Ada 9 Tipe Pekerja, Kalau Kamu Termasuk yang Mana ?

Di dalam dunia kerja, ada berbagai macam tipe pekerja dan tipe kepribadian yang berbeda pula. Harus ada keselarasan antar semua unsur tersebut untuk mencapai keberhasilan dan produktivitas yang maksimal.
pendiri ideafaktory.com, Steve Faktor mengatakan setidaknya ada 9 tipe pekerja di dalam sebuah perusahaan. Kira–kira kamu tipe yang mana ya. Silahkan kamu analisa sendiri. Tipe yang mana yang sesuai dengan kepribadian kamu?
Langsung saja ini dia:

1. Si Bambi

sumber : thisonesite.com

Si Bambi adalah si kancil, tokoh dalam salah satu film garapan Walt Disney. Tipe seperti ini biasanya merupakan fresh graduate yang penuh semangat dalam belajar, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Tipe ini adalah tipe pekerja yang selalu ceria dan murah senyum.

Biasanya, tipe bambi ini mau melakukan apapun yang diperintahkan oleh seniornya. Tipe pekerja yang satu ini Mereka selalu berusaha menyenangkan semua orang dan sedikit mencari muka agar diakui keberadaannya.

2. Si Setia

http://www.manager.bg

Tipe pekerja yang satu ini merupakan pekerja yang sangat setia dengan pekerjaan ataupun perusahaannya. Mereka sangat mudah dikenali. mereka akan menonjolkan kelebihan dalam bekerjanya, dan menunjukkan kelebihan perusahaan tempat ia bekerja tanpa harus di perintah oleh atasan.

Biasanya mereka akan terpilih menjadi karyawan teladan, karena loyalitas dan dedikasi yang mereka tunjukkan dalam pekerjaan sehari – harinya.

3. Si Alpha

http://www.dailymail.co.uk

Si Alpha merupakan pembentuk para loyalis. Tipe yang satu ini sangat pandai untuk memotivasi. Si Alpha memiliki semangat untuk berkompetisi yang tinggi. Kebanyakan dari mereka biasanya menganggap diri mereka termasuk orang yang penting, dan vital.

Mereka suka berkumpul untuk memberikan inspirasi kepada yang lain. Dan mereka akan menceritakan keberhasilan–keberhasilan yang mereka raih kepada sesamanya.

4. Si Pencari Aman

sumber : quora.com

Si Pencari Aman ini biasanya memiliki kedudukan yang tinggi seperti si Alpha. Hanya saja, si pencari aman tidak sepopuler si Alpha. Tipe yang satu ini biasanya memikirkan dan menerapkan strategi yang aman dalam penerapan pekerjaannya.

Beberapa dari mereka menjadi penjilat kepada atasannya untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Mereka merupakan pekerja yang cerdik dalam memanfaatkan setiap kesempatan. Dia sering disebut sebagai pekerja yang beruntung.

5. Si Natural

sumber :http://prydain.wikia.com

Tipe Natural, adalah tipe pekerja yang mempunyai talenta alami. Mereka akan bersaing dengan si Alpha untuk memperoleh jabatan yang lebih tinggi. Si natural lebih ramah dan rendah hati dibandingkan dengan si Alpha. Mereka merupakan si cerdik yang diakui banyak orang.

Biasanya keberhasilannya tidak ditampakkan oleh dirinya sendiri.  Dia akan mengembalikan keberhasilannya kepada kerja timnya. Tipe ini sangat disenangi oleh  sesama rekan kerja dan juga atasan.

6. Si Pragmatis

sumber : medilife.pt

Si Pragmatis ini adalah tipe yang memerlukan kejelasan. Mereka akan menganalisa apa–apa yang harus mereka kerjakan. Mereka baru akan bekerja secara maksimal dan tekun apabila sudah benar–benar memahami apa yang akan mereka kerjakan dan memahami permasalahan apa saja yang akan mereka hadapi. Ketika ada lamaran kerja mereka akan memeriksa contoh CV yang terbaik dari pelamar kerja.

7. Si Pekerja

sumber : pixabay.com

Kebanyakan dari mereka merupakan pekerja yang tidak begitu menonjol. Tetapi peran mereka tetap penting untuk menjaga stabilitas suatu perusahaan. Mereka mempunyai kemampuan dalam bidang-bidang tertentu. Mereka cenderung fokus untuk menggeluti bagiannya tersebut. Sehingga mereka kurang pandai dalam mengembangkan jaringan.

8. Si Unik

sumber http://mentalfloss.com

Si Unik ini biasanya akan di butuhkan pada situasi–situasi yang genting. Ide–ide mereka berbeda dengan ide kebanyakan orang. Dalam pekerjaannya, dia sering di jauhi rekan kerjanya karena jalan fikirannya yang berbeda. Butuh waktu dan kesabaran yang cukup lama untuk memahami cara bekerja dan cara berfikir mereka.

9. Si Acuh

sumber : http://vnmanpower.com

Tipe yang satu ini adalah tipe pekerja yang hanya mementingkan uang. Mereka tidak begitu mempedulikan apa yang mereka kerjakan, dan untuk siapa ia bekerja. Tipe pekerja seperti ini banyak di jumpai di perusahaan–perusahaan. Namun, keberadaan mereka tetap saja penting bagi keberlangsungan jalannya suatu perusahaan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: