Bahaya Minum Sambil Berdiri

sumber : google.com

Dulu semasa kita kecil, orang tua kita sering mengingatkan untuk tidak minum sambil berdiri. Entah itu minum air putih di gelas, ataupun minuman dengan kemasan plastik maupun botol. Tanpa kita sadari, kita sering minum dengan posisi berdiri ketika waktu–waktu tertentu.

Bahkan mungkin kita sudah tidak lagi ingat apa yang dulu diajarkan orangtua kita semasa kecil.

Tetapi tahukah kamu, dampak negatif yang ditimbukan ketika kita terlalu sering minum dengan posisi berdiri?

Nah, Kali ini kamu harus berfikir dua kali untuk melakukannya lagi, karena dampak negatif yang dapat ditimbulkan apabila terlalu sering minum dengan posisi berdiri.

 

sumber: klinikfisioterapisatria.blogspot.co.id

1. Saraf tubuh menjadi tegang

Ketika kita minum dengan posisi berdiri, sistem saraf parasimpatik akan bekerja agar posisi tubuh tetap seimbang. Ini mengakibatkan saraf tubuh cenderung menjadi lebih tegang.

Berbeda halnya ketika kita minum dengan posisi duduk. Saraf para simpatik yang bekerja, sehingga posisi tubuh akan lebih tenang dan rileks.

 

Sumber : bintang.com

2.Menaikkan asam lambung

Ketika kamu minum sambil berdiri, tekanan air akan meluncur deras langsung ke arah lambung, sehingga aliran air akan menghantam saluran (sphincter) yang menuju lambung. Hal ini menyebabkan naiknya asam lambung atau disebut juga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Aliran air yang terlalu deras juga dapat mengikis lapisan dalam lambung, akibatnya kinerja lambung akan terganggu dan lambung akan rusak secara perlahan.

Sumber: google.com

3. Merusak Ginjal

Tidak hanya lambung saja yang terganggu kinerjanya ketika kita minum dengan posisi berdiri. Bahkan ginjal kamu dapat rusak, karena kerja ginjal tidak bekerja secara optimal .

Akibatnya kotoran akan menumpuk pada ginjal dan kandung kemih. Dalam beberapa kasus, dapat mengakibatkan infeksi dan batu ginjal.

sumber : thehealthycow.blogspot.co.id

4. Berisiko Terkena Arthritis

Di lihat dari namanya saja sudah ngeri ya. Nah, arthritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, bengkak, kaku, yang mengakibatkan di bagian  tubuh tertentu menjadi sulit untuk digerakkan.

Wah, mirip–mirip stroke gitu deh. Jangan terkejut ya, karena menurut penelitian, ketika kamu minum dengan posisi berdiri keseimbangan cairan di dalam tubuh akan berubah dan terganggu. Kemudian terjadilah penumpukan cairan pada persendian tubuh, yang dapat memicu arthritis.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: