10 Pemandangan dan Fenomena Alam yang Menakjubkan dari Seluruh Dunia

Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan karena rutinitas harian adalah dengan berwisata ke alam, menikmati panorama alami yang masih terjaga kelestariannya.

Tetapi terkadang, karena padatnya jadwal pekerjaan ataupun tugas yang menumpuk. Mengakibatkan kamu kesulitan untuk sekedar pergi ke tempat wisata alam atau sejenisnya.

Oleh karena itu, kami akan mengulas sepuluh panorama pemandangan dan fenomena alam yang ada di seluruh dunia. Spesial untuk kamu.

1. Taman Nasional Yellowstone

sumber : nexttriptourism.com

Mulai dari yang pertama, Taman Nasional Yellowstone  adalah salah satu karya Tuhan yang menakjubkan. Merupakan air terjun yang mengalir dari Green Canyon atau yang terkenal dengan sebutan gletser ‘Old Faithful’. Air terjun tersebut mengalir dan bermuara di ‘Grand Prismatic Spring’ yang merupakan sumber mata air panas terbesar di Amerika Serikat.

Bertemunya aliran gletser yang bersuhu rendah, dengan sumber air panas yang bersuhu tinggi. Hal itu menyebabkan terjadinya perubahan spektrum warna dari warna biru jernih menjadi warna kuning kecoklatan seolah logam yang berkarat.

Perubahan warna ini juga di sebabkan berkembangnya sejenis bakteri yang hidup pada suhu–suhu tertentu dengan ekosistem perpaduan dua jenis air tersebut. Masing–masing bakteri hidup pada suhu–suhu tertentu, yang kemudian mengakibatkan terbentuknya warna-warni indah yang menakjubkan.

 

sumber : mirror.co.uk

2. Aurora Borealis, di Kiruna Swedia

Aurora Borealis atau juga sering disebut juga ‘The Northern Lights’. Merupakan pancaran tirai cahaya warna – warni yang bergerak secara acak. Hal  ini merupakan salah satu fenomena yang sangat menakjubkan dan sangat di tunggu – tunggu oleh para wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Fenomena ini terjadi karena partikel cahaya matahari dengan kecepatan 1,4 juta km/ jam yang menghantam medan magnet bumi di bagian kutub planet. Efek timbulnya tirai cahaya ini akan lebih kuat ketika terjadinya badai pada matahari.

Untuk menikmati Aurora Borealis dengan pemandangan terbaik. Kamu harus menikmatinya antara bulan November dan Maret di Skandinavia Utara, Alaska, Kanada , hingga Skotlandia.

 

sumber : arcus.centerblog.net

3. Plateau de Valensole, Provinsi Alpes de Haute, Perancis

Apabila kamu berkunjung ke Perancis, maka destinasi pertama yang terbersit di pikiran kebanyakan kamu adalah ke Paris, kota mode dengan nuansa yang romantis. Tetapi ada satu lagi destinasi wisata yang tidak kalah romantisnya, yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Perancis.

Plateau de Valensole merupakan sebuah provinsi yang  memerah ungu oleh hamparan bunga lavender yang luas ketika musim panas tiba.

Di tempat ini juga di hasilkan berbagai macam produk seperti madu, minyak, sabun, dan sachet wangi yang berbahan baku dari bunga lavender. Bunga yang berwarna ungu dan harum ini biasanya mekar di bulan Juli.

 

sumber : futura-sciences.com

4. Stokkur Geyser di Islandia

Secara geologis, Islandia merupakan salah satu negara tempat bertemunya dua lempengan besar tektonik. Hal ini mengakibatkan Islandia menjadi salah satu negara yang paling aktif secara geologis di seluruh dunia.

Islandia sangat menarik bagi para wisatawan yang haus petualangan, menyukai tantangan dan kejutan yang tidak terduga. Salah satunya adalah geyser Strokkur ini. Dia akan meletus dalam rentang waktu antara 4 – 8 menit secara mengejutkan.

Letupan geyser dapat mencapai ketinggian hingga 40 meter ke udara. Kata geyser sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Islandia yang berarti menyembur.

 

sumber : victortravelblog.com

5. The Wave Coyote Buttes, Arizona Utah, Amerika Serikat

The Wave Coyote Buttes merupakan salah satu pemandangan yang menjadi dambaan bagi para wisatawan yang terletak di perbatasan Utah-Arizona. Tidak hanya bentuknya yang menakjubkan. Susunan bebatuan The Wave Coyote Buttes juga merupakan sebuah mahakarya Tuhan yang luar biasa indahnya. Di mana terdapat pola yang bergelombang dengan susunan – susunan batu sedimen yang bebeda warna di setiap lapisannya. Hal ini terbentuk dari susunan sedimen bawah laut, dalam rentang waktu yang sangat lama di masa lampau.

 

sumber : bucketlistmap.com

6.Air Terjun Nideck, Alsace, Perancis

Air terjun Nideck  ini terdapat di dalam pedalaman hutan, di bawah reruntuhan kastil kuno yang tidak berpenghuni. Konon katanya, menurut dongeng Brother Grimm, kastil itu di huni oleh keluarga raksasa.

Salah satu hal yang menakjubkan adalah air terjun ini akan membeku menjadi gumpalani es, ketika musim dingin tiba. Sehingga aliran muara sungainya-pun berhenti selama musim dingin berlangsung.

 

sumber : pinterest.com

7. Gunung Berapi Nabiyotum, di Kenya

Nabiyotum, merupakan gunung berapi yang terletak di Kenya utara. Di dalamnya terdapat danau Turkana. Danau Turkana adalah danau alkali terbesar di dunia. Rift Valley merupakan rumah bagi sejumlah kawah serta gugusan gunung berapi yang masih aktif.

Tempat ini adalah daerah terpencil yang sangat sulit untuk di akses dan di eksplorasi. Tetapi setelah kamu mampu menembusnya, kamu tidak akan menyesal. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan geologi yang luar biasa seperti di dunia lain.

Di sana terdapat danau yang menjadi rumah bagi lebih dari 150 spesies burung. Terdapat juga jerapah, zebra serta kerbau.

 

sumber : benedante.blogspot.co.id

8. Taman Nasional, Danau Pitvice Kroasia

Taman Nasional, danau Pitvice merupakan taman warisan Dunia yang telah terdaftar di UNESCO. Di mana terdiri atas danau, gua, dan hutan. Wisatawan dapat menjelajahi wonderland berair ini melalui serangkaian jalan setapak yang terbuat dari kayu. Jalan ini terhubung di sekitar danau yang kaya akan mineral. Jalur untuk pejalan kaki ini biasanya akan ramai oleh pengunjung ketika musim panas telah tiba, di mana kamu akan di suguhi dengan cahaya pelangi yang keluar dari air terjun dan di hiasi oleh kupu-kupu yang beterbangan di sekitar kolam renang Aquamarine.

 

sumber : iceland24blog.com

9. Air Terjun Mýrdalsjökull Glacier, Islandia

Islandia memiliki panorama yang mengesankan dengan air terjunnya yang sangat indah. Aliran gletser mengalir mulai dari lengkungan Goodafoss hingga ke Dettifoss dengan arus yang sangat deras. Di sanalah terdapat air terjun Mýrdalsjökull yang sangat menakjubkan.

Gletser yang mengalir dari gunung berapi yang aktif menyebabkan terbentuknya air terjun-air terjun yang berkumpul menjadi satu dengan arus aliran yang sangat deras.

 

sumber : rebloggy.com

10. Sawah Terasering di Yuanyuang , Yunnan, Cina

Provinsi Yunnan di sebelah barat daya Cina, merupakan salah satu tempat dengan pemandangan yang istimewa. Di tempat ini terdapat hutan hujan tropis dan juga terdapat pula puncak salju. Perpaduan keduanya menjadikan tempat ini menjadi salah satu dataran tersubur di dataran Cina.

Yuanyuang menjadi salah satu jantung pertahanan pangan di kawasan Cina.

Nah, demikianlahlah 10 tempat menakjubkan yang terdapat dari seluruh penjuru dunia. Sangat menakjubkan bukan?

Semoga bisa sedikit mengurangi kepenatan kamu, karena rutinitas sepanjang hari ini yang padat. Dan semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa betapa Tuhan menciptakan itu semua untuk memanjakan mata manusia. Dan agar kita tidak pernah lupa untuk bersyukur atas karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: