Cerita Rakyat Jawa Tengah Lengkap seperti Nyi Roro Kidul Timun Mas dan

Cerita Rakyat Jawa Tengah – Rakyat Jawa Tengah mempunyai berbagai macam cerita atau dongeng yang melegenda dan menjadi cerita rakyat secara turun temurun. Berikut ini cerita Rakyat Jawa Tengah yang mungkin perlu kamu tahu.

Dengan puluhan provinsi yang tersebar mulai dari Kabupaten Pati di ujung timur, hingga Kabupaten Brebes di ujung barat. Dari Wonogiri di Ujung Timur hingga Cilacap di ujung barat di wilayah selatan.

Cerita Rakyat Jawa Tengah

sumber: svoiludi.ru

Dengan wilayah teritorial yang begitu luas dan nilai historis yang sangat kaya. Jawa Tengah adalah salah satu Provinisi yang paling banyak nilai budaya dan ceritanya. Berikut ini beberapa Cerita Rakyat Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan contoh atau mengambil pelajaran di dalamnya:

Baca Juga : Pangeran Diponegoro & Sejarah Perang Terbesar di Pulau Jawa

Nyi Roro Kidul

ratu laut selatan
sumber: covesia.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah pertama yang akan kita bahas yaitu Nyi Roro Kidul. Di mana merupakan salah satu legenda yang tersohor di sepanjang pantai selatan. Bahkan legenda Nyi Roro Kidul ini tersebar hingga pantai wilayah Jawa Barat seperti pantai Pangandaran dan wilayah lainnya di Jawa Barat.

Legenda Nyi Roro Kidul

nyai Roro Kidul
sumber: contohbajukebaya.com

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sesosok wanita yang cantik dan menarik. Nyi Roro Kidul adalah seorang Ratu Sebuah Kerajaan gaib di tengah-tengah Samudera Hindia yang sangat luas. Nyi Roro Kidul identik dengan busana yang berwarna hijau. Di mana hal ini merupakan Cerita Rakyat Jawa Tengah yang cukup populer.

Cerita Nyi Roro Kidul

dongeng Nyi Roro Kidul
sumber: Kompasiana.com

Menurut keterangan para saksi yang pernah menyaksikannya, Nyi Roro Kidul kadang terlihat mengendarai kereta kencananya dengan suaranya yang bergemerincing. Cerita Rakyat Jawa Tengah yang satu ini memang cukup misterius dengan msitisnya.

Ratu Pantai Selatan

penguasa laut Selatan
sumber: liputan6.com

Nyi Roro Kidul disebut-sebut sebagai seorang ratu tersohor di dunia Jin dengan wilayah kekuasaannya di laut selatan atau sering juga orang Jawa menyebutnya Laut Kidul. Ada banyak pengalaman janggal yang dialami para warga yang tinggal di wilayah pesisir pantai selatan terkait Ratu Pantai Selatan ini.

Mulai dari penampakan Nyi Roro Kidul, hingga suara gemerincing kereta kencana yang diduga sebagai kereta yang dikendarai oleh sosok yang disebut juga dengan Kanjeng Ratu Kidul ini. Cerita Rakyat Jawa Tengah yang cukup terkenal ini menjadi pembicaraan banyak orang.

Asal usul Nyi Roro Kidul

mitos Nyi Roro Kidul
sumber: nationalgeographic.co.id

Tetapi terlepas dari itu semua. Tentu saja Nyi Roro Kidul tetaplah makhluk Allah yang sudah sepatutnya bagi kita untuk tidak mengagung-agungkannya. Apalagi sampai melakukan tindakan yang menjerumuskan kita ke arah kesyirikan.

Cukuplah Cerita Rakyat Nyi Roro Kidul ini sebagai Cerita Rakyat Jawa Tengah yang tidak perlu dibesar-besarkan.

Timun Mas

dongeng Timun Mas
sumber: kakakpintar.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah Timun Mas ini adalah salah satu cerita rakyat yang populer di masa tahun 2000-an. Namun seiring bergesernya zaman, Cerita Rakyat Timun Mas ini mulai tenggelam tergerus oleh zaman.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami hendak kembali mengangkat mengenai Cerita Rakyat Jawa Tengah Timun Mas dengan tujuan agar kembali dikenal oleh generasi pemuda zaman sekarang. Timus Mas adalah seorang anak kecil yang diceritakan sebagai seorang anak kecil yang ditemukan terlahir dari dalam timun dengan ukuran besar.

Cerita Timun Mas

buah timun mas
sumber: newsonl1ne.blogspot.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah Timun Mas dimulai dari sepasang suami istri di mana sepasang suami istri ini sangat mendambakan adanya buah hati di antara mereka. Mereka berdoa siang dan malah untuk dikarunia seorang anak sebagai penghias kehidup suami istri ini.

Singkat cerita, doa suami istri inipun dikabulkan. Mereka menemukan timun yang berwarna emas ketika mereka sedang bertani. Siapa sangka, ternyata di dalam timun mas tersebut terdapat bayi yang tidak mereka sangka-sangka. Merekapun bersyukur kepada Tuhan, karena doanya telah dikabulkan.

Cerita Rakyat Timun Mas

legenda Rakyat Timun Mas
sumber: ceritaceritaibunda.wordpress.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah Timun Mas ini berlanjut dengan adanya raksasa yang menginginkan timun mas sebagai makanannya. Betapa sedihnya sepasang suami istri ini. Mereka-pun berusaha agar Timun Mas tidak diambil oleh si Raksasa dengan melakukan masa tenggat waktu agar Timun Mas tumbuh remaja terlebih dahulu.

Dongeng Timun Mas

Raksasa di Dongeng Timun Mas
sumber: FormidApps.com

Si Raksasa-pun menyetujuinya, ia akan kembali datang ketiga Timun Mas sudah tumbuh remaja, agar raksasa dapat lebih kenyang ketika memakannya. Dari sinilah orangtua angkat si Timun Mas merasa sedih. Namun mereka tidak mau menyerah.

Di dalam Dongeng Timun Mas ini, mereka berusaha untuk mempersiapkan Timun Mas dengan sebaik mungkin. Cerita Rakyat Jawa Tengah yang cukup menarik tentunya.

Legenda Timun Mas

si timun mas
sumber: lalutaki.tumblr.com

Timun Mas diberikan keahlian bela diri hingga tumbuh remaja. Ketika masa remaja telah tiba, kekhawatiran sang orangtua angkat si Timun Mas-pun semakin meningkat. Dalam waktu dekat, rumah mereka-pun disambangi oleh Sang Raksasa.

Si Raksasa datang dan menagih janji sepasang suami istri tadi. Dengan berat hati merekapun merelakan si Timun Mas yang sudah merea besarkan seperti anak sendiri. Timun Mas-pun dibiarkan pergi bersama Sang Raksasa dengan dibekali beberapa perlengkapan dari orangtua angkatnya.

Tetapi ternyata di luar dugaan. Di sepanjang perjalanan Timun Mas melakukan perlawanan kepada si Raksasa. Ia melakukan perlawanan dengan senjata yang sudah dipersiapkan oleh orangtuanya. Dengan kombinasi kecerdikan dan kemampuannya dalam bela dirinya, Timun Mas berhasil mengalahkan Sang Raksasa.

Akhirnya Timun Mas-pun dapat kembali berkumpul dengan keluarga kecilnya denga  selamat. Demikianlah cerita singkat mengenai Legenda Timun Mas. Semoga dapat membangkitkan kembali Cerita Rakyat Jawa Tengah, dan umumnya Cerita Rakyat Nusantara.

Nyi Blorong

legenda Nyi Blorong
sumber: TurboSquid.com

Nyi Blorong adalah salah satu legenda yang sering diceritakan dulu semasa tahun 2000-an. Nyi Blorong ini juga pernah diangkat ke drama serial kolosal di salah satu stasiun televisi swasta. Nah, di kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai Cerita Rakyat Jawa tengah Legenda Nyi Blorong.

Legenda Nyi Blorong

cerita Nyi Blorong
sumber: bandardomino.bid

Menurut beberapa para ahli cerita rakyat, Nyi Blorong adalah putri pertamadari Nyimas Dewi Rangkita yang bernama Nyimas Dewi Anggatri. Di mana Nyimas Dewi Rangkita adalah seorang cucu dari Raja Caringin Kurung ke 11, yaitu Prabu Jaya Cakra.

Legenda Nyi blorong dimulai ketika Sang Putri tumbuh menjadi seorang yang angkuh dan sombong, sehingga terusir dari keraton. Seiring dengan berjalannya waktu, Nyimas Dewi Anggatri ini berkelana ke tengah hutan, yang akhirnya ia masuk ke dalam dunia Jin.

Karena masuk ke dunia gaib ini, ia ditangkap oleh tentara Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul merasa ina dengan Nyimas Dewi Anggatri, sehingga ia diangkat sebagai salah satu dari bawahan Nyi Roro Kidul, dan diberi kekuatan seekor ular.

Pesugihan Nyi Blorong

tumbal Nyi Blorong
sumber: youtube.com

Setelah diberi kekuatan itu, Nyimas Dewi Anggatri diganti namanya oleh Nyi Roro Kidul dengan panggilan Nyi Blorong. Nyi Blorong disebut-sebut sebagai sesosok siluman yang tempat pesugihan bagi orang-orang tertentu. Pesugihan Nyi Blorong ini dilakukan dengan hubungan seperti suami istri.

Perkawinan Nyi Blorong

ular Nyi Blorong
sumber: youtube.com

Perkawinan Nyi Blorong ini dilakukan sebagai perantara untuk mendapatkan harta secara cepat oleh para manusia yang gelap mata. Mereka melakukan hubungan dengan Nyi Blorong yang kemudian setelah melakukan hubungan itu, nanti akan tertinggal kepingan emas sebagai hasil pesugihannya.

kepingan emas itu konon katanya adalah sisik ular yang nantinya membutuhkan tumbah yaitu orang terdekat dari orang yang melakukan pesugihan. Nantinya korban tumbal ini akan dijadikan budak di kerajaan di dalam dunia Jin.

Jaka Tingkir

legenda Jaka Tingkir
sumber: youtube.com

Sebenarnya ada banyak cerita rakyat Jawa Tengah yang terkenal di wilayah Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah cerita rakyat. Jaka Tingkir adalah salah satu murid dari Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu anggota dari Walisongo yang melegenda di Pulau Jawa.

Joko Tingkir

cerita Joko Tingkir
sumber: Solopos.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah Jaka Tingkir atau Joko Tingkir ini sudah banyak diceritakan oleh nenek moyang secara turun temurun dan berkembang menjadi berbagai macam versi.

Arya Penangsang

cerita Arya Penangsang
sumber: youtube.com

Cerita Rakyat Jawa Tengah Arya Penangsang adalah salah satu tokoh legendaris seperti Joko Tingkit. Ceritanya cukup terkenal, terutama di wilayah Jawa Tengah. Sehingga biasanya Arya Penangsah menjadi salah satu tokoh yang menarik untuk diperbincangkan.

Rawa Pening

gambar Rawa Pening
sumber: fotografer.net

Cerita Rakyat Jawa Tengah selanjutnya adalah Legenda Rawa Pening. Rawa Pening sendiri adalah salah satu tempat yang terdapat di wilayah Ambarawa Kabupaten semarang. Rawa Pening menjadi legenda karena sejarahnya yang menceritakan cerita rakyat.

Legenda Rawa Pening

gambar Legenda Rawa Pening
sumber: kongkie.com

Cerita Rakyat ini merupakan salah satu yang terkenal di wilayah ini. Legenda Rawa Pening diceritakan secara turun temurun. Rawa Pening merupakan danau atau rawa-rawa yang masih ada hingga sekarang yang merupakan saksi bisu terjadinya legenda Rawa Pening

Demikianlah berbagai macam Cerita Rakyat Jawa Tengah yang bisa kami paparkan. Mulai dari Cerita Nyi Roro Kidul, Cerita Timun Mas, sampai Legenda Nyi Blorong. Untuk Legenda Rawa Pening dan Jaka Tingkir dapat kita kupas di kesempatan lain. Silahkan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: