunaan peta cukup penting, mengingat area kebun binatang yang sangat luas. Bagi orang yang pertama kali ke sana, dapat tersesat atau kebingungan untuk mencari arah pintu keluar, ataupun menuju ke tempat yang ingin ia kunjungi.

Di dalam peta tersebut tertera arah, dan poin-poin penyebaran lokasi jenis binatang apa saja yang terdapat di area tersebut. Terdapat 3 area parkir disesuaikan dengan arah datangnya para pengunjung. Pintu Utama terletak di bagian utara, sedangkan dua pintu sisanya adalah pintu masuk yang diperuntukan bagi pengunjung yang datang dari arah Cilandak dan dari arah Depok.

Apabila anda masih merasa kebingungan dengan peta yang ada, maka alangkah baiknya anda bisa bertanya kepada para petugas yang berada di sana. Insya Allah anda akan ditunjukkan arah yang benar, dan bisa sampai ke tempat yang dimaksud tanpa ada kesulitan yang berarti.

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Fasilitas di Kebun Binatang Ragunan
sumber: IndonesiaKaya.com

Fasilitas yang disediakan di dalam area kebun binatang Ragunanpun cukup memadai. Di sana terdapat beberapa spot yang menyediakan toilet dan kamar mandi. Di dalam kebun binatang Ragunan, anda dapat menemukan masjid yang bisa dibilang cukup luas untuk menampung para pengunjung yang hendak sholat di dalamnya.

Para pedagang makanan juga sangat mudah ditemukan di sepanjang trek setapak yang mengelilingi kebun binatang. Jadi anda tidak perlu lagi khawatir karena lupa membawa bekal makanan. Dengan membawa dompet yang berisi lembaran uang warna biru sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar anda.

Di kebun Binatang yang terletak di Jakarta Selatan ini, memiliki berbagai macam wahana. Sebut saja seperti perahu angsa, onta yang dapat anda tunggangi, kereta keliling, sepeda keliling, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi anda juga harus selalu berhati-hati ketika sedang berkeliling menikmati pemandangan yang ada.

Terdapat beberapa area yang memang sengaja dibuat seperti kandang di mana kandang tersebut diberikan jarak yang cukup jauh dengan pengunjung. Hal ini sangat penting karena ada beberapa hewan yang tidak bisa bersahabat dengan manusia.

Biasanya binatang tersebut adalah binatang-binatang predator yang mempunyai naluri berburu dan sangat buas, bukan ayam kate ya tentunya. Binatang yang dibuatkan kandang khusus dengan area luas diantaranya seperti harimau, singa, buaya, dan berbagai macam binatang predator lainnya.

Wisata Jakarta Selatan

Wisata Jakarta Selatan
sumber: areajakarta.com

Sebenarnya Kebun Binatang Ragunan hanyalah satu dari sekian banyak tempat wisara di Jakarta Selatan. Masih ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika anda sedang berada di Jakarta Selatan. Sebut saja Taman Anggrek Ragunan, Situ Babakan, Museum Satria Mandala.

Ada juga Museum Reksa Artha, Museum Layang-layang, kemang Food Festival dan tentunya yang paling terkenal Taman Mini Indonesia Indah. Silahkan anda bisa datang ke kebun binatang keren ini apabila anda mempunyai jadwal liburan.

Demikianlah ulasan dari windowsnesia mengenai Kebun Binatang Ragunan. Semoga bermanfaat, dan bisa menambah wawasan bagi kita semua. Silahkan tinggalkan keritik, saran, atau pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: