7 Hal Tak Terlupakan yang Hanya Kamu Jumpai di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia telah tiba. Bulan Ramadhan dan Idul Fitri adalah bulan dan hari spesial yang selalu menyisakan kenangan tiap kali kita menjumpainya. Nah 7 hal tak terlupakan ini akan kamu jumpai di Bulan Ramadhan dan hari Idul Fitri yang penuh berkah:

1. Sholat Tarawih Berjamaah

sholat tarawih berjamaah
sumber: kang-tejo.blogspot.com

Sholat Tarawih merupakan sholat yang dikerjakan setiap malam hari pada bulan Ramadhan. Biasanya sholat Tarawih ini ditandai dengan jumlah jamaahnya yang membludak sampai pelataran masjid karena saking ramainya. Doa sholat tarawih juga biasanya membuat suasana semakin khusuk.

Para jamaah berlomba-lomba mengikuti sholat malam ini walaupun jumlah rokaatnya lebih banyak dibandingkan sholat fardhu pada umumnya. Hal ini karena nilai pahalanya yang sangat besar, ditambah dengan dijanjikannya ampunan dosa-dosa apabila kita mengikutinya hingga Imam selesai.

Di samping pahalanya yang sangat besar, sholat tarawih juga merupakan momen dan ibadah yang tak dapat kita jumpai di bulan-bulan lainnya. Atmosfer yang dirasakan terasa sangat berbeda, di mana biasanya semua orang bersemangat mendatangi masjid hingga membawa anak-anaknya sekalipun.

2. Suara Petasan Bersahutan

pesta petasansumber: VVNG

Nah kalau yang satu ini pastinya kamu paham banget dong ya. Petasan memang sangat populer ketika bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Anak-anak biasanya memainkan petasan untuk memeriahkan bulan Ramadhan.

petasan paling besarsumber: iniromankan.blogspot.com

Terkadang mereka juga suka mengusili teman, atau orang yang sedang lewat dengan petasan yang sudah dinyalakan. Atau mungkin kamu juga pernah melakukan hal yang semacam itu juga ya? Kalau benar, maka selamat! Masa kecil kamu penuh dengan pertempuran. Haha.

Bermain petasan memang mengasyikkan, tetapi ingat jangan usil juga sama teman yang lagi tenang dan tidak tahu apa-apa. Suara petasan bisa membuat orang lain terganggu.

Ingat ya, mereka itu sedang berpuasa. Gak mau dong, kalau pas lagi kamu usilin terus dia nyumpahin kamu dengan kalimat ” Gue sumpahin lu jadi kayak Mimi Peri”. Kan riber urusan.

3. Buka Bersama Keluarga, Teman Sekolah, Teman Lama, atau Mantan

jokowi bukber
sumber: republika.co.id

Momen selanjutnya yang tidak akan pernah kamu jumpai kecuali di bulan Ramadhan adalah Bukber alias buka bersama. Sebuah momen yang sangat menyenangkan tentunya.

Buka bersama keluarga selalu ditunggu-tunggu semua orang di setiap harinya. Yah, kecuali kalau kamu lagi dapet. Hehe.

Untuk kamu yang tinggal jauh merantau atau tinggal di luar kota, momen buka bersama merupakan momen yang sangat di tunggu-tunggu. Biasanya berbuka bersama  semacam ini dilakukan bersama dengan teman-teman lama. Baik teman sekolah, teman kuliah, atau teman semasa kecil.

sumber: resepmasakan.org

Berkumpul dengan teman dari masa lalu memang tidak lagi mudah seperti dahulu. Semua orang sudah mempunyai kesibukannya masing-masing. Jadi, momen seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik.

Buatlah acara buka bersama ini menjadi lebih spesial dengan konsep yang unik, sehingga acara langka ini menjadi acara yang berkesan dan membekas di dalam hati setiap orang yang mendatanginya.

Untuk Buka bersama mantan, saranku sih jangan ya, nanti kamu bisa baper dan gagal move on. Dan untuk bukber bareng pacar juga tidak saya sarankan. Memangnya kamu mau dapat pahala puasa hanya lapar dan haus doang?

4. Suara Takbiran dan Sholat Idul Fitri

sholat idul fitri di hongkong
sumber: ddhongkong.org

Setelah bulan Ramadhan berlalu, dan maghrib tiba, hal yang pertama kali kamu jumpai ketika Lebaran atau Idul Fitri sudah pasti Sholat Idul Fitri. Umat Islam melaksanakan dua kali sholat Id selama setahun. Yaitu sholat Idul Fitri dan Sholat idul Adha.

Untuk kamu yang tinggal di kampung atau daerah, momen sholat Idul Fitri merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu. Di dalam sholat ini kamu akan melihat banyak orang yang sudah lama tidak kamu jumpai.

Untuk kamu yang biasa merantau atau sekolah di luar kota, sholat Idul Fitri menjadi kesempatan untuk kembali bertemu kawan-kawan lama yang ada di kampung. Di sholat Idul Fitri juga kita akan mendengarkan suara yang khas.

Yaitu suara takbiran yang dikumandangkan semenjak masuk maghrib, hingga tiba waktu sholat Idul Fitri di keesokan paginya. Biasanya sih, di sholat Idul Fitri ini para jamaah memakai baju lebaran baru, dan baju koko terbaiknya. Khususnya para kaum lelaki. Pastinya kamu juga kan? udah ngaku aja.

5. Ketupat Lebaran

ketupat di hari lebaran
sumber: istockphoto.com

Selepas melalui fase puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh, kecuali perempuan. Ketupat lebaran adalah makanan yang wajib ada ketika Lebaran tiba.

Dapat dipastikan hampir semua rumah menyediakan ketupat lebaran sebagai pengganti nasi di hari Lebaran. Biasanya ketupat lebaran dihidangkan bersama opor ayam dengan kuahnya yang gurih.

hidangan di hari lebaransumber: kompasiana.com

Jadi semakin tidak sabar kan, ingin cepat-cepat makan ketupat lebaran dengan opor ayamnya yang rasanya haucie cing cing ping.

6. Amplop Lebaran dan Angpao

amplop lebaran dan angpao
sumber: ummi-online.com

Nah untuk yang selanjutnya, bukan bagian kalian wahai orang-orang bangkotan. Hehe. Hal selanjutnya yang hanya dapat dijumpai kala Idul Fitri adalah amplop lebaran atau uang angpao. Biasanya uang angpao dan amplop lebaran diberikan oleh orang-orang yang sudah dewasa kepada anak-anak.

Jadi, di hari Idul Fitri ini anak-anak kecil menang banyak. Sudah makannya enak, bajunya baru, ditambah lagi serangan gelombong amplop lebaran yang merajalela. Oh ya satu lagi, mereka kadang tidak puasa di bulan Ramadhan. Haha.

Nah, untuk orangtuanya, ya mohon bersabar. Tradisinya adalah, orang-orang tua ini akan memberikan uang angpao kepada anak-anak dari saudara dan kerabatnya.

Tetapi tenang saja, apabila posisi kamu sebagai orangtua, anak kamu juga akan mendapat bagian uang angpao atau amplop lebaran dari kerabat-kerabat kamu kok. Ya pintar-pintarnya kamu saja meminta kembali uang angpao di tangan anak kamu. Eh tapi tindakan ini tidak saya sarankan ya. Hehe.

7. Sungkem, Halal Bihalal dan Bermaaf-maafan

halal bihalal dan meminta maaf
sumber: twitter.com

Satu hal yang sangat penting, dan sepatutnya kita lakukan ketika tiba Hari Raya Idul Fitri adalah saling maaf dan memaafkan. Hal ini sangat penting dan sangat berkesan bagi kita umat muslim.

Puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh akan terasa kurang apabila kita tidak menutupnya dengan saling maaf memaafkan ketika telah tiba Lebaran. Biasanya maaf memaafkan ini dimulai di dalam keluarga, sebelum silaturahmi ke tetangga, atau halal bi halal di acara-acara tertentu.

Orang yang lebih muda akan meminta maaf kepada yang lebih tua. Seorang anak akan meminta maaf kepada Ayah dan Ibunya. Tidak jarang momen ini menjadi momen yang mengharu biru karena tak kuasa menahan tangis atas perbuatan dan kesalahan yang diperbuatan di masa lampau.

Hal ini akan semakin terasa, karena posisi seorang anak yang sungkem, menandakan ia meminta maaf dengan sungguh-sungguh.

Tentu saja kita juga harus melakukan hal semacam ini, agar orangtua kita bisa ikhlas menerima permintaan maaf kita atas segala kesalahan yang sudah sangat banyak kita perbuat kepada mereka.

saling bersalaman dan halal bi halalsumber: asikin023.blogspot.com

Seorang adik akan meminta maaf kepada kakaknya, seorang istri akan meminta maaf kepada suaminya, dan seorang cucu akan meminta kepada kakek dan neneknya.

Hal ini benar-benar akan sangat terasa, di mana kita akan diantarkan kepada kemenangan yang sejati. Setelah kita diampuni dosanya dengan Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, kemudian kita menyempurnakan dengan bermaaf-maafan sesama manusia.

Kita berusaha menghapus dosa kepada sesama. Suasana gembira dan ceria tergambar jelas pada wajah-wajah orang yang merayakan hari besar ini.

Banyak yang berkeliling dari rumah kerumah untuk bersilaturahmi dan halal bihalal. Hal ini dilakukan dalam rangka meminta maaf kepada si empunya rumah. Mereka saling bersalam-salaman satu sama lain. Tapi ingat ya, jangan salaman kalau bukan mahromnya. Haram.

Begitu pula dengan saya, apabila ada kesalahan dari tulisan saya yang berjudul “7 Hal Tak Terlupakan yang Hanya Kamu Jumpai di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri” ini, saya meminta maaf kepada para pembaca sekalian. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga ibadahnya diterima di sisnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: