Pengertian Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme + Contoh

CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME – Simbiosis adalah interaksi yang dilakukan antara dua jenis makhluk hidup di mana terkadang dapat menguntungkan atau merugikan satu atau kedua makhluk hidup yang bersangkutan. Simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis kompetisi, dan simbiosis netralisme.

Macam-macam simbiosis

macam simbiosis
sumber: tes.com

Di kesempatan kali ini, tim redaksi windowsnesia akan membahas satu / satu tentang simbiosis. Sehingga kamu bisa dengan mudah untuk membedakan atau mengklasifikasikan. Jenis interaksi beberapa hewan yang ada di sekitar kita termasuk dari jenis simbiosis yang mana.

Oke langsung saja kita mulai pembahasannya sebagai berikut ini:

Simbiosis Mutualisme

simbiosis Mutualism
sumber: reference.com

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan hubungan tersebut saling menguntungkan antara 1 makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Fenomena ini dapat kita jumpai di sekitar kita.

Contoh Simbiosis Mutualisme

example Symbiosis Mutualism
sumber: m.dagospia.com

Sebagai contohnya, yaitu hubungan antara lebah dengan bunga, di mana lebah yang diuntungkan mendapat nektar/madu sedangkan bunga sendiri diuntungkan dengan adanya proses penyerbukan yang telah dilakukan oleh lebah yang berpindah dari satu bunga yang terdapat tali putri ke bunga yang lain.

Contoh lain dari simbiosis mutualisme adalah kerbau dengan burung jalak. Kerjasama yang baik telah ditunjukkan oleh kedua jenis hewan ini. Kerbau diuntungkan karena jalak yang memakan kutu yang terdapat pada tubuh kerbau. Sedangkan burung jalak sendiri diuntungkan karena telah mendapat makanan kutu yang terdapat di tubuh si kerbau.

Simbiosis Komensalisme

Symbiosis Komensalism
sumber: iraqiparliament.info

Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang salah satu makhluk hidup tersebut mendapat keuntungan dari hasil interaksi tersebut, sedangkan satu yang lainnya tidak dirugikan dan tidak pula diuntungkan dengan adanya interaksi tersebut.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Komensalisme
sumber: natgeocreative.com

Contoh dari simbiosis komensalisme terjadi pada ikan remora dengan ikan hiu.  Ikan remora diuntungkan karena dapat berlindung di balik tubuh ikan hiu, dan dapat dengan leluasa untuk mencari makan, dimana ikan hiu merupakan salah satu predator yang paling menakutkan di lautan lepas.

Ikan Remora

macam macam simbiosis komensalisme
sumber: animalia-life.club

Sedangkan bagi ikan Hiu sendiri, tidak ada keuntungan ataupun kerugian yang diterima.  dengan adanya ikan remova yang berlindung di balik tubuh sang ikan Hiu.

Simbiosis Parasitisme

Parasitisme
sumber: amnh.org

Simbiosis Parasitisme adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh dua jenis makhluk hidup di mana salah satu makhluk hidup[ diuntungkan dengan adanya interaksi tersebut. tetapi satu makhluk hidup sisanya dirugikan dengan interaksi tersebut.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Contoh Simbiosis
sumber: harmonas.com

Ada banyak sekali contoh dari simbiosis parasitisme. Salah satu contoh dari simbiosis parasitisme yaitu interaksi antara pohon jambu air dengan tumbuhan gulma. Tumbuhan gulma hidup dengan menempel dan mengkonsumsi sari makanan yang terdapat di dalam tumbuhan jambu air.

Pohon jambu air sendiri dirugikan karena supplai makanan yang diangkut menuju daun dan buah berkurang karena adanya tumbuhan parasit atau pengganggu seperti gulma tersebut. Di dalam beberapa kejadian, manusia memanfaatkan simbiosis parasitisme ini untuk memenuhi hobi mereka.

Salah satu yang umum dilakukan ialah pada pembudidayaan tanaman anggrek. Tanaman anggrek dapat dikembangbiakkan dengan cara menempelkannya pada pohon-pohon tertentu dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Pembudidayaan bunga anggrek ini menggunakan cara yang sama, di mana tanaman anggrek menyerap sari makanan yang diangkut di bagian batang pohon. Tanaman anggrek dapat tumbuh dengan subur, di mana akar yang dari tumbuhan anggrek ini akan masuk menembus batang dan mengumpulkan sari makanan dari batang pohon inangnya.

Pohon yang ditanami dengan anggrek tidak mampu tumbuh secara maksimal, sehingga akan terjadi gangguan pertumbuhan. Mulai dari pertumbuhan lambat, buah yang sedikit, atau kelainan lainnya karena kurangnya nutrisi yang bisa disalurkan ke seluruh bagian pohon.

Simbiosis Amensalisme

Amensalisme
sumber: sarungpreneur.com

Simbiosis amensalisme adalah sebuah hubungan timbal balik di antara dua mahluk hidup, di mana mana salah satu makhluk hidup menekan atau mengganggu pertumbuhan organisme yang lainnya dengan sifat alelopatinya.

Contoh Simbiosis Amensalisme

Simbiosis adalah
sumber: mengakujenius.com

Contoh simbiosis amensalisme sendiri, kita bisa menemukannya pada interaksi di antara gulma alang-alang dan tanaman yang ditanam oleh petani, atau tanaman produktif. Fenomena Simbiosis Amensalisme juga dapat dijumpai pada jamur Penicillum sp dengan bakteri gram positif.

Ada pula simbiosis Amensalisme yang terjadi pada rumput teki dan tanaman padi.

Simbiosis Kompetisi

lion vs hyena
sumber: youtube.com

Simbiosis kompetisi adalah sebuah interaksi atau hubungan timbal balik yang terjadi antara dua mahluk hidup, di mana kedua jenis makhluk hidup ini saling berkompetisi guna memenuhi kebutuhannya.

Contoh Simbiosis Kompetisi

wolf vs tiger
sumber: animalia-life.club

Contoh dari simbiosis kompetisi dapat kita temukan pada interaksi antara serigala dengan harimau atau singga di ekosistem savana. Serigala yang hidup secara berkelompok berburu mangsa binatang herbivora seperti kambing, rusa, atau kerbau. Begitu halnya dengan harimau, makanan utamanya juga merupakan binatang herbivora.

Dalam beberapa kesempatan, kedua jenis binatang karnivora ini saling berhadapan untuk memperebutkan hasil buruan, dan wilayah teritorial.

Simbiosis kompetisi ini ternyata tak hanya terjadi pada binatang buas, atau binatang karnivora. Binatang-binatang herbivora juga mempunyai simbiosis kompetisi ini. Sebagai contoh, seekor kerbau yang berkompetisi dalam mencari rerumputan sebagai makanannya dengan rusa, sapi, atau jenis herbivora lainnya.

Simbiosis Predasi

predator

Simbiosis Predasi adalah interaksi yang terjadi antara dua jenis makhluk hidup di dalam sebuah ekosistem, di mana makhluk yang satu memangsa makhluk yang lainnya. Di dalam simbiosis predasi ini, ada banyak sekali contoh yang dapat kamu temukan. Dan tidak sulit untuk mencarinya di sekitar kita.

Contoh Simbiosis Predasi

predasi
sumber: pinterest.com

Contoh Simbiosis Predasi salah satunya adalah seekor tikus di sawah yang menjadi mangsa seekor ular, atau bisa juga menjadi mangsa dari burung hantu. Tak hanya tikus, katak-pun demikian, hewan amfibi ini sering kali menjadi mangsa bagi ular sawah.

Contoh lainnya adalah seekor elang yang memangsa burung-burung kecil atau binatang pengerat di permukaan tanah. Sedangkan di laut sendiri, banyak sekali rantai makanan pada binatang yang termasuk ke dalam simbiosis predasi.

Mulai dari filo plankton yang dimangsa oleh zooplankton, Zooplankton kemudian akan di mangsa oleh ikan-ikan kecil. ikan-ikan kecil akan dimangsa oleh ikan yang lebih besar. Ikan besar ini nantinya masih akan di makan lagi oleh makhluk dengan rantai makanan tertinggi.

makhluk laut di rantai makanan tertinggi ini dinobatkan pada ikan-ikan besar dan mamalia laut. Iakn bewsar yang dimaksud di sini adalah seperti ikan hiu, cangkalang, dan jenis ikan besar lainnya. Sedangkan mamalia laut, dapat kita jumpai dari berbagai jenis ikan paus yang tersebar hampir di seluruh samudera di dunia.

Tetapi sebenarnya tidak semua makhluk laut dengan ukuran besar menjadi predator ikan-ikan. Ada beberapa jenis ikan paus yang hanya memakan plankton, contohnya seperti hiu Paus yang merupakan salah satu monster laut pemangsa plankton, dengan gigi yang nyaris tak terlihat.

Demikianlah penjelasan kami tentang simbiosis. Baik simbiosis Mutualisme, simbiosis komensalisme, dan yang terakhir simbiosis parasitisme, beserta beberapa tumbuhan dan binatang di dalamnya seperti tali putri, Hiu Paus, dan Ikan Remova. Semoga dapat bermanfaat dan tetap rajin belajar ya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: