Cara Menggunakan Rufus yang Mudah + Download Terbaru

Cara Menggunakan Rufus – Rufus adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai pembuat bootable. Banyak orang yang memanfaatkan software rufus ini karena dianggap sebagai salah satu aplikasi yang paling mudah dalam penggunaannya.

Sekedar informasi saja untuk Anda yang belum tahu apa itu rufus. Rufus adalah salah satu software yang banyak digunakan oleh para pengguna device dengan os windows, atau secara simpelnya, rufus adalah software untuk menginstal ulang windows.

Penginstalan rufus sendiri adalah dengan memanfaatkan flashdisk / usb. Tetapi di awal-awal keluar dahulu, penginstalan rufus menggunakan kaset DVD. Penginstalan menggunakan rufus dengan media flashdisk akan terasa sangat penting.

Terutama apabila perangkat yang diinstal ulang adalah netbook yang tidak dibekali dengan DVD room. Rufus merupakan salah satu terobosan terbesar di abad 21 ini. Penggunaan software dari pihak ketiga yang satu ini dianggap sebagai salah satu solusi paling efektif untuk melakukan pernbaikan sistem, atau proses instal ulang.

Cara Menggunakan Rufus

Menggunakan Rufus
sumber; bootableusb.com

Penggunaan rufus sebenarnya tergolong sangat mudah, pasalnya kita tidak mengakibatkan resiko yang berarti ketika sedang menggunakannya sebagai software bootable flashdisk.

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa rufus adalah software yang tak tergantikan. Padahal software sejenis rufus juga sudah semakin banyak dan menjamur.

Berikut ini beberapa software sejenis rufus yang bisa Anda pilih, yang dapat dijadikan alternatif ketika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda disini . Tak berhenti di situ, Anda juga bisa melakukan booting OS lain seperti Mac OS XlinuxBSD .

Di sini Anda dapat dengan mudah untuk memilih sesuai dengan Operating System yang Anda gunakan diperangkat PC Anda. Cara menggunakan rufus dapat dibilang cukup mudah sehingga Anda tidak perlu banyak khawatir karena kesulitan dalam penggunaannya.

Dan bahkan ketika salah, proses bootable bisa dilakukan, lagi, lagi, dan lagi hingga Anda benar-benar menguasai caranya, tanpa takut ada kerusakan di dalamnya. Sangat simpel sekali bukan?

Menginstall windows menggunakan CD/DVD tak lagi diperlukan, Anda hanya perlu melakukan penginstalan ulang menggunakan software Rufus, yang sudah tertanam di dalam flasdisk. Pneggunaan rufus dari flashdisc ini juga dianggap lebih safety.

Dengan menggunakan software instal ulang ini, proses instal ulang dapat hampir dipastikan sukses 100% dengan seizin Allah. Satu hal lagi yang cukup mengejutkan adalah bahwa software ini hanya mempunyai ukuran sebesar 800kb.

Siapa sangka, software dengan ukuran yang terjangkau ini mempunyai kegunaan yang sangat vital bagi perangkat komputer Anda. Cara penggunaannya adalah Anda hanya perlu membuatnya lewat file ISO di dalam sebuah folder, sekalipun tak memiliki CD/DVD installer windows.

Cara Membuat Bootable Flashdisk

Cara Bootable Flashdisk
sumber: CV-Library.co.uk

Melakukan bootable menggunakan flasdisk memang sangat praktis, aman dan efektif. Para pelajar di zaman sekarang tentunya sudah mempunyai flashdisc sebagai pelengkap dari perangkat laptopnya.

Pertama yang penting dilakukan adalah dengan melakukan pemindahan file atau / back up file yang terdapat di dalam flashdisk. Hal ini perlu dilakukan karena flashdisk yang hendak digunakan untuk melakukan proses bootable akan secara otomatis diformat ulang oleh software rufus.

Rufus sendiri merupakan Live USB systems yang merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuah sistem yang terdapat di dalam perangkat removable seperti flashdisk atau usb.

Cara menggunakan rufus ini nantinya akan sangat membantu Anda, di mana aplikasi portable ini mampu untuk membuat operating system seperti windows XP, windows 8, windows 7, hingga windows 10 menjadi bootable flashdisc.

Rufus adalah salah satu aplikasi favorit, di saat software-software sejenis bermunculan. Software rufus seolah sudah menjadi brand tersendiri dengan pengguna setia yang tidak mau berpindah ke lain hati.

Rufus Terbaru

Rufus download
sumber: Begawei.com

Pertama-tama, siapakanlah flashdisk yang sudah dipastikan kosong, karena sudah dipindahkan atau di backup file utamanya. Persiapkanlah file Windows iso

  1.  Setelah semua beres, maka lakukanlah proses pengunduhan software rufus yang bisa Anda dapatkan, di bawah. Pastikan bahwa file yang Anda unduh adalah file rufus yang sudah terupdate dengan klik link ini. Anda bisa melakukan pengunduhan versi portable dan khusus untuk pengguna windows 8, gunakanlah program Rufus dengan versi ruvus terbaru agar aplikasi rufus dapat bekerja lebih baik dan kompatibel.
  2. Selanjutnya, colokkanlah flashdisk pada perangkat PC yang hendak dilakukan bootable windows.
  3. Setelah terdeteksi, program ini di jalankan dengan secara otomatis mendeteksi flashdisc.cara membuat bootable di flashdisk
  4. Selanjutnya, bukalah file iso dengan cara melakukan klik sesuai dengan gambar yang ditunjukkan dengan angka 1, sedangkan untuk memilih file iso-nya, lakukanlah pemilihan sebagaimana ditunjukkan angka 2 di atas.
  5. Setelah memilih file iso, maka dilajutkan dengan melilih open sebagaimana ditunjukkan angka nomor 3.cara membuat bootable di flashdisk windows 7
  6. Untuk memulai maka dilanjutkan dengan meng-klik”start”  bagaimana cara membuat bootable di flashdisk
  7. Proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda bisa menunggunya sembari menyeruput secangkir kopi, atau memakan sepiring gorengan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  8. Proses ini akan ,membutuhkan waktu yang cukup lama, di mana dapat memakan waktu hingga 20 menitan. Durasi ini adalah proses untuk ukuran windows 8 OIA (all in one pack) dengan ukuran 4 GB.

Download Rufus Terbaru

Unduh Rufus Terbaru
sumber: balustat

Untuk mengunduh rufus terbaru, Anda hanya perlu melakukan scroll ke atas. kemudian pilihlah link denga tulisan link ini. Secara otomatis Anda akan kami arahkan ke link untuk mendownload sortware rufus dengan versi yang paling baru.

  1. Semakin kecil ukuran file iso-nya, maka semakin cepat pula proses yang di butuhkan. Jadi estimasi waktu di atas bisa menjadi lebih lama atau bisa juuga menjadi lebih cepat tergantung dengan jenis laptop dan ukuran file yang di instal.

    cara menggunakan rufus

  2. Setelah muncul keterangan notifikasi sebagaimana di bawah ini, maka pilihlah tombol”oke” .Dari sini, nantinya secara otomoatis flasdisc akan melakukan format, dan melakukan pemprosesan.
    cara menggunakan rufus dengan mudah
  3. Ketika sudah muncul sebagaimana tampilan di bawah ini, maka pilihlah tombol “close” untuk mengakhirinya.
    cara menggunakan rufus untuk membuat bootable windows
  4. Untuk memastikan bahwa flashdisc telah berhasil terisi file bootable, maka Anda perlu membuka folder yang terdapat di dalam flashdisc. Tampilan yang terdapat di dalam dalam folder tersebut kira-kira sebagaimana gambar di bawah ini:bagaimana cara menggunakan rufus iso file
  5. Apabila sudah berhasil, maka hal itu akan ditandai dengan flashdisc yang terisi dengan bootable windows yang sudah langsung dapat digunakan untuk menginstall laptop. Jangan lupa, ganti first boot nya pada bagian settingan bios komputer dengan removable disk.
  6. Nantinya sistem akan secara otomatis mendeteksi flashdisc tersebut, serta cara penginstalannya yang serupa dengan cara penginstalan menggunakan DVD.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk

Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk
sumber: panduankomputer-laptop.blogspot.com

Untuk penginstalan windows 7 menggunakan flashdisk ini sebenarnya tinggal melakukannya sebagaimana menginstal windows 7 menggunakan DVD sebagaimana umumnya.

Dengan rufus, Anda tidak perlu khawatir, karena rufus dapat digunakan untuk menginstal berbagai versi windows termasuk di dalamnya windows 7. Lakukanlah tahapan penginstalan sebagaimana menginstal windows menggunakan DVD.

Demikianlah tutorial cara menggunakan rufus yang bisa Anda aplikasikan dan Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba, dan semoga dapat bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: