Contoh Cover Makalah & Proposal + Cara Membuat Makalah dan Proposal

Contoh Cover Makalah – Ketika kuliah, para mahasiswa pasti disibukkan dengan berbagai macam hal. Dosen akan memberikan berbagai macam tugas. Mulai dari tugas membuat makalah, tugas membuat skripsi dan berbagai macam tugas lainnya yang seolah-olah tidak ada hentinya.

Ketika Mengerjakan makalah misalnya, tentu saja kamu disibukkan dengan mencari referensi-referensi dari buku atau internet yang nantinya akan kamu jadikan bahan di dalam pembuatan makalah yang hendak kamu kerjakan.

Tentu saja hal ini akan banyak menghabiskan waktu dan pikiran kamu. Oleh karena itu, kali ini windowsnesia akan memberikan kamu beberapa contoh cover Makalah yang nantinya bisa kamu jadikan referensi, sehingga kamu tidak perlu berfikir keras untuk mendesainnya dari awal.

Kenapa kamu harus memperhatikan pembuatan cover ketika membuat suatu makalah?

Mungkin hal terlihat sepele dan gak penting-penting amat. Tetapi percaya atau tidak, makalah yang mempunayi cover atau sampul yang menarik akan memberikan kesan pertama yang membuat dosen menganggapnya sebagai nilai +.

Dosen akan menganggap kamu sebagai seorang yang serius dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas yang telah ia berikan. Itu artinya kamu akan mendapatkan perhatian lebih oleh sang dosen. Dan tentu saja memuluskan kamu untuk mendapatkan nilai lebih dibandingkan teman yang lain.

Di bawah ini contoh-contoh cover makalah yang baik dan menarik:

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah yang Benar
sumber: google.com

Di bawag ini akan kami berikan contoh dari cover makalah yang benar. Mulai dari cover makalah mahasiswa, cover makalah sma, cover makalah smp, cover makalah kelompok, sampai cover makalah individu. Kamu bisa mengamatinya dengan seksama, dan kemudian bacalah format cover makalah di bawahnya.

1. Contoh Cover Makalah Kelompok

Video di atas adalah langkah-langkah membuat cover makalah yang mudah, namun dengan hasil yang baik. Anda bisa menjadikan referensi apabila Anda hendak membuat cover makalah untuk tugas atau berbagai keperluan unntuk mengerjakan masalah.

Baca juga:

12+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar sesuai EYD

2. Contoh Cover Makalah yang Benar

Contoh Cover Makalah Kelompok
sumber: bagiilmu.net

Gambar di atas bisa dianggap salah satu contoh cover makalah yang benar dengan beberapa unsur yang sudah terpenuhi dan tentunya perlu untuk Anda perhatikan

3. Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah Individu
sumber: kesambettt.blogspot.com

Contoh Cover Makalah individu adalah contoh cover makalah, di mana sang pembuat makalah melakukan pembuatan secara mandiri tanpa perlu bantuan orang lain.

4. Contoh Cover Makalah SMP

Contoh Cover Makalah SMP
sumber: deweezz.com

Sekarang, ada beberapa SMP yang memeberikan tugas kepada anak didiknya untuk membuat sebuahg makalah. Nah, baut adik-adik yang sedang belajar membuat makalah, kamu bisa mencoba jenis cover makalah seperti di atas.

5. Contoh Cover Makalah SMA

Contoh Cover Makalah SMA
sumber: mahir-msoffice.blogspot.com

Untuk membuat makalah di tingkat SMA, kamu harus memenuhi beberapa unsur pembuatannya. Salah satunya dalah pemilihan cover makalah SMA yang sangat berpengaruh pada kesan pertama seseorang melihat cover makalah kamu.

6. Contoh Cover Makalah Mahasiswa

Contoh Cover Makalah Mahasiswa
sumber: slideshare.com

Bagi mahasiswa, membuat makalah adalah sebuah keharusan. Pembuatan makalah yang berkualitas harus dibuat dengan berbagai referensi yang valid. Nah, untuk covernya, kamu bisa mencoba jenis cover makalah mahasiswa seperti di atas.

7. Contoh Cover Makalah Kuliah

Image result for Contoh Cover Makalah Kuliah

Cover makalah ada banyak macamnya, nah, untuk contoh cover makalah kuliah, gambar di atas bisa dijadika contoh bagi Anda yang hendak membuatnya. Tetapi nanti Anda bisa melakukan kreasi sendiri sesuai apa yang nda inginkan.

Jadi pembuatan cover makalah tidak melulu terpaku pada satu jenis atau satu model tertentu. kreativitas yang baik dan sesuai pada tempatnya akan membuat makalah Anda akan semakin menarik.

Cara Membuat Makalah

Membuat Makalah
sumber: writingcenter.uic.edu

Sebelum mulai untuk membuat makalah, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa sih format makalah yang benar itu. Tentu saja hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Kamu tidak bisa membuatnya secara sembarangan, supaya reputasi kamu di mata dosen masih tetap terjaga.

Mari kita kupas poin-poin apa saja sih yang harus diperhatikan sehingga makalah yang dihasilkan nantinya akan menjadi makalah yang menarik dan membuat sang dosen, guru, atau atasan menjadi terkesan.

Dalam menyusun bagian-bagian urutan, dalam penyusunan cover makalah hampir sama semua dalam tata letaknya baik itu makalah skripsi, penelitian, kuliah dan makalah yang lain-lain. Nah, yang harus harus diperhatikan dalam penyusunan cover makalah ada enam, untuk lebih jelasnya bisa lihat di video yang kami cantumkan di atas.

Setelah cover makalah selesai kamu buat, maka tentu saja kamu harus fokus pada isi makalah itu sendiri. Ketika kamu mebuat makalah, maka kamu perlu memperhatikan beberapa aspek, agar makalah kamu menjadi berkualitas dan enak untuk dibaca.

Format Cover Makalah

Format dari Cover Makalah
sumber: Infokampus.news

Ketika hendak mebuat cover makalah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sehingga hasil makalah kamu mudah untuk di baca, dan tampak lebih menarik. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat cover makalah sekaligus membuat makalah:

Judul Makalah

pembuatan Judul Makalah
sumber: neilpatel.com

Ketika hendak membuat cover makalah, maka kamu perlu memperhatikan pemilihan judul yang hendak disematkan pada bagian tengah cover. Penulisan judul harus jelas dan tidak berbelit-belit, agar si pembaca tidak kesulitan mencerna maksud yang tertera di dalam judul.

Pastikan font dari makalah kamu mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga seseorang yang ingin membacanya dapat secara mudah memahami dari judul makalah yang kamu buat. Font yang umum digunakan untuk membuat judul makalah adalah times new roman arial, atau calibri.

jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, dengan peletakan judul yang berada di tengah. Buatlah judul tersebut semenarik mungkin, sehingga siapapun yang melihat judul dari makalah kamu akan penasaran, dan ingin segera melihat isinya.

Tujuan Makalah

Tujuan dari Makalah
sumber: desighku.blogspot.com

Tujuan pembuatan makalah sendiri bisa kamu tempatkan tulisannya tepat setelah judul atau pada bagian sub judul. Di mana penggunaan huruf menggunakan huruf yang lebih kecil dibandingkan dengan huruf judul.

Contohnya apabila kamu menggunakan huruf ukuran font 14 untuk ukuran font pada judul, maka pada penulisan tujuan makalah, kamu bisa menggunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital, di setiap hurufnya.

Logo Makalah

gambar atau Logo Makalah
sumber: pinterest.com

Penempatan gambar atau logo pada sebuah makalah diletakan tepat di posisi tengah cover sampul dari makalah. Di mana ukuran dari panjang dan lebarnya sama. Ukuran dari logo tersebut tidak perlu terlalu besar, tetapi juga jangan terlalu kecil.

Logo adalah salah satu bentuk yang paling mencolok pada bagian cover makalah. Hal ini membuat kita harus benar-benar mempertimbangkan logo yang tepat untuk digunakan sebagai logo dari cover makalah. Pada umumnya, logo yang digunakan adalah logo sekolah, atau logo instansi terkait.

Pembuat Makalah

sumber Makalah
sumber: grafix.blogspot.com

Informasi dari penulis atau penyusun dari makalah perlu dicantumkan. Hal ini lebih pada kepentingan kita pribadi. Karena suatu hal yang bodoh apabila kita membuat sebuah makalah, guna melaksanakan tugas yang diberikan oleh sekolah atau dosen, tetapi kita tidak memperhatikan nama kita sebagai penyusunnya.

Tentu saja hal ini akan menyulitkan sang pengoreksi untuk menilai, atau mengingat nama kamu. Karena dosen atau guru tak hanya mengoreksi makalah hasil susunanmu saja. Ada banyak siswa atau mahasiswa lain yang juga diberikan tugas untuk membuat tugas makalah.

Jadi bisa dibayangkan betapa bingungnya sang pengoreksi apabila makalah yang dibuat tidak tercantum satupun nama dari si penyusun. Bisa jadi dosen atau guru aklan mengabaikannya dan bahkan nama kamu tidak mendapatkan nilai karena tidak didapati adanya nama kamu di dalam sebuah makalah.

Fungsi lain dari penulisan makalah ini adalah untuk menjaga makalah kamu agar tidak di klaim orang lain. Karena belakangan ini sedang marak terjadi plagiarisasi secara besar-besaran dalam berbagai macam hal. Dan tidak menutup kemungkinan pada makalah juga dapat terjadi demikian.

Nama Fakultas dan Jurusan

Nama Fakultas dan Jurusan
sumber: facultycrew.blogspot.com

Penulisan anam fakultas atau sekolah, atau instasi terkait umum digunakan pada cover depan skripsi. Penulisannya di mulai dari nama fakultas atau jurusan yang sedang dijalani pada saat ini. Kamu juga bisa menuliskan nama fakultas ini pada bagian bawah cover makalah.

Bisa kamu sesuaikan dengan jenjang pendidikan kamu. Apabila kamu sedang kuliah, maka tulislah berdasarkan dengan jurusan yang kamu tempuh. Seandainya kamu masih duduk di bangku SMP atau SMA, maka kamu cukup mencantumkan nama sekolah kamu.

Direkomendasikan untuk menggunakan huruf kapital dalam penulisannya, tetapi font yang digunakan tidak sebesar font pada penulisan judul.

Tahun Pembuatan Makalah

Tahun membuat Makalah
sumber: Bundesfinanzministerium.de

Salaha satu hal penting yang juga cukup penting untuk ditampilkan di cover makalah adalah tahun diselesaikannya makalah tersebut. Pencantuman tahun penyelesaian masalah ini berfungsi untuk mempermudah si pengoreksi tau pembaca kapan makalah ini dibuat.

Contoh Cover Proposal

Contoh Cover Proposal
sumber: imangomedia.co.id

Perbedaan antara cover makalah dengan cover proposal terletak pada desain covernya. Di mana desain cover proposal cenderung lebih bebas dibandingkan dengan desain cover makalah.

Pembuatan cover proposal dapat lebih inovatif. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi proposal itu sendiri. Di mana proposal mempunyai fungsi sebagai sebagai alat permintaan dana kepada calon donatur, sehingga pembuatan proposal harus terlihat lebih menarik, baik dari segi cover ataupun dalam segi isi.

Untuk kamu yang biasa ikut dalam organisasi, tentu saja hal ini sudah sangat familiar. Di mana seorang donatur akan memberikan keputusannya untuk berdonasi atau tidak, salah satu faktor penting dari penampilan dan isi proposal itu sendiri.

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh cover makalah dan proposal. sekaligus cara membuat makalah dan proposal. Semoga dapat bermanfaat, dan memberikan inspirasi buat kamu yang sedang berusaha mencari referensi cover makalah atau cover proposal sekaligus isinya.

Satu pemikiran pada “Contoh Cover Makalah & Proposal + Cara Membuat Makalah dan Proposal

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: