15 Macam Hikmah Puasa

Puasa merupakan sebuah ibadah yang diperintahkan kepada umat Islam terutama ketika bulan Ramadhan. Terdapat banyak sekali hikmah puasa yang dapat kita petik. Sehingga tak ada ruginya bagi kita untuk melaksanakan ibadah puasa yang banyak manfaatnya ini.

Berikut ini akan saya jelaskan hikmah puasa yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Puasa Mempererat Silaturahmi

hikmah puasa jabat tangan

sumber: sempro.biz

Hikmah puasa yang pertama adalah mempererat tali silaturahmi. Kita akan terus berjuang untuk melakukan amal shaleh, di dalam berpuasa kita dituntut untuk menghindari emosi dan pertengkaran.

Dengan begitu, puasa dapat menghindarkan kita dari rusaknya hubungan silaturahmi, baik dengan kerabat, ataupun teman di lingkungan sekitar kita.

Di tambah lagi ketika Ramadhan kita dianjurkan untuk menyambung silaturahmi agar dosa-dosa kita kepada sesama manusia dapat terhapuskan. Dengan adanya silaturahmi, kita akan saling memaafkan dan saling memperbaiki hubungan apabila pernah terjadi perselisihan.

2. Puasa Melatih Kedisiplin Waktu

disiplin sholat hikmah puasa

sumber: irvanurahman – WordPress.com

Hal ini tentu saja sudah dipahami oleh orang-orang yang sudah terbiasa melaksanakan ibadah puasa. Salah satu hikmah puasa ialah melatih kedisiplinan waktu.

Dimulai dari kita ketika bangun di waktu sahur. Dengan bangun di waktu sahur, kita sudah mulai melatih kedisiplinan sejak awal hari. Kita akan dilatih bangun lebih awal sehingga kita terhindar dari segala macam keterlambatan.

Sholat shubuh kita akan lebih terjaga, Alhamdulillah apabila mempunyai motivasi lebih untuk dapat melaksanakan sholat shubuh secara berjamaah di masjid.

3. Puasa Membuat Kita Lebih Peduli Terhadap Sesama

hikmah puasa peduli sesama

sumber: icocnigeria.org

Dengan puasa, kita akan mendapatkan hikmah di dalam kepedulian terhadap sesama. Hikmah puasa yang satu ini merupakan hal yang benar-benar akan kita rasakan ketika kita sedang berpuasa.

Ketika kita berpuasa, kita akan merasa lapar dan haus. Nah di sinilah kita dapat membayangkan saudara-saudara kita kaum muslimin yang tengah kesulitan di himpit kemiskinan dan keterbatasan.

Sudah sepatutnya kita sebagai muslim yang baik harus peduli kepada mereka. Kita harus senantiasa berusaha untuk membantu sesama manusia yang sedang dalam keadaan kekurangan.

4. Puasa dapat Melatih Kita Menjadi Lebih Bersyukur

bersyukur hikmah puasa

sumber: start2finish.org

Hikmah puasa yang selanjutnya ialah kita akan menjadi manusia yang lebih bersyukur. Kenapa seperti demikian?

Hal ini terjadi karena seseorang yang berpuasa diawali dengan melaksanakan makan sahur di mana hal ini sangat dianjurkan. Dari makan sahur seseorang akan memanfaatkan keadaannya tersebut untuk memakan makanan dari rizki yang telah Allah berikan.

Setelah makan sahur, seseorang harus menahan rasa laparnya hingga tiba waktu matahari terbenam. Setelah maghrib tiba, ia akan memulai berbuka puasa.

Di saat-saat seperti inilah Allah memberikan nikmat kepada hambanya. Ketika kita mengawali buka puasa, maka kita akan merasakan nikmat yang luar biasa.

Di mana kita yang tadinya kelaparan, akhirnya dapat kembali menikmati makanan yang dilarang di waktu sebelumnya. Ketika leher mulai basah dengan air dan makanan, maka disanalah kenikmatan yang luar biasa Allah berikan kepada hamba-hambanya yang telah bersabar atas kelaparan dan dahaga di waktu siang.

5. Puasa Mengatur Keseimbangan dalam Hidup

Hikmah puasa yang selanjutnya ialah kita dapat menjaga keseimbangan di dalam hidup. Puasa akan mendorong kita untuk lebih taat atau bertaqwa kepada Allah.

Kita akan berusaha menjauhi perbuatan sia-sia yang dapat melalaikan kita sehingga keseimbangan dalam hidup dapat terkontrol dengan baik.

6. Setiap Kegiatan Mulia Dianggap Sebagai Ibadah

hikmah puasa giat beribadah

sumber: beautifulmosque.com

Ketika berpuasa, kita akan diberikan berbagai macam pahala. Terutama  ketika kita banyak melakukan amal yang saleh. Misalnya setiap kita menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain maka itu dianggap ibadah.

Ketika kita melangkahkan kaki ke masjid atau majlis taklim, maka itu dianggap ibadah, ketika kita membuang duri yang ada di tengah jalan, maka itu dianggap ibadah pula. Hikmah puasa yang istimewa bukan?

7. Puasa dapat Melatih Kesabaran

Ketika kita berpuasa. Kita akan diberikan oleh Allah dengan berbagai macam ujian. Baik itu ujian kesenangan ataupun ujian kesengsaraan. Di sinilah terdapat hikmah puasa yang paling penting.

Di dalam ujian itu, Allah biasa mencoba untuk menguji kesabaran kita. Allah akan memberikan kita ujian sehingga kita merasa emosi dan ingin marah. Ada pula ujian pada hawa nafsu untuk melakukan tindakan yang dilarang ketika kita berpuasa.

Dengan keseriusan dan kesabaran, maka kita akan mampu menghadapi ujian kesabaran tersebut dengan baik. Dan alhasil kita akan menuai pahala secara maksimal. Aamiin.

8. Puasa Melatih Kita untuk Hidup Sederhana

korma buka rosulallah

sumber: mamabee.com

Ketika kita melakukan ibadah puasa, maka di waktu maghrib kita akan sampai pada kesempatan untuk berbuka. Berbuka merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh Rasulallah saw.

Namun di sini kita akan melihat, betapa sederhananya cara hidup Rasulallah yang diajarkan kepada umatnya. Rasulallah biasanya berbuka dengan 3 butir korma, atau bahkan dengan segelas air putih saja.

Hal ini menunjukkan bahwa, makan tidak perlu dengan makanan yang mewah. Hikmah puasa yang bisa kita ambil di sini adalah keberkahan di dalam nakanan yang kita konsumsi.

9. Puasa Membuat Kita Lebih Berhati-hati dalam Berbuat

Ketika kita berpuasa. Kota dituntut untuk menghindari perkara-perkara yang dapat membatalkan  puasa, ataupun yang membatalkan pahala puasa. Di sinilah hikmah puasa diberikan.

Kita tidak bisa melakukan tindakan seenaknya. Kita akan senatiasa menjaga perilaku dan perbuatan agar puasa yang kita tunaikan tidak sia-sia. Tentunya kita tidak mau kan, apabila kita berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga.

10. Puasa Membuat Kita Lebih Bertaqwa

taqwa salah satu hikmah puasa

sumber: mediayama.net

Orang-orang yang berpuasa karena Allah taala sebenarnya ia sedang berusaha untuk bertaqwa kepada Allah swt. Dia berusaha melaksanankan apa yang Allah perintahkan.

Hal ini merupakan sebuah keistimewaan bagi orang yang tengah berpuasa. Ia rela mengosongkan perutnya demi menaati perintah Rabb yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Berangkat dari sinilah kita seharusnya mampu meningkatkan kualitas ketaqwaan kita. Khususnya karena kita berada di saat-saat menjelang puasa di bulan Ramadhan.

Hikmah puasa sangatlah banyak. Tak hanya hikmah dalam kehidupan secara rohaniah, tetapi puasa juga efektif untuk memnyembuhkan berbagai macam penyakit jasmaniah yang banyak diderita oleh banyak orang.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara berpuasa,

11. Mengurangi Kadar Gula di dalam Darah

Seseorang yang berpuasa sudah pasti akan mengontrol makananyang ia konsumsi. Ketika ia berpuasa, ia akan menghentikan konsumsi makanan yang berpotensi menambah kandungan kalori dan gula dalam darah. Di sini terdapat hikmah puasa yang tersembunyi.

Dengan puasa kadar gula di dalam darah seorang penderita diabetes akan menurun dan tidak menutup kemungkinan akan sembuh dengan seizin Allah.

12. Puasa dapat Mengurangi Tekanan Darah

salah satu hikmah puasa tekanan darah turun

sumber: healthitis.blogspot.co.id

Dengan berpuasa seseorang penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darahnya. Ketika seseorang berpuasa, emosinya akan cenderung lebih terkontrol. Makanan-makanan yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi-pun dapat dihindari.

Pelan tapi pasti, seorang yang menderita hipertensi akan mulai membaik ketika ia mulai rutin melaksanankan puasa. Hikmah puasa ini dapat anda manfaatkan apabila anda memang sedang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

13. Puasa dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Hikmah puasa bagi kesehatan selanjutnya ialah dengan berpuasa, seseorang akan mengistirahatkan lambungnya dalam mengolah makanan. Di saat itulah lambung akan memulai perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Dengan rutin berpuasa, lambung seseorang akan kembali membaik, dan penyakit mag akan berangsur-angsur membaik. Namun seorang penderita penyakit mag harus memperhatikan jumlah dan jenis makanan yang ia konsumsi ketika sahur dan di saat berbuka.

14. Puasa dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Bagi seseorang yang jarang bergerak dengan pola hidup yang kurang sehat, resiko terkena penyakit stroke terbuka lebar. Terutama bagi seseorang yang menderita obesitas.

Orang semacam ini akan sangat mudah terkena penyakit stroke. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan puasa untuk menghindari terjadinya kemungkinan terburuk tersebut. Selalu saja terdapat hikmah puasa di dalamnya.

Dengan puasa, lemak yang tertimbun di dalam tubuh akan mulai dibakar sebagai pengganti energi bagi tubuh. Lemak yang menumpuk secara perlahan akan berkurang, dan pembuluh-pembuluh darah darah yang mulai tersumbat akan kembali normal dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

15. Puasa Menurunkan Berat Badan

Hikmah puasa yang terakhir ini mungkin tak lagi terelakkan. Dengan adanya puasa, pola makan seseorang akan lebih teratu, dengan porsi makan yang semakin berkurang. Mengingat jadwal makan yang dianjurkan hanya dua kali.

Kendati demikian, anda harus mengontrol makan ketika malam hari. Apabila anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan di malam hari, maka bukannya berat badan akan menurun.

Hal itu justru akan lebih menaikkan berat badan anda. Jadi kembali lagi ke poin pokok dalam berpuasa. Kita harus mampu bersabar dan menerapakan jadwal dan kedisiplinan untuk memperoleh hasil terbaik, dan pahala yang maksimal.

Nah, demikianlah beberapa hikmah puasa yang ternyata jumlahnya sangat banyak. Mungkin jumlah 15 tersebut masih dapat terus bertambah, mengingat puasa merupakan perintah dari Rabb pencipta manusia dan semesta alam. Silahkan lengkapi apabila masih ada kekurangan dan berikan saran di dalam kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: