Jenis dan Harga Ikan Aligator atau Ikan Gar / Ikan Buaya Lengkap dengan Video

Harga Ikan Aligator – Ikan Aligator mempunyai berbagai macam sebutan, mulai dari gar, ikan buaya, atau sering juga disebut dengan ikan spatula. jenis ikan aligator adalah salah satu dari spesies ikan yang banyak diburu oleh para penggemar ikan predator.

Jenis Ikan Aligator

ikan aligator dengan harga murahsumber: blog.nature.org

Setidaknya ada 7 spesies dari 2 genus (Atractosteus dan Lepisosteus) ikan Aligator di dunia ini. Jenis ikan aligator yang banyak diperjual-belikan dikalangan para pehobi ikan predator ialah jenis florida gar dan aligator gar/spatula.

Ukuran dari ikan aligator ini dapat mencapai panjang hingga 1 meter.Jadi, apabila hendak memelihara ikan predator jenis ini, kamu harus mempersiapkan aquarium dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran aquarium ikan hias pada umumnya.

Atau bahkan apabila kamu ingin memelihara ikan aligator dalam jumlah banyak, sebaiknya kamu membuat kolam khusus untuk tetap menjaga kualitas air, dan ruang gerak dari ikan demi terjaganya pertumbuhan dan kesehatan ikan.

Ikan jenis aligator ini sudah dilarang untuk masuk ke Indonesia melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 41/PERMEN-KP/2014 berkaitan dengan larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah NKRI.

Hal ini cukup masuk akal, mengingat ikan aligator merupakan jenis ikan predator yang selalu memburu ikan-ikan kecil sebagai menu makanan utamanya.Apabila ikan jenis ini dilepas ke dalam sungai atau danau, maka dikhawatirkan ekosistem sungai dapat rusak.

Jumlah ikan yang hidup di sana akan terus berkurang seiring dengan berkembangbiaknya ikan aligator ini.Berikut ini jenis-jenis ikan Aligator yang tersebar di berbagai negara di dunia:

1. Longnose Gar (lepisosteus osseus)

jenis ikan aligator longnose gar yang harganya lumayan mahalsumber: thebrackishtank.tumblr.com

Longnose Gar merupakan jenis ikan aligator yang tersebar disepanjang kawasan Amerika Utara dan Amerika Tengah. Walaupun ikan aligator terkenal dengan moncongnya yang cukup menyeramkan, tetapi dahulu ikan jenis predator ini sering dikonsumsi oleh penduduk setempat..

Namun sekarang sudah berbeda lagi ceritanya. Di Amerika ikan aligator sering menjadi menjadi favorit para pemancing yang tak jarang diperlombakan.

Beda di Amerika, beda juga di Indonesia. Karena keunikan moncong dan motif sisiknya, ikan predator lebih banyak digunakan sebagai penghias aquarium besar, atau kolam ikan.

Makanan alami Longnose Gar ini adalah ikan kecil, udang, hingga serangga-serangga kecil. Kematangan seksual untuk ikan Longnose Gar jantan dewasa berkisar antara tiga sampai empat tahun.

Sedangkan kematangan seksual untuk ikan Longnose Gar betina pada usia enam tahun. Telur ikan Longnose Gar sangat beracun apabila dikonsumsi oleh manusia. Tetapi racun itu tidak berlaku bagi ikan-ikan predator yang memakan telur dari ikan Longnose Gar.

ikan Longnose Gar memiliki rentang usia rata-rata antara 15 hingga 20 tahun, sekalipun pernah ditemukan laporan bahwa ikan ini mampu mencapai usia 39.

Ikan Longnose Gar mempunyai jenis kelamin yang dapat dibedakan secara visual (dimorfik). Ukuran panjang tubuh dan panjang sirip Ikan Longnose Gar betina lebih panjang dibandingkan dengan Ikan Longnose Gar jantan.

Ukuran panjang ikan Longnose Gar dapat mencapai rata-rata 0,71 hingga 1,2 m dengan panjang maksimum mencapai  1,8 m. Sedangkan berat maksimum dari ikan Longnose Gar mencapai 25 kg.

2. Tropical Gar (atractosteus tropicus)

jenis ikan aligator tropical gar yang indah, harga iakn aligator ini tak begitu mahal
sumber: kanhiasahmad.blogspot.co.id

Tropical Gar atau bisa juga disebut ikan Aligator Tropis berasal dari perairan yang membentang dari selatan Meksiko sampai ke Kosta Rika. Ikan jenis Tropical Gar ini dapat mencapai panjang maksimal hingga 1,25 m apabila di alam liar.

Tetapi ukurannya akan lebih kecil apabila hidup dan tumbuh di penangkaran. Tropical Gar mempunyai kemiripan dengan Longnose Gar baik pada warna dan corak yang terdapat pada sisiknya. tetapi hal itu dapat dibedakan dari moncongnya yang terlihat lebih lebar dan lebih pendek.

3. Florida Gar (lepisosteus platyrhincus)

jenis ikan aligator dengan nama florida gar, harga ikan predator ini relatif murah
sumber: hiko-hermawan.blogspot.co.id

Ikan Florida Gar merupakan spesies ikan aligator yang ditemukan di Amerika Serikat. Habitatnya terbentang dati dari Savannah di sepanjang sungai Ochlockonee di Georgia, dan disepanjang semenanjung Florida.

Disamping Alligator Gar/spatula, ikan Florida Gar ini juga banyak terdapat di pasaran. Ketika dewasa, ikan ini mempunyai panjang berkisar antara 51,7 hingga 132,2 cm dengan berat antara 1,36 hingga 4,36 kg.

Ikan Florida Gar memiliki motif belang hitam seperti macan tutul di sekujur tubuhnya termasuk sirip anal. Florida Gar mempunyai warna coklat-olive di bagian punggung dan sisi atas, dengan warna putih atau kuning pada bagian perutnya.

Ketika umurnya masih muda, ikan Florida Gar memiliki garis-garis gelap di bagian belakang dan samping.

perbandingan ukuran dari jenis ikan aligator

Baca juga:

  1. Tanaman di dalam Pot
  2. Jenis dan Harga Iguana
  3. Jenis dan Manfaat Lebah Madu

4. Alligator Gar (Atractosteus spatula)

nelayan mendapatkan ikan aligator gar
sumber: WQAD.com

Dari ketujuh spesies Ikan Aligator atau gar yang ada, Alligator Gar atau sering juga disebut Aligator Spatula ini merupakan jenis ikan aligator yang paling besar. Ukuran ikan jenis Alligator Gar ini mencapai panjang hingga 3 m, dengan berat mencapai 140 kg.

Ikan Alligator Gar merupakan jenis ikan aligator yang paling banyak di perjualbelikan. Dengan ukurannya yang jumbo, apabila ingin memeliharanya kamu harus memepersiapkan aquarium atau kolam yang lebih jumbo lagi.

Berikut ini video ikan Aligator Gar di dalam aquarium:

5. Shortnose Gar (lepisosteus platostomus)

jenis ikan aligator shortnose gar ini mempunyai moncong yang lebih pendek
sumber: thebrackishtank.tumblr.com

Shortnose Gar merupakan ikan aligator primitif yang tersebar di sepanjang lembah Missisippi dan Missouri. Di mulai dari Montana hingga ke barat, dari sungai Ohio di timur, hingga ke Gulf Coast di selatan.

Ikan Shortnose Gar lebih kecil dibandingkan dengan jenis ikan Aligator lainnya. Panjangnya hanya mencapai 60 cm. Ikan ini memakan ikan-ikan kecil, serangga, dan krustasea.

6. Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

jenis ikan aligator dengan ekor yang bercorak ini dinamakan Cuban gar
sumber: kepinkaqua.blogspot.co.id

Jenis ikan gar atau ikan aligator yang ditemukan di Kuba Barat dan di Isla De La Juventud. ikan Aligator Kuba ini hidup di air tawar tropis dengan suhu antara 18 °C hingga 23 °C.

Ikan ini mempunyai panjang rata-rata 1 meter, namun panjang maksimalnya mencapai 2 meter. Di alam liar ikan Aligator Kuba ini memangsa ikan dan burung. Habitat ikan Aligator Kuba ini di kolam air tawar, sungai hingga rawa-rawa.

Ikan Aligator Kuba termasuk ikan yang masuk dalam daftar terancam punah, sehingga saat ini sudah mulai di lakukan penangkaran-penangkaran. Tetapi ikan jenis gar yang satu ini termasuk dalam ikan yang mudah dalam pemeliharaannya. Ikan ini dapat hidup dengan umur mencapai puluhan tahun.

7. Platinum Gar (Leucistic)

Jenis platinum gar merupakan jenis ikan aligator yang paling mahal
sumber: numa.sk

Nama Platinum Gar merupakan nama yang disematkan pada ikan Aligator yang mempunyai cacat genetik karena kekurangan pigmen warna. Namun karena terlihat lebih langka dan eksotis, maka ikan ini diberi nama Platinum Gar.

Nama Platinum Gar biasanya digunakan pada ikan gar atau aligator dengan warna perak keputih-putihan. Sedangkan untuk ikan gar dengan warna putih tetapi masih terlihat beberapa corak samar, maka disebut dengan Snow White.

Kelainan semacam ini merupakan kelainan yang umum pada hampir semua spesies binatang, bahkan ada beberapa manusia yang juga mempunyai kelainan pigmen kulit dalam konteks yang berbeda tentunya.

Ikan Platinum Gar merupakan jenis ikan aligator yang sangat langka, karena ikan dengan warna unik ini sulit untuk dikembangbiakkan secara massal.

Harga Ikan Aligator Per Ekor 2016 -2017 Dari Beberapa Jenisnya

1. Longnose Gar (lepisosteus osseus)

Berikut ini kisaran hargaikan aligator jenis longnose gar:
Untuk ukuran 20 cm sampai 40 cm: Rp 200.000,00 hingga 600.000,00

2. Tropical Gar (atractosteus tropicus)

Jenis Ikan Aligator Tropical gar merupakan salah satu ikan aligator yang sangat sulit dijumpai di pasaran Indonesia. Sehingga harganya-pun menjadi tidak murah. Untuk ukuran 10 cm sampai 20 cm saja, harga ikan aligator mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 5 juta

3. Florida Gar (lepisosteus platyrhincus)

Sekalipun warnanya cantik, ikan Aligator jenis Florida Gar ini masih banyak dijumpai di pasaran Indonesia, sehingga harganya-pun lebih terjangkau. Cocok untuk kamu yang sekedar ingin iseng atau coba-coba untuk merasakan sensasi memelihara jenis ikan purbakala ini.

untuk ukuran 30 sampai 40 cm harga ikan aligator ini berkisar Rp 50.000,00 /ekornya.

4. Alligator Gar (Atractosteus spatula)

Berikut ini kisaran harga Ikan Aligator Gar sesuai dengan ukurannya:
panjang 10 cm sampai 15 cm :Rp 20.000,00 hingga Rp 50.000,00
panjang 15 cm sampai 30 cm :Rp 50.000,00 hingga Rp 80.000,00
panjang 30 cm sampai 40 cm :Rp 85.000,00 hingga Rp 250.000,00
panjang 1 m Rp 650.000 hingga Rp 800.000

5. Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Ikan aligator jenis Spotted Gar ini sangat mirip dengan Florida Gar sehingga sangat sulit untuk membedakannya. Inilah kisaran harga ikan aligator Spotted Gar:
ukuran panjang 10 cm sampai 20 cm :Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00
ukuran panjang 20 cm sampai 30 cm :Rp 20.000,00 hingga Rp 45.000,00

7. Platinum Gar (Leucistic)

Dikarenakan langka dengan warnanya yang eksotis, harga dari ikan Platinum Gar ini-pun menjadi mahal. Untuk harga ikan aligator Platinum Florida dengan ukuran 10 sampai 20 cm saja, kisaran harganya antara 2-10 juta rupiah tergatung dengan keindahan warnanya.

Untuk jenis Gar/Spatula Platinum dengan ukuran yang sama harganya lebih mahal lagi, yaitu antara 5 hingga 50 juta rupiah sesuai dengan kadar keindahan pada ikan tersebut. Untuk jenis yang lain seperti Cuban Gar ,Tropical Gar, dan Longnose Gar harganya bisa lebih mahal.

Demikianlah jenis ikan Aligator / ikan Gar dan harga ikan Aligator / ikan Gar. Semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi apabila kamu hendak memelihara salah satu jenis dari ketujuh jenis ikan Aligator / ikan Gar Tersebut.

9 pemikiran pada “Jenis dan Harga Ikan Aligator atau Ikan Gar / Ikan Buaya Lengkap dengan Video

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: