Negara-negara Komunis yang tersebar di Dunia hingga Saat Ini

Setelah runtuhnya kekuasaan Uni Soviet, negara yang menerapkan ideologi Komunis semakin berkurang. Tinggal beberapa yang masih mempertahankan ideologi komunis sebagai ideologi resmi negara.
Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa negara yang masih mempertahankan ideologi komunis sebagai ideologi negara mereka.

Apa itu Komunis?

“Teori Komunisme dapat disimpulkan dalam satu kalimat: Menghapus semua harta milik pribadi” Karl Marx

Itulah kata-kata seorang pelopor dan pencetus paham atau ideologi komunis Karl Marx.

Sebelum kita masuk ke negara-negara yang menerapkan ideologi komunis sebagi ideologi negara mereka, pertama-tama kita harus tahu dulu apa itu sebenarnya ideologi komunis.

Komunis adalah suatu paham atau ideologi yang menolak adanya kepemilikan barang secara pribadi dan mengaggap bahwa semua barang yang diproduksi harus menjadi barang milik bersama.

Bisa dikatakan bahwa sistem komunis ini merupakan alat untuk mengambil alih kekuasaan di mana paham ini sangat menentang adanya kepemilikan secara akumulasi pada modal milik individu.

Asal-usul Paham atau Ideologi Komunis

Paham atau Ideologi komunis berasal dari buku Manifest der Kommunistischen hasil karangan Karl Marx dan Friedrich Engels. Buku itu berisi mengenai sebuah manifesto politik yang diterbitkan pertama kali pada tanggal 21 Februari 1848.

Buku ini membahas mengenai teori tentang komunis, yaitu sebuah gerakan pendekatan untuk memperjuangkan pihak-pihak tertindas dengan fokusnya pada ekonomi kesejahteraan.

Komunis ini pernah menjadi salah satu gerakan yang  paling berpengaruh di dunia.

Negara-negara Komunis

Nah, di bawah ini akan kami sebutkan beberapa negara yang masih memegang Ideologi Komunis sebagai ideologi dasar bagi penduduknya:

1. Korea Utara

bendera Korea Utara

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Korea Utara atau dikenal juga dengan Republik Demokratik Rakyat Korea termasuk dalam negara yang menganut paham komunis.

Negara Korea Utara menganut sistem negara dengan hanya satu partai, yaitu partai buruh Korea.

Ideologi pemerintahan negara ini menganut ideologi Juche. Pengertian darig Juche ialah “percaya pada kemampuan diri sendiri” atau dalam bahasa Inggris disebut juga dengan “self-reliance”. Penggagas awal Ideologi ini adalah Kim Il-sung.

Kim Il-sung merupakan seorang politikus dengan ideologi komunis. Dia memimpin Korea Utara sejak tahun 1948 hingga 1972 sebagai seorang perdana menteri. Pada tahun 1972 hingga 1994, jabatannya berganti sebagai seorang presiden.

Posisi paling berpengaruhnya ialah ketika ia menjabat sebagai seorang Sekretaris Jenderal Partai Buruh di Korea Utara. Kim dipuja-puja karena dianggap jasanya yang besar terhadap kesejahteraan warga negara Korea Utara.

Kim Il-sung secara resmi disebut sebagai seorang pemimpin terbesar bahkan menurut Konstitusi Korea Utara, ia didaulat sebagai Presiden Abadi negara Korea Utara. Hari ulang tahunnya dijadikan sebagai salah satu hari libur Nasional di Korea Utara.

Kim Il-sung lahir pada tanggal 15 April 1912 dan meninggal pada tanggal 8 Juli 1994 diumurnya yang mencapai  82 tahun. Sepeninggalannya, kepemimpinan Korea Utara digantikan oleh anaknya sendiri yaitu Kim Jong-un.

1. Republik Rakyat Tiongkok (RRT)

Republik Rakyat Cina Tiongkok

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Republik Rakyat Tingkok berdiri sejak tahun 1940. Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini merupakan sebuah negara yang menganut paham komunis semenjak awal abad ke-20.

Sebagai mana negara Korea Utara, negara ini hanya memiliki partai tunggal yaitu Partai Komunis.Pelopor Komunisme di RRT adalah Mao Zedong. Dia lahir di Hunan pada tanggal 26 Desember 1893 di usianya yang ke 82.

Dia merupakan salah seorang filsuf dan pelopor bedririnya Republik Rakyat Tiongkok. Dia juga berperan sebagai pemimpin Partai Komunis China semenjak berdirinya negara tersebut ketika tahun 1949 hingga kematiannya pada tahun 1976.

Strategi militer, dan kebijakan politiknya secara kolektif dikenal juga dengan Marxisme-Leninisme-Maoisme. Mao Zedong merupakan salah satu tokoh terpenting di dalam sejarah negara Tiongkok.

Sempat memiliki partai yang didirikannya sendiri pada tahun 1921. Mao juga memimpin Tentara Merah Tiongkok dalam menjalani “Mars Panjang” pada tahun 1934 hingga 1935.

Pada tahun 1937  ia ikut melakukan perlawanan terhadap Tentara Dai Nippon yang kala itu sudah menduduki banyak wilayah di Tiongkok.

Pada Perang Dunia kedua, perang saudara tak bisa terelakkan. Perang ini merupakan  perang antara kaum komunis melawan kaum Nasionalis. Mao pemimpin kaum Merah yang akhirnya dapat memenangkan perang pada tahun 1949.

1 Oktober tahun 1949 merupakan tahun di mana diproklamirkannya Republiuk Rakyat TRiongkok untuk pertama kalinya.

3. Vietnam

Vietnam

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Vietnam merupakan negara yang juga menganut ideologi atau paham komunis di kawasan Asia Tenggara. Nama resmi negara ini adalah Republik Sosialis Vietnam.

Di Vietnam, hanya diperbolehkan ada 1 partai. Konstitusi terbaru telah disahkan ketika bulan April 1992 di mana konstitusi baru ini akan menggantikan konstitusi pada tahun 1975.

Di Vietnam, apabila ada organisasi politik yang hendak ikut serta dalam pemilihan umum, maka organisasi politik tersebut harus menggalang dukungan dan melakukan kerja sama dengan Partai Komunis.

Contohnya yaitu Barisan Tanah Air Vietnam (Vietnamese Fatherland Front) dan Partai Serikat Pedagang dan Pekerja  yang meminta dukungan kepada partai Komunis.

4. Laos

negara Laos

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Negara tetangga lainnya yang menerapkan paham komunis di dalam tatanan negaranya adalah Laos. Laos merdeka pada tahun 1949 di bawah kepemimpinan Raja Sisavang Vong kala itu.

Pada tahun 1975, terjadi kudeta dan penentangan trhadap kepemimpinan Raja Sisavang Vong yang mendapat dukungan dari Perancis dan Amerika Serikat.

Sedangkan pihak oposisi komunis yang dipimpin oleh Pathet Lao mendapat sokongan dari Uni Soviet dan kaum komunis Vietnam.

Setelah berhasil melakukan kudeta kepada Raja Sisavang Vong, para kaum komunis mengganti nama negara Laos menjadi Republik Demokratis Rakyat Laos yang bertahan hingga sekarang. Laos kemudian masuk menjadi anggota ASEAN pada tahun 1997.

5. Transnistia

Transnistia

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Transnistia sering disebut juga dengan Transdniestria. Negara ini merupakan negara sempalan dari Moldova.Bagi banyak negara, Transnistia masih dianggap sebagai bagian dari negara Moldova. Di mana dahulu merupakan bagian dari SSR Moldavia.

Namun pada tahun 1990, Transnistia memproklamasikan kemerdekaannya sendiri dan memisahkan diri dari Moldova dengan nama resmi negara  Pridnestrovskaia Moldavskaia Respublika.  Ibukota negara ini bernama Tiraspol.

6. Kuba

Cuba Kuba

sumber: tehdanroti.blogspot.co.id

Nama resmi dari negara Kuba adalah República de Cuba diadopsi dari bahasa spanyol. Merupakan negara berdaulat yang terletak di pulau Kuba, dan Isla de la Juventud danbeberapa pualu-pulau kecil lainnya.

Letak negara Kuba berada di Karibia Utara yaitu di pertemuan antara Samudra Atlantik, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko.

Di awal terbentuknya, Kuba pemerintahan Kuba menguayakan untuk penerapan demokrasi, namun naas, karena munculnya kalangan politik radikal yang menimbulkan berbagai macam perselisihan sosial.

Polemik ini semakin membuncah ketika masa pemerintahan Fulgencio Batista di tahun 1952 yang dianggap diktator dan melakukan penindasan-penindasan.

Terjadi pemberontakan terhadap kepemimpinannya, tepatnya pada bulan Januari 1959 oleh Gerakan 26 Juli. Batista berhasil digulingkan dan kemudian Fidel Castro pemimpin pemberontakan mendirikan pemerintahan baru.

Mulai tahun 1965, negara ini diubah dan diatur dengan partai Komunis Kuba.Sebagaimana negara berideologi Komunis lainnya, Kuba menerapkan sistem satu partai Marxisme–Leninisme. Hal ini memungklinkanPartai Komunis berperan aktif dalam pengaturan Konstitusi.

Para pengamat independen mencurigai adanya pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah Kuba.Tercatat data perlakuan sewenang-wenang dan penyiksaan terhadap penduduk yang menentang sistem pemerintahan yang ada.

Demikianlah 6 negara komunis yang tersebar di penjuru dunia. Semoga dapat memperluas wawasan kita, dan membuat kita semakin tahu akan berbagai macam ideologi di dunia.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: