Macam-macam Nama dan Versi pada OS Android

sumber: grepquery.com

Siapa yang tidak kenal, dengan Android, Operation System yang tertanam di kebanyakan smartphone di dunia. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai macam-macam nama dan versi pada os android dari waktu ke waktu.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 5 November 2007, Android terus melakukan perbaikan dan inovasi yang tiada henti.Sebagai bentuk dedikasi kepada para penggunanya, Android terus melakukan upgrade versi di setiap tahunnya.

Tentunya bukan hanya karena alasan itu saja, Android berusaha untuk tetap menjaga dominasi mereka di pasar OS dari kompetitornya seperti IOS, Cyanogen, Windows, ataupun Developer OS yang lainnya.

Nah di bawah ini akan saya jelaskan macam-macam nama dan versi pada OS Android yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Android versi 1.0 (Astro)

Android versi pertama ini mulai dirilis pada 23 September 2008. Awalnya Android versi pertama ini akan diberi nama dengan “Astro” tetapi karena alasan trademark dan hak cipta, mengakibatkan nama”Astro” urung untuk disematkan pada versi OS pertama Android ini.

Ponsel pintar yang di dapuk untuk pertama kali mencicipi OS Android ini adalah HTC Dream.

sumber: retromobe.com

HTC Dream Ponsel Android Pertama

Di OS versi pertamanya ini, Android sudah menyisipkan aplikasi Android Market, Di mana pengguna dapat mengunduh berbagai macam aplikasi yang berbasis Android.

Disemakan juga fitur sinkronisasi, Calender, Google Contact, Maps, Talk dan yang lainnya.

Android versi 1.1 (Bender)

 

sumber: ithome.com

Android versi 1.1 ini merupakan Android yang sudah mulai diberikan beberapa perbaikan, seperti perbaikan pada sistem antar muka bagi pengguna (user interface).

Tetapi sialnya, Android versi kedua ini juga dianggap melanggar trademark, dan hak cipta, sehingga kata “Bender” gagal disematkan pada android versi yang kedua ini.

OS Android 1.1 ini hanya dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Pada versi yang satu ini juga mulai dilakukan perbaikan bugs, penggantian API dan penambahan beberapa fitur baru.

Android versi 1.5 (Cupcake)

sumber: latercera.com

Peningkatan versi Android selanjutnya dilakukan pada bulan mei 2009. Dari versi inilah mulai digunakan penamaan versi dengan menggunakan  nama-nama makanan pencuci mulut atau dessert.

Nama yang digunakan adalah Cupcake. Sesuai dengan abjadnya, karena android 1,5 ini merupakan android versi ke-3, maka android ini diberi nama dengan awalan C (Cupcake).

Cukup banyak peningkatan-peningkatan yang diberikan pada android versi ke-3 ini. Seperti fasilitas pengunggahan foto ke Picasa pengunggahan video ke Youtube, tampilan keyboard dilayar aplikasi, headset nirkabel bluetooth, hingga tampilan gambar bergerak yang tampak lebih atraktif.

Di android yang satu ini juga mulai disematkan “widget” yang dapat diatur ukurannya.

Android versi 1.6 (Doughnut)

sumber: incolors.club

Android Doughnut (versi 1.6) diluncurkan pada bulan September 2009. Yaitu dalam kurun waktu tak lebih dari 4 bulan sejak diluncurkannya Android Cupcake.

Pada android Doughnut ini, tampak fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Versi ke-4 ini juga sudah mulai mendukungi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs.

Layarnya sudah mulai support resolusi WVGA, pengguna sudah dapat menandai dan menentukan file yang akan dihapus, disalin, atau dipindahkan.

Zoom-in dan zoom-out dengan menggunakan gesture sentuhan jari sudah mulai ada.

Android versi 2.0/2.1 (Enclair)

sumber: keystonebsa.org

Tampaknya Google tidak main-main dengan OS garapannya ini. Android kembali merilis Operating System 4 kali hanya di tahun 2009 saja. Di beri nama Android Enclair.

Android versi 2.0/2.1 ini hanya berjarak 3 bulan saja dari peluncuran Android versi sebelumnya. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan pengembang mulai melirik proyek Android sebagai platform utama untuk handset-handset  terbaru mereka.

Dari sinilah dimulai perkembangan pesat penggunaan platform Android. Di versi ini terjadi peningkatan hardware, perubahan UI, browser baru yang mendukung HTML5, daftar kontak yang baru, Bluetooth 2.1, peningkatan Google Maps menjadi versi 3.1.2,  penambahan  flash untuk kamera 3,2 MP, dan digital Zoom.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Android Froyo ini dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Berjarak 5 bulan dari Android versi sebelumnya. Android versi 2.2 ini pertama kali ditanamkan pada perangkat Google Nexus One.

Di versi froyo ini terjadi beberapa pembenahan pada aplikasi dan tampilan.

Pada versi ini juga mulai disediakan slot micro SD yang dapat mendukung kapasitas penyimpanan yang besar. Update pada Adobe Flash Player 10.1.

Performa antarmuka pada versi ini juga sudah mulai ditingkatan. Beberapa update dari versi Froyo yaitu Android v2.2.1 dan v2.2.3.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

sumber: hdimagelib.com

Android gingerbread rilis setelah 7 bulan rilisnya Android Froyo, yaitu pada 6 Desember 2010. Android versi 2.3 ini mempunyai tampilan yang lebih atraktif.

Pada kamera sudah mendukung fitur dual camera yang dapat digunakan untuk layanan video call. Mulai dirilis pula beberapa perangkat smartphone gaming yang menggunakan OS versi gingerbread ini.

Mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Dukungan resolusi layar WXGA hingga resolusi diatasnya. Versi gingerbread ini menyediakan update v.2.3.3 hingga v.2.3.7.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

sumber: Linchakin.com

Android versi Honeycomb ini awal kali dirilis pada bulan Mei 2011. Android versi ini pertama disematkan pada perangkat Motorola Xoom.

Android versi 3.0/3.1 ini sengaja didesain khusus untuk pengoptimalan penggunaan tablet yang berbasis Android. Pengaturan pada Halaman Pengguna atau User Interface-pun berbeda dibandingkan dengan pengaturan untuk smarphone pada umumnya.

Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

sumber: techtimes.com

Pada bulan Oktober 2011, Android ICS resmi dirilis. Selisih 5 bulan dari versi pendahulunya Honeycomb. Gebrakan baru dimulai.

Pada versi 4.0 ini terjadi pembaruan-pembaruan yang cukup signifikan. Seperti pemaksimalan fitur pada fotografi, peningkatan grafis dan resolusi gambar, kualitas video, tampilan UI yang lebih modern, sistem kunci pengenal wajah dan masih banyak lagi fitur tambahan yang lainnya.

Android versi 4.1 (Jelly Bean)

sumber: androidcentral.com

Android Jelly Bean adalah versi Android yang dirilis di tahun 2012. Merupakan peningkatan dari versi ICS yang masih dijumpai aplikasi berhenti secara mendadak.

Google Nexus 7 merupakan perangkat pertama yang disemati Android versi 4.1 ini. Peningkatan yang dilakukan pada OS Android Jelly Bean ini diantaranya peningkatan  pada kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat dan lebih responsive.

Versi ini juga menyediakan update pada Jelly Bean v4.1, v4.2, dan v4.3.

Android versi 4.4 (KitKat)

sumber: anaksantai.com

Android kitkat diluncurkan pada bulan September 2013. Fitur terbaru yang ditanamkan pada android versi ini adalah hadirnya perintah suara (voice command).

Di mana pengguna cukup mengucapkan kata ‘Ok Google‘ atau ‘Ok Google now‘ maka pengguna dapat langsung melakukan petunjuk arah di Google Maps, panggilan telepon, pencarian di Google Search, dan aplikasi lainnya lewat perintah suara tanpa melakukan setuhan pada layar smartphone.

Dengan fitur ini, anda dapat melakukan banyak pengoperasian tanpa harus menyentuh layar pada perangkat Android kamu.

Fitur Caller ID yang dapat mendeteksi nomor telepon tak dikenal yang melakukan panggilan ke smartphone kamu. Maksudnya adalah bahwa Caller ID akan mendeteksi dari mana nomor itu berasal.

Google Hangouts terbaru yaitu aplikasi yang mampu mengumpulkan semua notifikasi perpesanan pada satu aplikasi saja. Semua pesan yang ada di aplikasi yang berbeda dapat dikumpulkan pada google hangout.
Dengan Android 4.4 ini, kamu dapat langsung  mencetak foto, dokumen, ataupun halaman web langsung dari perangkat android kamu ke printer yang kompatibel dengan perangkat android.

Android Lollipop 5.0

sumber: slashgear.com

Pertama diperkenalkan 25 Juni 2014, versi Android ini hanya bernama Android L. Di Android Lollipop ini, terjadi berbagai macam perubahan yang cukup banyak dibanding dengan versi sebelumnya.

Diantaranya yaitu, User Interface yang terlihat berbeda dari versi sebelumnya, Fitur ART Runtime yang dianggap mampu meningkatkan performa handset, mendukung prosesor 64 bit sehingga kapasitas RAM dapat ditingkatkan hingga 4 GB.

Peningkatanlainnya yaitu peningkatan pada sistem keamanan dengan enkripsi. Hal ini memungkinkan perangkat mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari ancaman berbagai malware berbahaya.

Penambahan 15 bahasa baru, yaitu Bahasa Bengali, China (Hong Kong), Islandia, Kannada, Kyrgyz, Nepal, Macedonia, Malayalam, Burma, Marathi, Sinhala, Basque, Tamil Telugu, dan Galicia, Seingga pilihan bahasa bahasa yang disediakan oleh OS Android Lollipop mencapai 68 Bahasa.

Android Marshmallow 6.0

sumber: androidcentral.com

Android Marshmallow dirilis pada bulan Mei 2015. Di Android versi ini, terdapat beberapa perbaikan yang cukup banyak, seperti fitur perintah suara yang lebih maksimal dengan application program interface (API)-nya menjadikan fitur yang satu ini lebih akurat dan maksimal.

Penghematan pada baterai hingga dua kali lipat. Hal itu terjadi karena disematkannya fitur Doze di mana fitur ini bekerja ketika kamu sedang tidak menggunakan smartphone.

Fitur ini bekerja untuk mematikan aplikasi yang tidak perlu, sehingga konsumsi baterai jauh lebih hemat. Ada pula dukungan sistem charging menggunakan USB-C, di mana proses charging  akan lebih cepat 3 hingga 5 kali lipat di banding dengan charger biasa.

Lebih ramah memori, di mana Google telah memberikan sejumlah pembaruan dengan Memory Manager yang tentunya bisa membuat perangkat kamu mempunyai performa yang lebih kencang tanpa perlu memakan RAM yang terlalu besar.

Penggunaan desain scroll vertikal mulai diperkenalkan.

Perbaikan pada Permission, dimana pertanyaan permission ini hanya ditampakkan ketika kita hendak menggunakan suatu fitur, sehingga tidak perlu memberikan permission satu per satu.

Dan yang terakhir adalah pengaturan volume yang lebih sederhana dari mulai nada dering, alarm, memutar musik, dan panggilan suara.

Demikianlah macam-macam nama dan versi OS Android dengan peningkatan yang cukup pesat dari waktu ke waktu. Semoga dapat memperluas wawasan kamu tentang platform Android ini.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: