Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

12+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar sesuai EYD

Contoh Surat Lamaran Kerja – Sebelum melamar sebuah pekerjaan, kita perlu membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD untuk memperoleh hasil yang maksimal. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris dan surat lamaran kerja doc juga kami cantumkan di dalam artikel ini.

Surat lamaran pekerjaan ini sangat berpengaruh terhadap hasil diterima atau tidaknya kita. Penulisan yang yang baik dan benar, sistematika serta kata-kata yang santun menjadi faktor utama pihak yang dilamar menjadikan kita sebagai pertimbangan utama.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (Bahasa Indonesia yang baik dan benar), seperti halnya pada artikel contoh CV yang baik dan benar yang telah kita bahas pada tulisan sebelumnya.

Agar tidak perlu repot-repot mempelajari bagaimana cara penulisannya, berikut ini kami berikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai kebutuhan tempat penggunaannya. Anda tinggal meniru susunan dan kalimatnya lalu menyesuaikan dengan keperluan Anda.

Contoh Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja
tribunnews.com

Pada saat membuat surat lamaran kerja, hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah strukturnya. Berikut ini adalah bagian-bagian dan struktur dalam contoh surat lamaran kerja yang perlu ada.

  • Alamat dan waktu Anda menulis surat lamaran kerja tersebut
  • Nama perusahaan yang Anda tuju harus jelas dan benar
  • Ingat untuk memulai dengan ucapan salam
  • Tuliskan biodata pribadi Anda
  • Anda dapat menjelaskan pengalaman dan kelebihan apa saja yang Anda miliki yang bisa menjadi bahan pendukung saat diterima bekerja nanti
  • Sebutkan apa harapan Anda setelah bergabung dengan perusahaan/instansi tersebut.
  • Kalimat penutup
  • Salam.

Berikut kami berikan contoh sederhana surat melamar kerja:


Contoh Surat Lamaran Kerja

lamaran kerja
tribunnews.com

Palembang, 21 September 2017

Kepada Yth.
Pimpinan CV. Maju Bersama Kami
Di Palembang

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari surat kabar Media Nusantara yang terbit pada 10 September 2017 lalu mengenai perusahaan Bapak/Ibu “CV. Maju Bersama Kami” yang membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi tenaga IT, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama                          : Dendi Mega Putra
Tempat, Tanggal Lahir: Medan, 26 Agustus 1993
Alamat                        : Jln. Buana Indah Permai, Km 13, Kota Palembang
Pendidikan Terakhir   : S1 Teknik Informatika
Nomor Telepon          : 0897 2345 7890

Mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan posisi yang tersedia seperti yang dibutuhkan perusahaan Bap/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat ini saya melampirkan berkas berikut ini:

  1. 2 Lembar Pas Foto Berwarna Terbaru 4 x 6
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy ijazah Terakhir yang Telah Dilegalisir
  4. Transkrip Nilai
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Fotocopy Sertifikat TOEP.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, sangat besar harapan saya Bapak/Ibu menerima saya menjadi bagian dari perusahaan Anda. Atas perhatian dan segala pertimbangannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dendi Mega Putra


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh Lamaran Kerja Umum
ossbatam.com

Selain bagian-bagian surat yang harus diusahakan lengkap, Anda juga perlu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar (Sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan), gunakanlah kalimat-kalimat formal.

Saat menyebutkan keahlian-keahlian atau pun pengalaman kerja yang Anda miliki, sampaikanlah dengan menggunakan kata-kata yang tepat agar tidak terkesan sombong, kebanyakan perusahaan biasanya juga memperhatikan etika calon karyawannya lewat surat lamaran kerja yang dia kirim.

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan dengan menyebutkan beberapa kelebihan Anda untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang dituju.


Makassar, 22 September 2017

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Manager Kapal Pesiar Sukses Bersama
di Makassar

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi di majalah Fajar yang terbit pada 16 September 2017 lalu mengenai perusahaan Kapal Pesiar Sukses Bersama yang membuka lowongan kerja sebagai Promotion Product, maka dengan ini saya:

Nama                          : Bernard Penta Putra
Tempat, Tanggal Lahir: Para-pare, 19 Januari 1995
Umur: 22 Tahun
Alamat                        : Jln. Bawa Karaeng no. 14 Makassar
Nomor Telepon/HP    : 0878 1234 8765

Melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk menjadi bagai dari perusahaan yang Bapak pimpin. Saya sudah berpengalaman dan terbiasa berbicara di depan umum dan pernah ikut pelatihan public speaking di Amerika Serikat.

Sebagai kelengkapan dan bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas berikut:

  1. Pas Foto Terbaru
  2. Fotocopy Kartu Identitas (KTP)
  3. Fotocopy Ijazah yang Telah Dilegalisir
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotocopy SKCK
  6. Fotocopy Sertifikat Pelatihan Public Speaking

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan kiranya Bapak/Ibu memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya seperti wawancara dan lainnya agar Bapak/Ibu dapat mengetahui lebih jelas mengenai potensi yang bisa saya berikan untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Atas segala perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Bernard Penta Putra


Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
sumber: papercheap.co.uk

Jane Claudia
762, Main
New York, NY 37821
Telephone: (623) 623-7263
Email ID: jane_e®yahoo.com
September 7th, 2011

Michael Brown
MicroSystem Company
982, Rhode Avenue
Kansas City, MO 83782

Dear Mr. Brown,

I have a great interest with your advertisement for marketing specialist position that published in “New York Times”. I would like to apply as Marketing Manager in your company. I believe that my education and employment history are appropriate for the position.

I achieved Bachelor Degree of Marketing from Ohio University in 2003. I have experienced in marketing field. I have worked as Marketing Specialist in GRO Industries, Chicago. I worked with the following responsibilities: evolved new marketing programs as company visions; created market analysis for predicting future market conditions; helped regional marketing manager to implement local email; and monitored all of activities of marketing performance& I have successfully increased sales target up to 8 % and developed multimedia marketing program. Other achievements are described in my resume.

I have extensive knowledge in multimedia advertising/marketing. I have promoted company’s product via intemet marketing. Strong leadership and organizational skills are my advantages. I am capable for creating product marketing and multimedia to promote product and services. I am proficient with Microsoft Office package and graphic tools I am able to adapt with new environment quickly.

I attached my resume for my detailed experiences. I am happy if I get opportunity to meet you for interview session. Please contact me at (623) 623-7263 for further information. Thank you for your consideration.

Sincerely,

Jane Claudia


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris
sumber: wikihow.com

To:
Julius A. Lecciones MD, MHSA, MPH
Executive Director
Philippine Children’s Medical Center
Quezon Avenue, Quezon City

Dear Mr. Lecciones,

Good day to you!

I am Ranielle Joy P. Cas, a graduate of Arellano University, class of 2011. I have read at your website that you are currently seeking for applicants for the RN HEALS program. I recently took and passed the June 30 and July 1, 2012 Philippine Nurse Licensure Examination.

The purpose of writing this letter is to express my interest in the RN HEALS program where I strongly feel that my skills and qualifications would be of good use. I am committed to providing safe and quality nursing service and client advocacy, I seek out learning opportunities and I work well in groups. I am open-minded and respectful of others’ opinions, while asserting my own point of view. I have received feedback from my clinical instructors such as, organized, caring and respectful, which provides further insight into why I am a good candidate for a staff nurse. It would be an honor for me to work with your organization.

I have attached my Resume along with this letter to furnish you with more details about me.

I am Looking forward to hearing from you at the earliest, Thank you.

 

Respectfully yours,

 

Ranielle Joy P. Cas, RN


Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
sumber: thistlehill.co

Block 5-326 Raffles Hall
19 Kent Ridge Crescent
119278 Singapore
(+65) 84085303
jensern@gmail.com

16 February 2011

Human Resources Manager
Solar Energy Research Institute of Singapore (SERIS)
National University of Singapore (NUS)
Block E3A, #06-01 7
Engineering Drive 1 Singapore 117574

Dear Sir/Madam:

I would like to apply for the research internship project titled “Characterization of laser-doped cystalline silicon wafers using conventional and laser chemical processing”.

As an undergraduate pursuing the Engineering Science Programme in the National University of Singapore, I believe that my coursework provides a solid foundation in physical sciences and engineering that is tailored for Research and Development of new engineering solutions, hence making me an ideal candidate for this project.

Furthermore, my specialisation in Energy Systems has guided me to study relevant course modules such as “Photovoltaic Systems and Devices”,”Optoelectronics”, “Applied Solid State Physics” and “Quantum Mechanics“.

In addition, I have also worked at Renewable Energy Corporation(REC) for three months in their “Modules” factory located at Tuas. My work at REC involved calibration of the Solar Simulators, analysis of daily production data, and the completion of an automation system to process the large volumes production data to provide trends and relevant statistic as part of the company’s statistical process control implementation.

I am very self-motivated and focused, and do not hesitate to expend mental and physical energy in order to obtain an answer or a solution to a problem. Being an avid fan of the performing arts, I often indulge in the choral experience through my participation in The NUSChoir, kinaesthetic discovery through the Raffles Hall dance group and artistic exploration through the Adobe Photoshop CS4 software.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Surat Lamaran Kerja yang BaikSumber: jempolkaki.com

Berikut merupakan urutan paling tepat dalam penulisan surat lamaran kerja yang baik:

  1. Tempat dan tanggal penulisan.
  2. Perusahaan yang akan dituju.
  3. Memberi salam hormat.
  4. Kata pengantar.
  5. Biodata pribadi.
  6. Pengalaman dalam bekerja dan skill.
  7. Keinginan atau harapan.
  8. Terakhir yaitu penutup.

Setelah kamu mengetahui format dalam penulisan surat lamaran kerja yang benar, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja agar mudah diterima? Berikut tipsnya:

  1. Kamu harus menggunakan bahasa yang baik, sopan-santun, dan benar dalam penulisan sesuai dengan kaidah EYD.
  2. Format tulisan harus rapi dan tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele, ngelantur, serta tidak menggunakan penjelasan panjang lebar sehingga tidak diketahui apa isi/inti dari penulisan surat tersebut.
  3. Alangkah baiknya jika surat lamaran kerja ditulis secara manual (dengan baik dan enak dipandang), penulisan manual ini ditujukan agar menaikkan nilai jual kita di mata perusahaan.
  4. Lengkapi data-data yang sekiranya diperlukan perusahaan.
  5. Lampirkan surat-surat pendukung, misal sertifikat pengalaman kerja, keahlian dalam bidang tertentu dll.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 

cara membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 
sumber: medium.com

Soal melamar pekerjaan itu merupakan suatu hal yang boleh dikatakan cukup misterius, kenapa? Terkadang orang sudah berusaha melamar kerja muter-muter,  kesana kemari, mendaftar disetiap ada lowongan, namun hasilnya tetap zonk alias tidak diterima. Namun, ada yang baru pertama kali mengikuti tes langsung diterima.

Mungkin dalam hal ini banyak yang bilang ini hoki, ini rezekinya si dia, dan lain-lain. Tanpa ada rasa bertanya-tanya kenapa aku gagal? Kenapa si dia langsung diterima?

Seharusnya ketika mendaftar di lowongan pekerjaan yang pertama tidak diterima, sebelum mendaftar lagi ke lowongan pekerjaan berikutnya, sebaiknya mengevaluasi diri sendiri terlebih dahulu.

Dalam diri harus ditimbulkan pertanyaan kenapa gagal? Dengan  begitu kita pasti akan berusaha mencari tahu kenapa tesnya gagal? pada bagian tes apa yang gagal? solusinya bagaimana?

Karena kesalahan kecil sekalipun bisa menyebabkan tidak diterimanya lamaran kerja seseorang tersebut. Para HRD atau bagian divisi yang mengadakan tes seleksi kerja itu bukan orang-orang sembarangan, mereka orang-orang pilihan yang paham dan tahu ilmunya dalam menyeleksi calon pekerja.

Seperti tulisan pada surat lamaran pekerjaan yang dibuat oleh calon pekerja pun sudah termasuk kategori penilaian. Dan jika tulisan surat lamaran kerjanya tidak sesuai penilaian, tentu tidak akan lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Oleh karena itu, penting untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, di mana EYD dalam penulisan harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja dengan penulisan yang baik dan benar menurut EYD.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD

Contoh Lamaran Kerja Sesuai EYD
sumber: hijapedia.com

Hal: Lamaran Pekerjaan

Pemalang, 20 September 2017

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Sejahtera Mandiri Indonesia
Di Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Nova Putri Rahmini
Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 12 Maret 1994
Alamat                        : Ngadirejo, RT 01 RW 02 Kawedanan, Magetan

Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan kepada Ibu/Bapak pimpinan agar kiranya saya bisa diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya melampirkan:

  1. Pas Foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy SKCK

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya kiranya Ibu/Bapak menerima saya menjadi bagian dari perusahaan Anda. Atas segala perhatian dan pertimbangan Ibu/Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Nova Putri Rahmini

Contoh Lamaran kerja Tulis Tangan

Contoh surat Lamaran kerja Tulis Tangan
sumber: pengertianilmu.com

Hal: Lamaran Pekerjaan

Jakarta, 30 Oktober 2000

Hal        : Lamaran Kerja

Kepada : Yth.
Kepala Divisi Personalia
PT. Tepung Loka Boga
Jl. Tanjung Raya No. 21
Jakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Jakarta, PT. Bumi Langit Indonesia sedang membutuhkan calon karyawan baru. Dan akan melakukan tes seleksi kerja pada tanggal 10 November 2000.

Sehubungan dengan itu, perkenankan saya:

Nama : Siswoyo
Tempat & tgl. Lahir : Pekalongan, 28 Agustus 1990
Pendidikan Akhir : SMKN 1 Pekalongan
Alamat : Jl. Cabang Amerika, Blok 1 No. 1 Kec. Pekalongan Kab. Pekalongan
Telepon, HP : 021 – 1234567, HP = 0812 3456 7890
e-mail : abcd@gmail.com
Status Perkawinan : Belum Menikah

Mengajukan lamaran pekerjaan di PT. Tepung Loka Boga. Dengan bekal kondisi badan yang sehat dan bisa berbahasa Inggris dengan baik secara lisan ataupun tulisan.

Pendidikan terakhir saya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan saya mengambil kejuruan pemesinan. Dengan ini saya mampu mengoperasikan mesin perkakas dengan baik dan benar.

Sebagai bahan pertimbangan lamaran kerja ini, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto Copy Ijazah SMK.
  3. Foto Copy Sertifikat Kursus.
  4. Pas Foto 2 Lembar.

Besar harapan saya bisa diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian surat lamaran kerja dari saya, atas pertimbangan dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Siswoyo


Cara Melamar Kerja Lewat Email

Melamar Kerja Lewat Email
Sumber: riesalam.com

Melamar kerja via email sebenarnya hampir sama dengan melamar kerja langsung atau melamar kerja via pos. Sama-sama harus membuat surat lamaran dan berkas-berkas lainnya yang dibutuhkan. Bedanya hanya lebih praktis dan tidak ribet bolak-balik ke tempat pengiriman seperti kantor pos dan jasa pengiriman lainnya.

Berhubung melamar kerja melalui email, secara otomatis berkas-berkas lamaran harus dalam bentuk scan. Adapun surat lamaran kerjannya bisa ditulis langsung di pesan email dan bisa juga dalam bentuk scan seperti berkas lainnya. Apabila ditulis melalui email langsung, hanya ada sedikit perbedaan. Untuk lebih jelasnya lihat contoh sebagai berikut.

Contoh Lamaran Kerja Via Email

Contoh Lamaran Kerja melalui Email
sumber: CV-Library.co.uk

Hal: Lamaran Pekerjaan

To: Bumilangit@PTgroup.com

Subjek: Lamaran Pekerjaan

To : timselarassejiwa@gmail.com
Cc : –
Subject : Lamaran PekerjaanDengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media sosial bahwa PT. Tim Selaras Sejiwa membuka lowongan pekerjaan sebagai operator, dengan itu saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi yang sedang dibutuhkan saat ini, berikut data singkat saya.

Nama                            : Andre Abdullah
Alamat                          : Jalan Cabang Amerika Blok. 1 No. 1 Kec. Pekalongan Kab. Pekalongan
Tempat,tanggal lahir    : Pekalongan, 12 Agustus 1994
Pendidikan Akhir          : SMK Pekalongan

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas-berkas seperti daftar riwayat hidup, ijazah, dan berkas-berkas yang diperlukan untuk melamar kerja lainnya.
Besar harapan saya untuk dipanggil mengikuti tes seleksi calon karyawan baru. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Andre Abdullah


Contoh tersebut adalah contoh lamaran kerja dengan cara ditulis pada pesan email. Namun, apabila dengan format office word siapkan dalam bentuk scan seperti documen-dokumen lainnya yang diperlukan untuk melamar kerja. Jika sudah di scan semua, lampirkan di pesan email yang akan anda kirim ke alamat email perusahaan yang dilamar.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Contoh Resume Lamaran pekerjaansumber: shewrites.com


Hal: Lamaran Pekerjaan

Hal        : Lampiran Kerja
Kepada :
Yth Sekertariat Lembaga Bimbingan Belajar Mandiri
Jalan Pagelaran
Bogor

Dengan Hormat,

Saya sangat berharap adanya kesempatan dapat bekerja di Lembaga Bimbingan Belajar Mandiri, meskipun saya belum mempunyai pengalaman mengenai pengajaran, tetapi saya mempunyai keinginan kuat untuk berkecimpung dalam dunia pengajaran. Saya mempunyai karakter kuat, disiplin, ulet, bertanggungjawab, dan jujur. Ini merupakan midal awal saya sebagai pengajar.

Saya belum menikah dan mempunyai kesehatan yang baik, menyukai tantangan dan bersedia bekerja keras, saat ini saya sedang kuliah di Universitas Indonesia Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Semester 5 dengan IPK saat ini 3,35 mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer Ms Office (Ms Word dan Excel), untuk memberikan bekal pengetahuan yang berharga bagi saya dalam melaksanakan pekerjaan yang diperlukan.

Saya juga sangat berharap Lembaga Bimbingan Belajar Mandiri berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang tersedia. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat saya.

 

Hamdan

Sebagai bahan pertimbangan saya menambahkan lampiran:

  1. Foto copy ijzah terakhir SMA
  2. Foto copy transkip akademik
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto copy sertifikasi Soft Skill dan Leadership
  5. Foto copy KTP
  6. Pas Photo ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Surat Lamaran Kerja Gurusumber :sman1sambungmacan.sch.id

Surat lamaran kerja untuk guru tidak jauh berbeda juga dengan lamaran kerja di perusahaan. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja untuk menjadi tenaga pengajar honorer.


Jakarta, 21 Oktober 2000

Perihal: Permohonan Sebagai Tenaga Kerja Honorer

Kepada Yth.
Kepala SMK Pekalongan
Jln. Cabang Amerika Blok 1 No. 1
Pekalongan

Berdasarkan informasi dari staf bagian tata usaha SMK Pekalongan yaitu Bapak Suwandi, SMK Pekalongan sedang membutuhkan tenaga pengajar mata pelajaran matematika. Dengan itu saya:

Nama                            : Mondo Deportivo
Alamat                          : Jalan Cabang Amerika Blok 1 No. 1 Kec. Pekalongan Kab. Pekalongan
Tempat,tanggal lahir    : Pekalongan, 12 Agustus 1994
Pendidikan Akhir          : Sarjana Pendidikan

Mengajukan lamaran untuk menjadi pengajar di sekolahan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya sangat menyukai mata pelajaran matematika dan memahami proses dalam mengajarkan mata pelajaran matematika.

Saya memiliki pengalaman mengajar di SMK Yogyakarta selama tiga bulan. Selain bekal tersebut, saya juga memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut.

  1. Foto Copy Ijazah Terakhir.
  2. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Sertifikat.
  4. Foto Copy KTP.
  5. Pas Foto 2 Lembar.

Demikian surat lamaran yang saya buat dengan sungguh-sungguh dan penuh harap. Semoga saya bisa mengembangkan pengetahuan di dunia pendidikan dan bisa berkontribusi di Sekolahan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Mondo Deportivo


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Contoh Surat melamar Kerja di PT
sumber: arsitektur-indonesia.com

Tegal, 30 Agustus 1996
Kepada Yth :
HRD PT. INDAH MAKMUR SENTOSA
Jl. Ngapak No. 01 Tegal

Perihal : Lamaran Kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media cetak swasta, koran Terpadu perihal info lowongan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dalam mengisi posisi yang dibutuhkan saat  ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Chandra Cakra Bhuana
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 17 Agustus 1945
Jenis Kelamin               : Laki-laki
Pendidikan                   : S1 Teknik Industri
Alamat                         : Jl. Kawedanan No. 1 RT/RW 03/02
Telepon                        : 0856416410

Untuk melengkapi beberapa data yang mungkin diperlukan sebagai bahan pertimbangan dan penilaian perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di waktu akan datang, saya sengaja melampirkan kelengkapan data diri yang berisi:

  1. Pas Photo
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Foto copy Ijazah Terakhir
  5. Foto copy Sertifikat Kompetensi
  6. Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat, disertai rasa harap dan hormat atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu berikan saya ucapakan terimakasih.

Hormat saya,

 

Chandra Cakra Bhuana


Contoh Surat Lamaran Kerja Doc

Contoh Surat Lamaran Kerja menjadi dokter
sumber: medscape.com

Sebenarnya sama saja dalam penulisan surat lamaran kerja offline dan online, sama-sama memperhatikan kaidah penulisan yang sudah dijelaskan di atas, akan tetapi banyak dari kita kurang memahami apabila penjelasan tidak disertai contoh. Oleh karena itu berikut contoh surat lamaran kerja yang dikirim via email atau Doc.


Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
PT Pesona Indah Alami tbk
Jl. Raya Indkopad Bogor

Dengan hormat,
Sesuai dengan berita yang saya dapatkan dari media setempat bahwa PT Pesona Indah Alami tbk, menginformasikan lowongan pekerjaan, oleh karena itu dengan ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola.
Dengan lapiran seputar tentang diri saya:

Nama                     : Hamdan Kamali
Tempat & tgl lahir : Batang, 6 Januari 1987
Pendidikan Akhir    : SMKN 01 Jakarta Selatan
Alamat                    : Jl. Kartika Sejarhtera no, 01 RT 11 RW 02 Kel Sasak Panjang Kec. Tajur Halang Kab. Bogor
Telepon/Hp            : 082230766277

Saya mempunyai kondisi jasmani dan rohani yang baik, tidak terkena alergi. Latar belakang pendidikan S1 sarjana hukum dengan nilai IPK 3. Saat ini saya tidak bekerja di instansi manapun. Saya senang belajar dan mampu bekerja secara mandiri maupun team dengan baik.

Untuk versi doc-nya Anda bisa lihat di sini.

Berikut sebagai bahan pertimbangan perusahaan yang dapat Bapak/Ibu pertimbangkan:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto copy ijazah sebanyak 1 lembar
  3. Foto copy KTP sebanyak 1 lembar
  4. Pas foto formal berwarna sebanyak 2 lembar

Dengan ini saya berharap Bapak/Ibu yang terhormat bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya mampu menjelaskan secara terperinci tentang apa yang saya tuliskan.

Demikian surat lamaran ini saya tulis, dan akhirnya saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Bogor, 30 Agustus 1996

Hormat saya,

 

Hamdan Kamali


Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV

contoh cv lamaran kerja
sumber: dispatchlive.co.za

Untuk contoh CV Anda bisa scroll ke atasm dan klik contoh CV yang kami cetak tebal. Di sana kami menyediakan contoh CV yang bisa Anda jadikan referensi.

Itulah berbagai contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Kami berusaha menulis lengkap termasuk di dalamnya contoh surat lamaran Bahasa Inggris serta contoh surat lamaran kerja doc. Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak membuat lamaran kerja.

5 pemikiran pada “12+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar sesuai EYD

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: