10 Gambar & Video Cara Membuat dan Memainkan Fidget Spinner

Cara Membuat Fidget Spinner – Fidget spinner adalah permainan unik yang ditemukan oleh Catherine Hettinger pada tahun 1996. Ceritanya dimulai ketika ia menderita penyakit otot yang menyebabkannya tidak dapat bermain bersama putrinya.

Kemudian terbersit di dalam pikirannya untuk membuat sebuah mainan, dengan tujuan untuk membantu anak-anak dalam berkonsentrasi terutama bagi penderita ADHD.

Mainan ini berukuran tak lebih dari telapak tangan orang dewasa. Bentuk fidget spinner ini seperti gasing tetapi pipih, dan dapat berputar dengan putaran yang unik dan menarik.

Sebenarnya Catherine Hettinger sudah mempatenkan penemuannya, namun pada tahun 2005 ia tidak dapat memperpanjang hak patennya tersebut karena terkendala di dana yang mencapai sebesar 400 Dolar atau sekitar Rp 5,2 juta apabila di pindah ke kurs rupiah.

Tak disangka-sangka, setelah 10 tahun berselang, Fidget Spinner menjadi permainan yang viral dan menjadi permainan populer di berbagai negara di dunia. Namun sangat di sayangkan, Catherine tidak dapat menikmati hasil penemuannya karena sudah tak lagi memiliki hak paten permainan spinner ini.

Cara Membuat Fidget Spinner

gambar fidget spinner
sumber: pixabay.com

Untuk saat ini, permaian fidget spinner atau dalam bahasa Inggris sering juga disebut dengan fidget spinner toy dapat diperoleh dengan membelinya di market place, toko online, atau situs-situs yang khusus menyediakan permainan fidget spinner ini.

Disamping membelinya, banyak pula orang-orang yang berusaha untuk membuat permainan fidget spinner ini secara mandiri. Ada yang membuat fidget spinner dari logam, kayu, hingga yang paling mutakhir ialah membuat fidget spinner dengan menggunakan teknologi printer 3D.

Bahan dan Alat Fidget Spinner

Nah dibawah ini akan kami jelaskan cara membuat fidget spinner yang mudah dan praktis. Persiapkanlah terlebih dahulu bahan untuk membuat fidget spinner seperti di bawah ini:

1. Karton

karton untuk spinner
sumber: rumahbox.com

Barang pertama yang perlu dipersiapkan dalam membuat sebuah fidget spinner adalah kertas karton atau kertas kardus. Kertas karton sangat mudah didapatkan dengan memanfaatkan kardus bekas mi instan atau jenis produk lainnya di warung-warung terdekat.

2. Bearing atau Laher

bearing Fidget SpinnerSumber : royalbearing

Bahab yang kedua adalah bearing. Bearing inilah yang natinya dapat mempengaruhi kecepatan pada putaran fidget spinner, sehingga putarannya akan menjadi unik.  Untuk materialnya, ada yang terbuat dari metal, hibryd, dan full keramik.

Pada umumnya, bearing yang digunakan adalah bearing dengan ukuran diameter 2,4 cm 1 buah, dengan bearing berukuran diameter 3 cm 2 buah. Ukuran bearing ini biasanya digunakan pada roda skateboard.

3. Lem Korea atau Alteco

lem pelekat untuk membuat fidget spinner
sumber: Indotrading.com

Lem ini mempunyai daya lekat yang sangat tinggi dan ketika kering akan membentuk benda padat dengan soliditas yang cukup kuat, Lem ini merupakan perekat serbaguna atau multifungsi, karena dapat merekatkan berbagai macam benda dengan berbagai macam bahan pembentuknya.

Sebut saja mika, kayu, kertas,  gabus, kaca, plastik, karet, kaleb/kulit, besi, keramik dan masih banyak lainnya.

4. Cat Semprot atau Pewarna Permanen Lainnya

cat warna untuk fidget spinner
sumber: sundaymarketvintage.com

Pilox ini digunakan sebagai pewarna dari fidget spinner. Kamu bisa melilih warna apapun yang nantinya hendak disemprotkan pada fidget spinner.

5. Selotip Kertas

selotip bahan fidget spinner
sumber: aliexpress.com

Baiklah, apabila semua bahan sudah dipersiapkan, mari kita eksekusi korban. Eh, maksudnya eksekusi semua bahan untuk kita sulap menjadi permainan yang sedang viral yaitu fidget spinner.

Nah di bawah ini saya share video tutorial atau cara membuat fidget spinner dengan mudah hingga yang paling rumit.

Yang Perlu Diperhatikan saat membuat Fidget Spinner

Kita perlu memperhatikan beberapa hal agar putaran fidget spinner lebih lama dan lebih kencang. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan fidget spiner:

1. Bobot Pemberat pada Fidget Spinner

sumber: antiketombe.clear.co.id

Disamping kita membutuhkan bearing yang berfungsi sebagai penggeraknya, kita juga harus memperhatikan bobot pemberat yang kita pasang pada ujung-ujung bilah Fidget Spinner. Hal ini juga cukup berperan penting dalam mempengaruhi durasi putaran dan variasi putaran fidget spinner.

Pemberat ini akan mempengaruhi daya sentrifugal dari Fidget Spinner. Semakin berat bobot dari pemberat ini, maka Fidget Spinner akan berputar lebih lama.

Hal inlah yang menyebabkan kenapa fidget spinner menggunakan bahan logam mempunyai putaran yang lebih lama dibandingkan dengan perputaran dari fidget spinner dengan bahan yang bobotnya lebih ringan pada cara membuat spinner fidget.

2. Komponen Fidget Spinner

Komponen pembentuk fidget spinner sangat berpengaruh pada performa putaran fidget spinner itu sendiri. Bahan terbaik untuk membentuk fidget spinner adalah dari logam. Karena massa jenisnya yang lebih berat dibandingkan plastik, sehingga putaran fidget spinner lebih stabil.

Harga Spinner

harga fidget spinner berbagai macam
sumber: pinterest.com

Harga spinner beraneka ragam, mulai dari yang paling sederhana, hingga fidget spinner dengan bentuk dan ukuran yang paling unik. Kisaran harga fidget spinner ini antara Rp 25.000 hingga Rp 300.000.

1. Fidget Spinner Harga 25 Ribuan

sumber: blibli.com

Beginilah kurang lebih penampakan dari fidget spinner harga murah dan terjangkau. Kisaran harganya 25 Ribuan. Bahkan ada beberapa market place yang menjual lebih murah.

Fidget spinner jenis ini berbahan dasar plastik, dengan bobot yang relatif lebih ringan. Karena bobotnya yang ringan, putaran dari fidget spinner jenis inipun cenderung lebih cepat berhenti dan tidak tahan lama.

2. Fidger Spinner Paling Mahal

sumber: youtube.com

Fidget spinner menjadi permainan yang sangat menarik bagi beberapa orang. Orang yang terlanjur kecanduan permainan ini akan terus menerus mencoba jenis fidget spinner yang lain. Beberapa fidget spinner keluaran terbaru-pun bermunculan dengan nuansa yang berbeda.

Beberapa perusahaan pembuat perhiasan bahkan memproduksi fidget spinner berlapis emas, perak, hingga pernak-pernik berlian.

Fidget spinner jenis inilah yang mempunyai harga yang fantastis, dan hanya dapat di beli oleh kalangan orang yang berkantong tebal. Contohnya fidget spinner sebagaimana gambar di atas.

Fidget spinner yang tampak mewah dan elegan tersebut dibanderol dengan harga mencapai $ 100.000 Dolar, atau sekitar 1,3 Milyar Rupiah lebih. Sangat mencengangkan bukan?

Jenis dan Macam Spinner

fidget spinner harganya
sumber: AliExpress.com

Fidget spinner mempunyai banyak sekali varian dengan bentuk dan warna yang beraneka macam. Di bawah ini adalah jenis-jenis dari Fidget Spinner:

1. Axle by Destroyer Brands

sumber: twitter.com

Axle by Destroyer Brands merupakan jenis fidget spinner hasil modifikasi dari EWR Spinner. Bentuk Axle by Destroyer Brands ini tampak lebih sangar. Di mana di setiap sisinya terdapat roda yang berbentuk gerigi yang membuat fidget spinner jenis ini terlihat lebih garang.

2. Rainbow Virtu

sumber: focusfied.com

Fidget spinner jenis ini tampak keren dan menarik. Dengan warnanya yang berwarna-warni, tetapi bentuknya yang simpel. Membuat jenis fidget spinner ini menjadi salah satu yang cocok untuk kamu miliki.

3. VIctorem Metal Hand Spinner

sumber: amazon.com

Jenis fidget spinner selanjutnya yang memiliki bentuk dan desain keren adalah Victorem ini. Desainnya yang simpel tetapi tampak elegan membuat jenis fidget spinner keluaran victorem ini menjadi salah satu yang paling diminati di kelasnya.

4. The Newton Fidget Spinner


Sumber: Thingiverse.com

The Newton Fidget Spinner merupakan salah satu jenis fidget spinner dengan bentuk yang tidak sama dengan fidget spinner pada umumnya. Dengan bentuknya yang tidak simetris, membuat fidget spinner jenis ini mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi.

The Newton spinner ini sangat sulit untuk berhenti berputar sekalipun terkena goncangan yang halus. Jenis fidget spinner ini digadang-gadang sebagai salah satu fidget spinner terbaik saat ini.

5. Sayha Handspinners

sumber: pinterest.com

Jenis fidget spinner ini mempunyai 3 bearing sekaligus. Hal inilah yang sangat berpengaruh pada durasi putaran fidget spinner itu sendiri. Mungkin jenis fidget spinner ini mempunyai ukuran yang lebih kecil.

tetapi jangan salah, Sayha handspinner mampu menyimpan 600 bola bearing yang membuatnya dapat berputar lebih lama sekalipun hanya dengan sedikit dorongan.

6.Fidget Spinner – Falcon – Flyaway Toys

sumber: Focusfied.com

Merupakan jenis fidget spinner yang tampak sangat sederhana namun mempunyai keunikan tersendiri. Fidget spinner ini juga banyak dicari oleh para kolektor fidget spinner karena bentuknya yang simpel tetapi cukup unik ketika dimainkan.

Cara Memainkan Fidget Spinner

cara bermain fidget spinner
sumber: WTOP.com

Nah berikut ini adalah kumpulan video cara memainkan fidget spinner dengan jenisnya yang berbagai macam. Mulai dari fidget spinner yang terbuat dari rantai sepeda, hingga fidget spinner dengan bilah sisi berjuml;ah delapan. Semalat menyaksikan pertunjukan fidget spinner.

1. Fidget Spinner dari Rantai Sepeda

Video di atas menunjukkan fidget spinner dapat di buat menggunakan berbagai macam barang termasuk dari rantai sepeda sekalipun.

2. Fidget Spinner dengan 8 Bilah Sisi

Fidget spinner di atas perlihat sangat elegan dengan 8 bilah sisinya yang tampak mengkilap dan berwarna-warni ketika di putar.

3. Fidget Spinner Menyala

Fidget spinner di atas tampak sangat unik, di mana fidget spinner jenis ini dapat mengeluarkan cahaya dengan berbagai macam warna.

Nah demikianlah beberapa penjelasan mengenai fidget spinner, mulai dari cara membuat fidget spinner, jenis dan macam fidget spinner, hingga cara memainkan fidget spinner. Semoga dapat menambah kamu informasi dan mengembangkan kreativitas dalam memainkannya.

Satu pemikiran pada “10 Gambar & Video Cara Membuat dan Memainkan Fidget Spinner

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: