Contoh Biografi dan CV Fresh Graduate yang Baik dan Benar

Contoh Biografi – Masa sekolah adalah masa yang berkesan dan mempunyai arti yang sangat mendalam bagi setiap orang. Terlebih buat kamu yang baru saja lulus SLTA baik itu SMA , SMK, atau-pun MA saja momen-momen di sekolah masih sangat teringat dengan jelas. Tetapi kehidupan harus terus berlanjut. Contoh CV Fresh Graduate.

Ada memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Dan tak jarang dari kalian yang lebih memilih untuk melamar kerja ke sebuah perusahaan impian. Tetapi melamar kerja tidak akan semudah itu.

Kamu harus bisa memenuhi beberapa persyaratan yang di berikan oleh perusahaan. Baik persyaratan secara data akademis, maupun persyaratan secara praktis. Kamu harus memastikan bahwa bentuk dan nilai ijazah yang kamu punyai sesuai dengan kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan.

Disamping itu, kamu juga harus membuat surat lamaran kerja dengan beberapa dokumen penunjang lainnya. Sebut saja KTP, SKCK, Biografi, Daftar Riwayat Hidup atau CV, Surat Keterangan dari Kepolisian, Vas Photo, Akta Kelahiran, dan masih banyak lagi tergantung pada perusahaan yang di pilih.

Tentu saja hal ini tidak bisa dianggap dengan sebelah mata. Kamu harus pandai untuk menyusun kata-kata ketika membuat sebuah lamaran pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae ( CV ).

Terlebih apabila kamu adalah fresh graduate atau baru lulus. Maka kamu perlu melatih kemampuan kamu dalam membuat sebuah Contoh CV Fresh Graduate. Dengan menganalisa CV yang kamu buat, seorang HRD akan tahu seberapa baik kamu dalam menawarkan diri untuk bekerja di perusahaannya.

Oleh karena itu, kali ini tim redaksi windowsnesia akan membuat Contoh CV Fresh Graduate yang baik dan benar yang bisa kamu jadikan referensi atau perbandingan sehingga CV yang kamu buat nantinya tidak terlihat amburadul dan membuat ragu HRD penyeleksi.

Nah di bawah mari kita bahas satu per satu dari contoh biografi, hingga contoh cv fresh graduate.

Contoh Biografi

Contoh biografi singkat
sumber: hystorythings.com

Membuat Biografi juga merupakan suatu hal perlu dipelajari sehingga pembaca akan dengan mudah menerjemahkan dan mempunyai gambaran yang jelas mengenai tokoh yang diceritakan di dalam biografi. Di bawah ini contoh biografi.

Contoh Biografi Diri Sendiri

struktur teks biografi
sumber: shewrites.com

Nama Saya Nayla Kuwarao tinggal di Kelurahan Sukamakmur, Kecamatan Kuripare, Maluku Utara. Saya tinggal bersama Ayah, dan 3 orang adik yang masih kecil-kecil. Kami tinggal di gubuk yang sederhana dengan beralaskan tanah.

Tetapi saya sangat menyukai rumah saya, karena di sinilah saya dibesarkan. Dan di tempat ini pulalah saya mendapatkan belaian dari Ibu saya. Ibu saya pergi merantai ke Kuwait demi menafkahi keluarga kami.

Ayah saya hanyalah seorang petani sayur yang mempunyai penghasilan pas-pasan. Padahal sekolah saya sudah mau menginjak ke SLTA. Sedangkan kedua adik saya masih duduk di bangku SD. Adik terakhir saya telah berumur 7 tahun.

Mungkin tahun ini dia akan mulai masuk sekolah SD menyusul kakak-kakanya yang lain. Tetapi itu belum pasti. Sebut saja namanya Sasa. Kami akan mencoba menyekolahkan Sasa. Tetapi itu belum pasti. contoh biografi.

Kami masih menunggu kiriman uang dari Ibu kami yang bekerja di Kuwait agar Sasa bisa masuk sekolah SD. Ayah saya sudah bekerja semaksimal mungkin. Tetapi apa daya, penghasilannya hanya cukup untuk makan kami sehari-hari.

Sedangkan untuk biaya sekolah kami, kami mengandalkan uang kiriman dari Ibu yang bekerja menjadi seorang pahlawan devisa. Kami sangat merindukan Ibu. 4 Tahun sudah kami tidak berjumpa dengan Ibu kami tercinta.

Kami hanya sesekali mengobrol lewat handphone yang kami pinjam dari tetangga. Itupun terkadang belum tentu sabu bulan sekali. Saya berkeinginan untuk langsung bekerja saja membantu Ayah, sehingga Sasa bisa sekolah.

Tetapi Ibu melarang. Ibu ingin saya sekolah hingga SLTA. Ibu tidak ingin anaknya mempunyai nasib yang sama seperti yang beliau alami. Terkadang Saya sedih karena saya hanya mampu belajar dan sesekali membantu Ayah saya memetik sayuran tanpa bisa menghasilkan uang.

Terkadang saya berpikir sedang apa Ibu di Kuwait sana. Pasti Ibu kelelahan setiap hari. Karena pekerjaannya yang padat. Tetapi apa daya inilah takdir Allah. Saya hanya bisa bersyukur mempunyai orangtua seperti Ibu yang rela mengorbankan tenaga, waktu, dan jaraknya demi kami anak-anaknya.

Dan saya juga sangat bersyukur mempunyai seorang ayah yang tidak pernah lelah menafkahi anak-anaknya hingga pegal-pegal badannya.

Pak Buk Nayla janji,a kan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Nayla akan rajin belajar, sehingga ketika Nayla lulus nanti, Nayla bisa langsung bekerja dan membahagiakan kalian.

Contoh Biografi Orang Ketiga

contoh biografi
sumber: thistlehill.co

Namanya adalah Nia Latifa, Lahir di Magelang, 5 September 1996. Nia adalah anak kedua dari 4 bersaudara, buah dari pasangan Eko Prastio dan Zubaedah. Nia adalah panggilan akrabnya.  Ia dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana.

Ayahnya adalah seorang guru honorer di sebuah madarasah Ibtidaiyah. Sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik konveksi yang berjarak tak jauh dari rumahnya. Semenjak kecil, Nia selalu di nasehati oleh sang ayah untuk rajin beribadah, berbuat baik terhadap sesama dan jujur .

Saat Nia berumur 6 tahun, ia memulai pendidikannya di SDIT Ketep, Magelang.  Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannyadi MTs Ketep 1  Magelang di tahun 2009. Setelah dia lulus dari MTs 1 Ketep, di tahun 2012, Nia melanjutkan pendidikannya dengan menuntut ilmu di Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Nia belajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hafidz di Magetan Jawa Timur. Ia berniat menghafalkan Al- Qur’an sembari menuntut ilmu di MA. Goranggareng. Selama ia belajar di MA Goranggareng, Nia bertemu dengan kawan-kawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Di sana ia mempunyai banyak teman yang selalu memotivasinya untuk segera menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya dengan maksimal. Bagi Nia, tiada hari tanpa Al-Qur’an. Ketika di pondok ia selalu menghafalkan Al-Qur’an.

Ketiak ia berangkat ke sekolah, sembari berjalan ia juga menghafalkan Al-Qur’an. Ketika jam istirahat, ia menyempatkan menghafal Al-Qur’an. Hal itu bukan tanpa alasan. Lingkunag Nia ketika itu memang sangat mendukung untuk menghafalkan Al-Que’an secara intensif.

Di sekolah, Nia dan teman-temannya selalu memperbincangkan hafalan Al-Qur’an mereka. Tak jarang mereka saling bertukar setoran hafalan Al-Qur’an di sela-sela waktu istirahatnya. Hal itu terus berulang, dari hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulan berganti tahun. Nia sangat menikmati rutinitas yang disesaki dengan pahala itu.

Tak terasa, 3 tahun hampir berlalu dan hafalan Nia-pun tinggal menyisakan juz 30. 29 Juz telah Nia lahap dengan semangat juang dan pantang menyerah. Hanya dalam waktu 30 hari saja, Nia telah genap menyelesaikan 30 juz hafalan Al-Qur’annya.

Momen itu bertepatan dengan masa kelulusannya di MA Goranggareng. Kebahagiaan dan rasa syukur-pun tampak di raut wajahnya. Harapan orangtua yang menginginkan anak seorang hafidz-pun telah tercapai.

Teks Biografi

contoh Teks Biografi
sumber: slideshare.com

Gambar di atas adalah contoh dari teks biografi. Kamu bisa mencoba tulisan teks biografi sebagaimana gambar di atas. Tek biografi di atas menceritakan tentang W.S. Rendra. Di mana menceritakan mengenai latar belakang dan tempat lahir, dan pendidikannya.

Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV Fresh Graduate tanpa pengalamansumber: lowongankerja20.com

Untuk kamu terutama seorang fresh graduate yang belum pernah mempunyai pengalaman melamar kerja, tentunya perlu mengetahui beberapa hal penting seperti membuat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar, membuat cv yang baik, dan mengururs berbagai macam dokumen yang lain.

Tentunya hal itu memerlukan proses dan referensi yang cocok dan sesuai. Sehingga nantinya pihak HRD perusahaan tidak merasa aneh ketika membaca lamaran pekerjaan atau CV ( daftar riwayat). Contoh CV di bawah ini dapat Kamu jadikan referensi atau contoh pembuatan CV yang baik dan benar.

Pembuatan CV memerlukan pencantuman latar belakang pendidikan, serta informasi lain tentang diri kamu. Di dalam CV inilah berbagai informasi tentang diri kamu digabungkan ke dalam sebuah dokumen yang biasanya kita sebut dengan CV (Curriculum Vitae) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai daftar riwayat hidup.

Pembuatan CV ini harus kamu perhatikan secara serius. HRD pihak perusahaan akan menilai dan memperhitungkan kemungkinan seseorang untuk di terima di perusahaannya dengan membaca surat lamaran dan terutama CV.

Kenapa saya bilang terutama CV? Karena dari CV inilah seorang HRD akan mengukur potensi awal kamu sebelum melanjutkannya ke tahap interview atau wawancara.

Apabila keterangan kamu mengenai data diri ini kamu abaikan dan menulis secara asal-asalan, maka tidak menutup kemungkinan sang HRD akan mengabaikan surat lamaran kamu, dan berpindah untuk membaca CV orang lain yang lebih menarik.

Contoh CV Fresh Graduate ini akan menjadi sebuah modal awal untuk kamu dapat lolos ke tahap selanjutnya. Saya tidak bisa menjamin kamu akan bisa diterima secara pasti di sebuah perusahaan yang kamu inginkan. contoh biografi.

Hanya saja, dengan teknik penulisan CV seperti di bawah ini, maka seharusnya HRD akan menganggap kamu adalah orang yang serius dan potensial sebagai calon pekerja dip perusahaannya.

Contoh CV Menarik Untuk Fresh Graduate

Contoh CV lamaran kerja Fresh Graduate
sumber: rabbut.com
Curriculum Vitae

DATA DIRI
Nama Lengkap                               : Eric Lamela
Tempat, Tanggal Lahir                 : Jakarta, 5 Maret 1997
Jenis Kelamin                                 : Laki laki
Kewarganegaraan                          : Indonesia
Agama                                              : Katolik
Status                                               : Belum Menikah
Alamat                                             : Jln. Setiabudi, No. 5 Jakarta Pusat
No. Telpon                                      :0861 1211 1231
Email                                                : [email protected]

PENDIDIKAN FORMAL
SDN 1 Condet                              : Tahun 2003– 2009
SMPN 70 Jakarta                       : Tahun 2009– 2012
SMAN  55 Jakarta                      : Tahun 2012– 2015
S1 Ekonomi Unnes                     : Tahun 2015– 2019

PENDIDIKAN INFORMAL
Kursus Bahasa Inggris di Grammarious Jakarta    : Tahun 2016
Kursus Komputer di Yayasan Round Computindo: Tahun 2018

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Banda Aceh, 21 Juli 2017. contoh biografi.

Hormat kami

 

Eric Lamela

Contoh CV yang Menarik untuk Fresh Graduate

Contoh CV kerja
sumber: Neil patel.com
Daftar Riwayat Hidup

Biodata Diri
Nama                                : Asep Sunarya
Tempat, Tanggal Lahir : Bali, 6 Desember 1993
Jenis Kelamin                : Laki Laki
Agama                              : Hindu
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                               : Jln. Pontanto No. 21 Buleleng, Bali
Telepon                             : 0832 4566 3454

Latar Belakang Pendidikan

Formal
1998 – 2004  : SDN 3 Buleleng
2004 – 2007  : SMPN 5 Buleleng
2007 – 2010  : SMAN 1 Buleleng
2010 – 2014   : S1 Universita sNegeri Jakarta

Non Formal
2010 – 2011 : Kursus Desain Grafis di Indografindo, Jakarta
2014 – 2015 : Kursus Tata Boga di master Chef Corp.contoh biografi.

Keahlian
– Mampu Mendesain berbagai macam jenis logo 2D ataupun 3D
– Mampu membuat berbagai macam menu restauran terkenal

Bali, 5 Agustus 2017

 

Asep Sunarya

Nah Demikianlah contoh biografi orang pertama, contoh biografi orang ketiga, dan contoh CV Fresh Graduate yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga dapat bermanfaat dan tetap semangat untuk melamar kerja. Silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: