Jenis-jenis Iguana Harga Iguana dan Cara Merawat Iguana

Iguana adalah hewan reptil yang biasa dijadikan sebagai binatang peliharaan oleh para pehobi reptil. Harga iguana bermacam-macam tergantung dengan jenis, ukuran, hingga kesehatannya.

Iguana berasal dari kawasan benua Amerika yang beriklim tropis. Tersebar dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, hingga Kepulauan Karibia. Hewan reptil ini memiliki lipatan kulit atau gelambir pada bagian bawah rahangnya.

jenis-jenis iguana yang cukup banyak, dengan cara merawatnya yang tak terlalu sulit

sumber: kingofwallpapers.com

Disepanjang punggungnya, berderet semacam duri tak tajam yang memanjang dari punggung hingga ke ekor. Tetapi tidak semua jenis iguana memiliki ciri-ciri sebagaimana ciri-ciri di atas.

Beberapa spesies lain dari iguana mempunyai penampilan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kali ini akan saya jelaskan jenis-jenis iguana.

Sehingga nantinya kamu dapat membedakannya dengan memahami dan melihat beberapa perbedaan yang terdapat pada masing-masing jenis iguana yang tersebut.

Jenis-jenis Iguana

1. Jenis Iguana Hijau

merupakan jenis iguana yang banyak terdapat di pasaran dengan cara merawat iguana ini relatif mudah

sumber: pixabay.com

Iguana hijau merupakan jenis iguana yang paling populer di kalangan para pecinta iguana. Sesuai dengan namanya tubuh jenis iguana yang satu ini didominasi dengan warna hijau.

Iguana hijau sudah mulai banyak ditemukan di pet shop, ataupun di komunitas-komunitas pecinta reptil. Iguana jenis ini menjadi salah satu iguana peliharaan yang paling diminati karena mudah dalam perawatannya.

Di samping itu, iguana hijau belum masuk dalam pengelompokan hewan yang dilindungi karena populasinya masih besar di tempat asalnya.

2. Jenis Iguana Biru (Blue Iguana)

penyebaran iguana biru yang cukup merata di dataran amerika terutama jenis iguana biru yang terancam punah

sumber: pinterest.com

Iguana biru mempunyai nama latin Cyclura Lewisi dan sering juga disebut dengan Grand Cayman Iguana. Disebut Grand Cayman Iguana karena jenis iguana yang satu ini memang menjadi spesies kadal endemik di pulau Grand Cayman.

Sebelumnya spesies ini dimasukkan dalam sub-spesies dari Iguana Kuba. Namun pada tahun 2004, spesies ini diklasifikasikan sendiri karena ternyata terdapat perbedaan genetik antara Iguana Biru dan Iguana Kuba.

Iguana biru merupakan salah satu spesies kadal dengan usia yang paling panjang. Usia paling tua dari jenis iguana biru ini tercatat mencapai 67 tahun.

Habitat alami Iguana biru ini terdapat pada tempat berbatu-batu, yang terkenan cahaya matahari. Iguana Biru menyukai tempat yang terbuka seperti hutan yang kering dan pinggiran pantai.

Iguana Biru betina akan bertelur antara bulan Juni hingga Juli. Walaupun tampang dan bentuknya cukup sangar, tetapi Iguana Biru merupakan reptil Herbivora.

perawatan bagi jenis iguana biru tidak terlalu suilit, cukup dengan memberikan iguana biru buah atau sayuran

pangeareptile.com

Makanannya meliputi sayuran, buah-buahan, bunga dan tanaman yang lainnya. Iguana Biru berwarna abu-abu kebiru-biruan. Warna biru akan terlihat jelas ketika hewan reptilia ini berganti kulit.

Jenis iguana biru, merupakan jenis iguana yang terancam punah

sumber: youtube.com

Iguana biru ini termasuk ke dalam satwa langka yang dilindungi. Populasi Iguana Biru diperkirakan akan punah pada dekade awal abad ke-21.

Populasi mereka terus berkurang seiring berkurangnya habitat alami, yang dijadikan padang rerumputan untuk menggembala ternak.

Sejak tahun 2004, ratusan Iguana Biru yang pernah ditangkap telah dilepaskan ke  tempat pelestarian di Grand Cayman oleh Durrell Wildlife Conservation Trust untuk menyelamatkan spesies ysng terancam punah tersebut.

Bahkan sekarang setidaknya ada 5 organisasi nirlaba yang bekerja sama dengan pemerintah Kepulauan Cayman untuk memastikan kelangsungan hidup bagi Iguana Biru.

Semoga upaya-upaya yang dilakukan dapat memulihkan kembali populasi Iguana Biru yang terancam punah.

3. Jenis Blue Diamond Iguana

jenis iguana blue diamond yang indah dengan perawatan yang mudah

sumber: pinterest.com

Blue Diamond Iguana sebenarnya masih satu spesies dengan Iguana Hijau, dengan warna dasar hijau mudanya walaupun ada beberapa yang memang berwarna kebiru-biruan.

Yang membedakan antara Iguana Blue Diamond dengan Iguana Hijau ialah corak biru cerah di sekitar kepala hingga ke punggungnya.

4. Jenis Red Iguana

Sesuai dengan namanya, jenis iguana yang satu ini berwarna merah gelap hingga jingga. Red Iguana banyak dipelihara di Indonesia. Bentuk tubuhnya mirip dengan Iguana Hijau, hanya saja warnanya didominasi oleh warna merah.

jenis red iguana mempunyai berbagai macam. Sangat mudah dalam perawatannyasumber: keyword-suggestions.com

Iguana jenis ini masih mempunyai beberapa jenis lagi dilihat dari warnanya. Red Flame Iguana mempunyai warna yang lebih cerah dan menyala, sedangkan Red Flase Iguana berwarna lebih gelap.

jenis iguna red ini bisa tumbuh besar dengan cara merawat iguana ini sangat mudahsumber: clubfauna.com

5. Jenis Iguana Laemanctus

Iguana Laemanctus merupakan salah satu Iguana endemik di Amerika Tengah. Pada umumnya Iguana Laemanctus berwarna hijau dengan warna coklat di bagian atas kepalanya.

kepala jenis iguana laemanctus yang mempunyai jambul di kepala bagian belakangnya, merawat iguana ini cukup mudah

sumber: terrarium.pl

corak berwarna coklat hingga hitam dari bawah mata membujur hingga ke ekor Iguana Laemanctus ini. Sekalipun warna dasarnya hijau, Iguana Lemanctus membunyai aneka ragam corak yang indah dan warna-warni.

corak dari iguana Laemanctus yang berbeda-beda, namun tak sulit untuk merawat iguana ini

sumber: pinterest.com

6. Jenis Iguana Spinytail (Ctenosaur)

Iguana Spinytail ini masuk dalam genus kadal besar, Iguanidae yang berasal dari daratan Meksiko dan Amerika Tengah. Iguana jenis ini dapat mencapai panjang lebih dari 39 inci (1 meter).

Jenis iguana spinytail dengan duri disepanjang punggungnya, harus berhati-hati dalam merawat iguana spinytail ini

sumber: Flickr

Nama Ctenosaur berasal dari kata Cteno yang berarti duri, dan Saur berarti kadal. Jadi Ctenosaur berarti kadal yang berduri. Nama ini disematkan karena memang punggung Iguana jenis ini memiliki punggung berduri merata disepanjang punggungnya.

7. Jenis Iguana Gurun (Dipsosaurus Dorsalis)

Merupakan jenis Iguana endemik di wilayah Sonora dan pantai Mojave di barat daya Amerika Serikat hingga barat laut Meksiko. Mereka juga dapat dijumpai di  beberapa pulau di Teluk Kalifornia.

jenis iguana gurun yang kuat dan untuk merawat iguana gurun tidak terlalu susah

sumber: herpindiego.com

Pada umumnya, Iguana Gurun mempunyai warna dasar putih, abu-abu dan coklat dengan beberapa corak yang khas pada bagian punggung hingga ke ekornya.

Ukuran Iguana ini dapat mencapai panjang hingga 61 cm. Ekornya 1,5 kali lebih panjang dibandingkan dengan panjang badannya.

Habitat dari Iguana Gurun berada di semak Creosote, terutama gurun pasir kering dengan ketinggian di bawah 1000 mdpl. Dijumpai pula di kawasan sub-tropis, dan hutan gugur tropis.

Iguana jenis ini menyukai lubang sebagai tempat berlindung dari sengatan matahari. Mereka juga sering menggunakan lubang kura-kura gurun dan juga lubang binatang yang lainnya.

8. Iguana Badak/ Iguana Batu (Cyclura)

Jenis iguana batu, perawatan iguana ini tidak sulit

sumber: wikipedia.org

Merupakan spesies iguana dengan ukuran salah satu yang terbesar. Sekalipun wajah dari hewan ini tampak sangar, tetapi sebenarnya Iguana Badak ini hanya memakan tumbuhan (herbivora) dan tidak memakan daging sama sekali.

Harga Pasaran Iguana

Ketika hendak membeli hewan peliharaan, seorang pehobi membutuhkan berbagai macam referensi sebagai pertimbangan. Para pemburu binatang reptil ini harus expert demi mendapatkan binatang peliharaan yang terbaik tanpa perlu menguras isi kantong lebih dalam.

berikut ini beberapa harga Iguana yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak membelinya.

1. Harga Iguana Hijau

Jenis iguana hijau ini mempunyai harga dimulai dari Rp 450.000 hingga Rp 2.000.000. Apabila kamu membeli iguana jenis ini dengan ukuran 1 meter, maka usia tersebut sangat cocok untuk dikawinkan.

2. Harga Red Iguana

Iguana yang berwarna merah ini mempunyai harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Iguana Hijau. Harganya berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 3.000.000. Semua tergantung pada ukuran dan kesehatan para Iguana.

3. Harga Blue Diamond Iguana

Merupakan salah satu jenis Iguana yang banyak diburu oleh para pecinta reptil. Harga Blue Diamond Iguana tak jauh beda dengan Iguana Hijau. Harga Blue Diamond Iguana berkisar antara Rp 600.000 hungga 2.000.000.

3. Harga Blue Iguana / Iguana Biru

Bentuknya mempunyai kemiripan dengan Iguana Hijau, sehingga harganya-pun tak jauh beda.  Yaitu Harganya sekitar Rp 3.000.000

Demikianklah beberapa iguana yang bisa kamu jadikan referensi ketika hendak memeliharanya. Saya sengaja tidak menulis harga dari jenis iguana yang lain, karena memang jenis iguana lainnya sangat jarang ditemukan di pasaran reptil di Indonesia.

Cara Merawat Iguana

Setelah kamu membeli iguana terbaik yang telah kamu pilih, maka kamu harus segera mempersiapkan tempat khusus baginya. Kamu bisa menggunakan aquarium tanpa air tentunya, ataupun kandang dari kayu.

Yang perlu diperhatikan mengenai kandang adalah ukurannya. Usahakan panjang dari kandang yang hendak digunakan sebagai tempat iguana tinggal setidaknya 2 kali lebih panjang dibandingkan dengan panjang tubuh iguana.

Jangan lupa pula pastikan kamu selalu menjaga kebersihan dari kandang. Ketika kandang kotor, maka kulit iguana dapat terkena jamur yang merusak keindahan kulit dari iguana.

Disamping itu, beberapa penyakit juga dapat menjangkitinya. Tentu kamu tidak mau kan apabila iguana kesayangan kamu terkena penyakit.

Pastikan pula bahwa iguana kamu mempunyai suplai vitamin D yang cukup, untuk menjaganya tetap sehat dan kulitnya selalu berkilau. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kamu cukup menjemur iguana kamu di bawah sinar matahari pada pagi hari selama 10 sampai 15 menit lebih lama lebih bagus.

Karena memang secara alami iguana suka berjemur di bawah sinar matahari, untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, dan membunuh beberapa virus dan kuman penyebab beberapa penyakit.

Untuk makanannya, iguana merupakan hewan herbivora. Iguana menyukai buah-buahan dan sayur-mayur. Ketika memberikan iguana makan, cucilah dahulu makanannya, sehngga makanan lebih steril dan terhindar dari penyakit. Bersihkan selalu tempat makan iguana usai memberinya makan.

Berilah ruang gerak bagi iguana agar otot dan tulangnya tetap kuat dan berkembang. Berikan ranting-ranting pohon pada kandangnya agar iguana dapat berlatih memanjat sesuai habitat alaminya ketika di dalam hutan.

Itulah Jenis-jenis Iguana, harga iguana, dan cara merawat iguana. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk kamu yang hendak memelihara, ataupun kamu yang sudah malang melintang di dunia per-iguanaan. Hehe.

Apabila ada pertanyaan, kritik, dan saran, maka silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

One Response

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: