Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Deskriptif, hingga Eksposisi Adalah

Contoh Paragraf Deduktif –  Ada berbagai jenis paragraf yang perlu Anda ketahui. Berbagai macam paragraf akan kita rangkuman pada tulisan kami di bawah ini. Mulai dari contoh paragraf induktif, dan contoh paragraf campuran dan contoh dari paragraf deduktif itu sendiri.

Kamu coba tonton deh video di atas. Pasti kamu bakal lebih paham. Contoh paragraf deduktif & jenis paragraf lainnya.

Paragraf adalah rangkaian dari beberapa kalimat yang saling terjalin dan saling berhubungan, di mana di dalamnya terdapat sebuah gagasan pokok atau topik utama yang sedang dibahas.

1. Paragraf Deduktif

macam-macam paragrafsumber: pixabay.com

Ada berbagai macam jenis paragraf di dalam tata bahasa Indonesia. Di antara berbagai macam paragraf. Ditinjau dari letak gagasan utamanya, paragraf dibagi menjadi 3.

3 Jenis paragraf tersebut yaitu Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, dan Paragraf Campuran.

Contoh Paragraf Deduktif

Ciri ciri Paragraf Deduktif
sumber:sumber: graduate650.gq

Contoh Paragraf deduktif sebenarnya ada cukup banyak. Berikut ini beberapa contoh paragraf deduktif yang bisa kamu jadikan pembelajaran:

Contoh Paragraf Deduktif tentang Lalu Lintas

paragraf deduktif tentang lalu lintas
sumber: blurbpoint.com

Kemacetan di Ibukota semakin parah saja. Seolah kendaraan-kendaraan itu tidak pernah habisnya menyesaki jalanan di sepanjang jalur utama.

Budaya gengsi dan egoisme bersatu menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Banyak orang menggunakan mobil pribadi agar dianggap bahwa ia adalah orang eksklusif atau berbeda dengan pengendara roda dua.

Namun yang paling memprihatinkan adalah kurang pekanya para pengendara mobil pribadi ini dengan lingkungan sekitarnya. Alangkah baiknya apabila mereka rela untuk memberi tumpangan kepada teman atau rekan kerja yang berangkat kerjanya satu arah dengannya.

Penguraian kemacetan tidak bisa dilakukan hanya dari pihak pemerintah saja. peran aktif para pengendara adalah faktor utama dalam menemukan solusi padat sesaknya jalanan di Jakarta.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Deduktif Pendidikan

Pendidikan dari usia dini adalah sebuah hal mutlak yang harus ditekankan kepada anak-anak. Perhatian yang ekstra harus kita curahkan kepada buah hati. Masa kembang di usia balita adalah salah satu kunci dalam mengembangkan bakat si kecil yang aktif dan kreatif.

Mengajarinya berbicara dengan sopan, mengajarinya mengucap terima kasih ketika diberikan sesuatu, dan melatihnya mengucapkan maaf ketika berbuat salah adalah salah satu cara menanam nilai-nilai kebaikan kepada si kecil.

Dengan terbiasanya si kecil mengucapkan kata-kata yang baik, maka secara psikis dia akan berusaha untuk menolak segala sesuatu hal yang dianggap kurang sesuai dengan apa yang usdah ia pelajari sebelumnya.

Hal ini adalah modal awal untuk membuat si buah hati menjadi pribadi positif, dan sekaligus memberinya benteng dari berbagai hal negatif yang dijadikan sebuah tren oleh pihak-pihak yang kurang bertanggungjawab.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Lingkungan

contoh paragraf deduktif lingkungan
sumber: pernikdunia.com

Menjaga lingkungan hidup adalah investasi yang sangat mahal. Berbagai macam hal mulai dari cuaca, pergantian musim, hingga  bencana alam ternyata dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Gambarang secara gamblangnya bisa kita lihat di penjelasan pemanasan global yang sering kita pelajari. Pemanasan global yang mengakibatkan es di kutub selatan mencair tidak terkepas dari tindakan manusia.

Banyaknya pencemaran udara dari berbagai kendaraan dan pabrik ikut mempercepat terjadinya pemanasan global. Suhu di bumi semakin panas dari waktu ke waktu, sehingga mengakibatkan ketika stabilan cuaca dan musim hampir di seluruh muka bumi.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Teknologi

contoh paragraf deduktif teknologi
sumber: waktuku.com

Fungsi Smartphone mempunyai peran yang sangat vital di dalam kehidupan manusia modern seperti sekarang ini. Dengan ponsel pintar ini Anda tidak perlu lalu menempuh jarah yang jauh, dan memakan waktu berjam-jam untuk bisa bercakap-cakap dengan orang-orang terkasih

Anda cukup menggunakan fitur call pada ponsel pintar Anda, dan beberapa detik kemudian suara orang yang Anda ingin berbicara dengannya sudah terdengar. Bahkan sekarang komunikasi dengan smartphone semakin maju dengan pesatnya.

Video call atau percakapan jarak jauh yang bisa dilakukan dengan bertatap muka sudah bisa dilakukan siapapun, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jutaan informasi dapat Anda akses dengan berbekalkan smartphone. Karena internet adalah salah satu fitur andalah yang semakin berkembang dari masa ke masa.

Tentunya dengan berbagai fitur fitur tersebut, cukup dengan menggenggam handphone, maka segala urusan manusia akan dipermudah, contohnya ketika manusia sedang tersesat di suatu tempat, cukup dengan membuka handphone maka dia akan menemukan jalan keluarnya.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Kesehatan

contoh paragraf deduktif kesehatan
sumber: studying-in-us.org

Narkoba adalah alat penghancur bangsa. Dengan narkoba ini banyak anak yang putus sekolah. Para korban narkoba akan kehilangan gairahnya dalam menuntut ilmu. Otak seorang pecandu narkoba sudah tidak mempunyai semangat dalam meraih masa depan.

Baginya, kesenangan utama adalah mengkonsumsi narkoba. Apabila mereka sudah menjumpai barang terlanrang itu, maka Dia telah menemukan apa yang mereka cari selama ini. Harapan masa kecilnya sirna karena otaknya telah dirusak dengan obat-obatan terlarang ini.

 

Contoh Paragraf Deduktif tentang Sosial Budaya

contoh paragraf deduktif sosial budaya
sumber: blogspot.com

Kebudaan Indonesia sangatlah kaya. Ada 34 Provinsi di Indonesia, dan mereka semua mempunyai pakaian adat mereka sendiri. Masing-masing daerah juga mempunyai rumah adat yang unik-unik.

Tak berhenti di situ. Hampir di setiap kota mempunyai makanan khas sendiri. Dan hal itu adalah bukti bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan berbagai macam adat budaya, dan kulinernya.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Sekolah

paragraf deduktif tentang sekolah
sumber: bbc.com

PR adalah media untuk memperkuat ingatan. Guru memberikan PR tentunya bukan tanpa alasan. Banyaknya waktu luang para siswa tentunya akan sangat tepat apabila dijadikan sebagai media untuk bekajar. Dan untuk mengulangi pelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya.

Contoh paragraf Deduktif tentang Kedisiplinan

Kedisiplinan dalah sesuatu yang masih rendah di negeri ini. Banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi akibat kekurang disiplinan ini. Terjadinya penyimpangan hingga terjadinya kecelakaan bahkan banyak yang bermula dari tidak disiplinnya inidividu.

Sebagai vontohnya adalah ketika seseorang yang berada di tempat ketinggian atau pegunungan es. Harusnya ia mengenakan mantel yang tebal dengan masker dan berbagai macam aksesoris lain yang bisa menghangatkan tubuhnya.

Tetapi karena kurangnya kedisiplinan yang ada di dalam hatinya, maka akhirnya hal itu merugikan bagi dirinya sendiri. Ia kedinginan dan kesulitan untuk bergerak. Bahkan bisa juga terjadi hipotermia karena suhu di pegunungan es sangat rendah.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Kebersihan

contoh paragraf deduktif tentang kebersihan
sunlight.co.id

Menjaga kebersihan, mencegah datangnya penyakit. Sebagaimana kita ketahui bahwa menjaga kebersihan adalah salah satu dari rukun iman. Orang yang beruiman suka menjaga kebersihan. Baik badannya, pakaiannya, maupun tempatnya.

Orang yang menjaga kebersihan akan dihindarkan dari penyakit, karena tidak ada kesempatan bagi penyakit untuk berkembangbiak dilingkungannya. Dengan menjaga kebersihan ini lingkungan juga akan terlihat indah.

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif adalah
sumber: hijapedia.com

Paragraf Deduktif adalah sebuah paragraf di mana kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Pada umumnya, Paragraf Deduktif diawali dengan pernyataan yang bersifat umum yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan-penjelasan yang lebih khusus pada kalimat selanjutnya.

Karena Paragraf deduktif ini dikembangkan dari suatu pernyataan yang umum, maka pola kalimatnya pada Paragraf Deduktif mempunyai alur dari umum ke khusus.

Ciri Paragraf Deduktif

contoh paragraf deduktif
sumber: rnib.co.uk

a. Letak kalimat utama berada di awal paragraf
b. Susunan kalimat diawali dari pernyataan secara umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan yang lebih detail di paragraf selanjutnya.

Baca juga:

12+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar sesuai EYD

 

2. Paragraf Induktif

contoh paragraf induktif
sumber: ikon.mn

Paragraf Induktif adalah paragraf ayang kalimat utamanya terletak di bagian akhir Paragraf. Paragraf Induktif ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas.

Kalimat penjelas ini yang membahas mengenai contoh-contoh, fakta, rincian khusus, hingga bukti-bukti yang kemudian akan disimpulkan atau digeneralisasikan ke dalam sebuah kalimat yang terletak pada akhir Paragraf.

Jadi, pola kalimat pada paragraf Induktif ini dikembangkan dari pola khusus ke umum.

Ciri-ciri Paragraf Induktif

Ciri-ciri Kalimat Paragraf Induktif
sumber: pengertianilmu.com

a. Dimulai dengan penjelasan-penjelasan khusus.
b. Dilanjutkan dengan digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus yang telah diterangkan pada kalimat-kalimat sebelumnya.
c. Kesimpulan yang merupakan kalimat utama diletakkan pada akhir Paragraf.

Jenis Paragraf Induktif

Jenis dan Contoh Paragraf Induktif
sumber: Bankrate.com

Paragraf Induktif terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

a. Analogi

paragraf Analogisumber: alriyadh.com

Berikut ini paragraf induktif yang menggunakan topik analogi:

Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang lebih keras karena daya tangkap yang dimiliki oleh otak pada masa ini sudah sangat menurun.

Bahkan motivasi yang dimiliki oleh orang-orang di usia inipun sudah melemah karena banyaknya hal yang dipikirkan. Itulah salah satu alasan mengapa dikatakan belajar di waktu tua bagaikan menulis di atas air.

b. Perbandingan

Perbandingan paragraf
sumber: theodysseyonline.com

Berikut ini paragraf induktif yang menggunakan topik perbandingan:

Andi suka menolong semua orang. Dia ramah kepada siapa saja. Berbeda halnya dengan adiknya Anto yang usil dan suka menjahili orang.

Anto terkenal dengan kenakalannya dibandingkan dengan prestasinya. Itulah salah satu penyebab mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari teman-temanya.

c. Generalisasi

Generalisasisumber: pixabay

Usai ujian anak-anak di koreksi oleh sang guru, ternyata nilai mereka berbeda-beda. Sebanyak 20 siswa berhasil mencapai nilai yang melebihi standar kelulusan.

10 siswa sisanya mendapat nilai tepat sesuai dengan standar kelulusan, dan tak seorangpun yang mendapat nilai dibawah standar. Bisa dikatakan kegiatan belajar mengajar di kelas tersebut cukup berhasil.

d. Sebab-akibat

paragraf induktif sebab akibat
sumber: energyin.gr

Sekarang sudah masuk musim penghujan. Banyak sampah yang menumpuk karena seringnya kita membuang sampah secara sembarangan.

Terlebih lagi dasar sungai-pun semakin dangkal karena tumpukan sampah yang telah mengendap. Oleh karena itu, tidak heran apabila banjir selalu datang di setiap hari.

Baca juga:

20+ Contoh CV yang Baik Benar dan Kreatif agar Lolos Tes Perusahaan

 

3. Paragraf Campuran

jenis Paragraf Campuran
sumber: casinodelille.com

Paragraf Campuran adalah Paragraf yang diawali dengan kalimat utama, kemudian dilanjutkan dengan kalimat-kalimat penjelas yang kemudian diakhiri dengan kesimpulan di bagian akhir paragraf.

Jadi, paragraf campuran memiliki 2 kalimat utama.

Ciri-ciri Paragraf Campuran

Ciri dari Paragraf Campuran
sumber: lbdz.tk
  1. Paragraf campuran memiliki kalimat utama di awal paragraf yang kemudian ditegaskan kembali di akhir paragraf
  2.  Adanya variasi atau pengulangan pada beberapa kata kunci atau keyword di awal dan akhir paragraf.

Contoh Paragraf Campuran

Contoh dari Paragraf Campuransumber: pixabay.com

Di bawah ini akan saya terangkan contoh dari paragraf campuran:

Manusia merupakan makhluk sosial. Setiap pekerjaan di setiap harinya, kita membutuhkan bantuan dari manusia lainnya.

Sebagai contoh, ketika kita hendak makan kita membutuhkan kerja petani yang telah menanam padi yang nantinya masih diproses lagi oleh orang lain untuk menjadi nasi.

Untuk lauk ikan misalnya, kita membutuhkan nelayan yang berlayar di laut dan menangkapnya. Segala aspek di dalam kehidupan kita tidak akan pernah luput dari bantuan orang lain.

Bahkan ketika kita sudah mati-pun kita masih membutuhkan bantuan dari orang lain untuk mengkafani dan menguburkan. Oleh karena itu, kita tidak ditakdirkan untuk hidup sendiri tanpa orang lain.

Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman demi keberlangsungan hidupnya. Binatang bertahan hidup dengan cara mencari rumput, tumbuhan, atau berburu makanan yang bisa mereka jumpai di alam liar.

Begitu juga dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makan dan minum demi pertumbuhan keberlangsungan hidupnya.

Seluruh makhluk hidup akan mati tidak akan mampu bertahan hidup apabila tidak terpenuhi kebutuhan secara biologisnya. Jadi, tumbuhan, binatang hingga manusia memerlukan makanan dan minuman untuk tetap bertahan hidup.

Paragraf juga dibagi berdasarkan jenis kalimat sebagai berikut:

Pembagian Jenis Paragraf Berdasarkan Jenis Kalimat
sumber: Jesserific.com

Setelah kita membahas pembagian paragraf  berdasarkan letak gagasan pokoknya, selanjutnya saya akan membahas secara singkat mengenai kalimat dan paragraf berdasarkan jenis kalimatnya.

Berdasarkan jenis kalimatnya, paragraf ini di bagi menjadi 5, yaitu sebagai berikut:

4. Paragraf Argumentasi

argumentasi
sumber: linkedin.com

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang berisi banyak argumentasi atau pendapat. Biasanya paragraf argumentasi ini akan diselipi dengan bukti untuk lebih menguatkan argumen yang diutarakan.

Biasanya paragraf ini berisi pendapat pribadi secara subyektif sesuai sudut pandang penyampai gagasan.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Ciri dari Paragraf Argumentasi
sumber: newslab.org

Ada beberapa ciri-ciri dari Paragraf Argumentasi, diantaranya sebagai berikut:

  1. bersifat nonfiksi atau ilmiah
  2. Bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar teori dan pernyataan yang disampaikan di dalam paragraf dapat diterima para pembaca
  3. Untuk lebih meyakinkan pembaca, biasanya akan dilampirkan pula bukti seperti gambar, tabel, data dan lainnya
  4. Biasanya ditutup dengan kesimpulan

Paragraf Argumentasi sendiri terbagi menjadi 2 macam pola, yaitu pola sebab-akibat dan sebaliknya, yaitu pola akibat-sebab.

Pola sebab-akibat tersusun dari sebuah peristiwa atau permasalahan yang dianggap sebagai sebab, kemudian mengalir menuju pada kesimpulan yang dianggap sebagai akibat.

Sedangkan pola akibat-sebab mempunyai alur yang berbanding terbalik. Struktur paragrafnya diawali dari pembahasan yang dianggap sebagai akibat yang kemudian dilakukan pembedahan lebih mendalam mengenai sebab-sebabnya.

Baca juga: contoh surat kuasa yang baik dan benar, baik surat kuasa pengambilan BPKB, surat kuasa tanah, arau jenis surat kuasa lainnya.

Contoh Surat Kuasa Dinas & Pengambilan BPKB Lengkap

5. Paragraf Deskripsi

contoh Paragraf Deskriptif
sumber: businessinsider.com

Paragraf deskriptif adalah paragraf yang bertujuan untuk menceritakan suatu hal secara mendetail.

Para pembacanya dapat membayangkannya dengan jelas, di mana si pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau bahkan merasakan apa yang telah disampaikan di dalam paragraf tersebut.

Baca juga: Contoh CV

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

contoh Paragraf Deskriptif
sumber: Futuready.com
  1. Menggambarkan sebuah objek secara detail, baik berupa tempat, sifat, atau benda
  2. Berusaha menerangkan sejelas mungkin kepada para pembaca apa yang dimaksud.

Paragraf deskriptif sendiri dapat dibagi menjadi 3 macam pola, yaitu paragraf deskriptif objektif, paragraf deskriptif subjektif dan paragraf deskripsi spasial. Untuk contoh paragraf deskripsi berikut ini. Belum kami cantumkan, karena keterbatasan waktu.

6. Paragraf Eksposisi

contoh Paragraf Eksposisi
sumber: materi4belajar.blogspot.co.id

Berbeda halnya dengan dua jenis paragraf sebelumnya yang hanya menjelaskan tentang pembahasan tanpa konflik. Paragraf eksposisi justru lebih sering digunakan untuk menjelaskan konflik atau permasalahan-permasalahan.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi tentang penjelasan sebuah masalah, di mana sang penulis berusaha untuk menjelaskan detail dan runtutan masalahnya sehingga pembaca dapat memahami dengan baik akan masalah yang tengah disampaikan oleh penulis.

7. Paragraf Persuasif

contoh Paragraf Persuasif
sumber: Irfansyahputra.com

Paragraf persuasif adalah paragraf yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi dan meyakinkan pembaca agar melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan apa yang dituliskan di dalam paragraf tersebut.

Biiasanya isi paragraf ini dilengkapi dengan bukti untuk meyakinkan pembaca. Biasanya paragraf jenis ini digunakan untuk iklan atau promosi barang maupun suatu objek tertentu.

8. Paragraf Naratif

contoh Paragraf Naratif
sumber: medium.com

Paragraf Naratif adalah paragraf yang disusun sesuai dengan runtutan waktu suatu kejadian atau peristiwa. Hal yang biasanya diceritakan oleh paragraf jenis ini merupakan cerita nyata atau karangan yang mengisahkan kehidupan.

Banyak paragraf naratif yang disusun menjadi cerpen atau cerita lain dengan berbagai macam alur yang menarik.

Nah demikianlah jenis-jenis paragraf dengan penjelasan dan contoh-contohnya. Mulai dari contoh Paragraf Deduktif serta Paragraf Induktif, dan paragraf campuran. Semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi dalam mengerjakan tugas.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: