Cara Membuat Es Krim ( Ice Cream ) Resep Paling Mudah Enak

Cara Membuat Es Krim – Siapa yang tidak tahu es krim. Makanan yang dingin dan segar ini banyak sekali digemari. Dengan rasanya yang dingin, serta rasanya yang manis dan gurih. Membuat Ice Cream menjadi makanan favorit banyak orang.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim redaksi windowsnesia sengaja membahasnya untuk kamu yang menyukai es krim, atau untuk Ibu yang hendak memberikan kejutan es cream untuk keluarga tercinta di rumah.

Dahulu, membuat es krim adalah hal yang sangat merepotkan. Untuk membuat es krim, Es didapatkan dari danau atau kolam yang membeku saat musim dingin, kemudian dipotong dan disimpan dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es disimpan untuk kemudian dipakai saat musim panas.

Sejarah Es Krim

sejarah ice cream
sumber: bravotv.com

Di zaman dahulu, es krim adalah sebuah makanan sekaligus minuman yang merupakan penemuan besar. Es Krim dibuat secaran tradisional. Cara membuat es krim di zaman dahulu adalah dengan cara mengolah adonan di dalam mangkuk besar.

Adonan es krim tersebut dimasukkan ke dalam tube yang kemudian diisi dengan campuran es batu atau batu es yang sudah dihancurkan dan diberi garam. Dengan tambahan bahan tersebut, adonan es krim menjadi membeku.

Keberadaan makanan favorit anak-anak ini sejatinya sudah ada sejak zaman Romawi kuno, tepatnya di masa pemerintahan Kaisar Nero. Penemuan es krim ini bukan tanpa dasar, catatan sejarah menceritakan tentang pesta di masa tersebut.

Di pesta tersebut ditemukan es yang dihiasi dengan buah-buahan dari pegunungan. Tetapi, secara jelasnya, ditemukannya es krim adalah ketika masa pemerintahan Kaisar Tang di masa Dinasti Shang, di China.

Kaisar Tang dikenal sebagai seorang raja yang mempunyai selera citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman yang dihidangkan. Sejarah perkembangan citarasa makanan di masa itu, terkenal hingga ke seantero megeri bahkan hingga ke penjuru dunia.

Juru masak yang dipilih adalah koki profesional. Para koki ini adalah koki terbaik yang didatangkan dari penjuru Cina. Di masa inilah dilakukan berbagai macam instrumen masakan yang belum pernah ada sebelumnya.

Para juru masak berlomba untuk menghasilkan makanan yang lezat dengan citarasa yang melegenda. Salah satu pememuan yang unik adalah ketika dilakukannya sebuah cara memasak dengan mencampurkan es dengan susu sapi, tepung serta sedikit campuran kapur barus.

Kemudian dilakukan proses mengaduk adonan tersebut, sehingga menggumpal yang kemudian kalangan istana menyebutnya sebagai es krim. Di zaman dahulu, es krim terbuat dari es dari salju yang dicampur dengan lemak susu, serta buah-buahan dan beberapa campuran lain sehingga tekstur es krim menjadi lebih lembut dan nikmat.

Es krim dibawa oleh Marcopolo ke Eropa setelah kembalinya ia dari berkelana mengelilingi dunia. Di masa Eropa kuno ini, hidangan es krim hanya dihidangkan kepada kaum bangsawan saja.

Es krim dianggap sebagai hidangan mewah hingga abad ke 16 masehi. Yang kemudian ditemukanlah mesin untuk membuat es krim dengan bahan bakar minyak tanah. Setelah abad ke 18 atau 19, barulah mulai ditemukan mesin es krim dari listrik.

Cara Membuat Es Krim

cara membuat ice cream
sumber: endonline.com

Tidak sulit sebenarnya membuat es krim. Dengan resep es krim yang sederhana, Anda akan dengan mudah untuk membuat es krim dengan cepat tanpa menghabiskan banyak waktu.

Bahan membuat es krim juga dianggap tidak terlalu rumit. Anda tidak harus menggunakan mesin pembuat es krim. Cukup dengan resep es krim yang mudah ini, maka keluarga bisa menikmati es krim setiap hari.

Baiklah, langsung saja, kita bahas resep es krim yang digemari banyak orang ini:

Resep Es Krim

Resep ice cream
sumber: foodnetwork.com

Siapa yang tidak tahu dengan Es Krim Walls. Sebuah perusahaan es krim besar yang sudah menyebar di seluruh dunia. Bisa jadi Anda salah satu penggemarnya bukan ? Hayo ngaku.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai  cara membuat es krim Walls yang menjadi kegemaran banyak orang. Tekstur es krim yang lembut, dan komposisi rasa yang pas, serta berbagai macam varian rasa es krim yang kaya, membuat setiap orang ingin merasakannya lagi, lagi, dan lagi.

Walls sendiri merupakan perusahaan es krim yang berdiri pada tahun 1786 oleh penemunya yaitu Richard Wall. Reputasinya yang sangat baik, membuat Richard Wall menjadi orang terpandang.

Setelah sebelumnya jatuh bangun mengenmbangkan usaha dagingnya, Richard kemudian membuat sebuah usaha es beku dari susu yang kemudian dikenal dengan es krim walls.

Es krim yang di dalam bahasa Inggris disebut sebagai Ice Crean Walls ini terkenal dengan tekstur es krim yang lembut dan maju dengan pesat. Walls kemudian dijual kepada Unilever, dan dikembangkan lagi sehingga muncullah salah satu produk baru yang diberi nama paddle pop.

Cara Membuat Es Krim Walls

cara membuat ice cream walls
sumber: plus.google.com

Dengan reputasinya yang sudah sangat baik, tidak heran apabila es krim walls adalah salah satu es krim yang paling populer di dunia. Banyak orang yang ingin mengetahui cara membuat es krim walls sehingga mereka dapat membuatnya sendiri dengan cita rasa yang sama.

Bagi para ibu-ibu yang gemar memasak, membuat es krim sendiri di rumah adalah salah satu tantangan yang sangat menyenangkan dan menguji kemampuan. Apabila ibu-ibu berhasil membuat es krim sendiri, sudah barang tentu itu adalh modal awal untuk membuat keluarga betah berlama-lama di rumah.

Es krim bukanlah makanan yang khusus hanya orang-orang tertentu saja yang menyukainya. Hampir semua usia menyukai es krim, karena es krim adalh salah satu hasil karya yang diturunkan oleh tuhan kepada manusia yang paling enak.

Kali ini tim redaksi windowsnesia akan berbagi resep cara membuat es krim walls khususnya es krim walls dung dung yang lembut. Untuk membuat es krim walls dung dung, Anda tidak memerlukan bahan yang rumit.

Anda hanya perlu menyiapkan bahan sederhana untuk membuat es krim walls. Di bawah ini adalah bahan membuat es krim yang perlu Anda siapkan:

Bahan Membuat Ice Cream Walls

  • siapkanlah 3 sendok makan tepung maizena
  • siapkan 1 butir telur ayam
  • siapkan 1 kaleng susu kental manis
  • siapkan 3 gelas air putih atau air bening
  • siapkanlah Pasta makanan strawberry dan coklat
  • sipkan Vanili secukupnya
  • siapkan pula 1 sendok makan SP

Langkah Membuat Ice Krim Walls

  • Campurkanlah tepung maizena, telur, susu kental manis dan air. Aduh semua campuran tersebut hingga tercampue secara merata.
  • Masaklah adonan dengan panci, hingga adonan keluar bunyi letupan tanda adaonan sudah mulai panas.
  • Setelah itu, lanjutkanlah dengan memasukkan adonan ke dalam lemari es dan biarkan selal kurang lebih 6 s/d 7 jam.
  • Setelah itu, angkatlah es yang sudah membeku , dan hancurkan es menggunakan garpu dan haluskan es menggunakan mixer.
  • Cairkanlah SP untuk es krim serta vanili yang kemudian dicampurkan ke dalam mixer.
  • Bagilah adonan menjadi 2 bagian, kemudian masukkan pasta strawberry kemudian diratakan.
  • Campurlah adonan yang lainnya dengan pasta coklat kemudian ratakan.
  • Ice cream walls dung dung pun siap dihidangkan dengan wadah yang Anda inginkan.

Mudah sekali buka cara membuat es krim walls dung dung kali ini. Nah selamat mencoba ya membuat es krim sendiri di rumah. Semoga tips membuat es krim walls dung dung ini dapat bermanfaat.

Cara Membuat Es Krim Goreng

Cara Membuat ice cream Goreng
sumber: weheartit.com

Halo Bunda, apa kabarnya? Semoga baik ya. Nah pada resep es krim yang kedua ini kita akan membagi resep cara membaut ice gream goreng yang paling gampang simpe dan sederhana. Kenapa disebut seperti itu?

Ya, benar sekali. Resep ice cream kali ini benar-benar sangat ,mudah. Bunda bisa membuat es krim dengan bahan yang tidak ribet. Bunda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang sangat sederhana untuk bisa membuat dan menikmati es krim goreng yang fenomenal ini.

Oke deh langsung saja, ini dia resep cara membuat es krim goreng ala ibu Joanne Sebastian dari Cookpad.

Bahan Es Krim

  • siapkanlah 1 bungkus roti tawar
  • siapkanlah 1 pack es krim
  • siapkanlah 1 buah gelas

Langkah Membuat Es Krim Goreng

Cara Membuat Ice Crean Goreng

  • Ambillah 2 lembar roti tawar dari bungkusnya.
  • Ambillah es krim dari wadahnya, dan oleskan pada roti tawar lembar pertama
  • Setelah es krim merata pada roti tawar yang pertama, tutuplah es krim dengan roti tawar yang satunya, sehingga roti tawar berbentuk seperti sandwich.
  • Setelah selesai, siapkanlah gelas sebagai cetakan.
  • Letakkan sandwich roti di atas alas yang rata dan keras.
  • Tekanlah sandwich dengan gelas, sehingga secara otomatis sandwich roti akan membentuk bulat sebagaimana gelas.
  • Ulangilah hal yang sama sampai di rasa roti sandwich sudah cukup.
  • Masukkanlah semua hasil cetakan ke dalam loyang yang kemudian dimasukkan ke dalam frezer dan diamkanlah selama semalaman.
  • Keesokan harinya, setelah semuanya membeku, termasuk rotinya, ,maka keluarkan roti dari dalm frezer
  • Panaskanlah minyak goreng di dalam wajan atau panci.
  • Masukkan sandwich roti beku ke dalam penggorengan.
  • Gorenglah sebentar roti sandwich tersebut.
  • Es krim goreng-pun siap untuk dihidangkan.

Bagaimana Bunda? mudah sekali bukan cara membuat es krim goreng kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan masakan bunda disukai keluarga di rumah ya.

Cara Membuat Es Krim Buah

Cara Membuat ice cream Buah
sumber: family.org.hk

Es krim rasa buah-buahan segar selalu menggoda siapapun yang melihatnya. Dengan teksturnya yang lembut dan dingin, diliputi dengan rasa buah yang segar, membuat siapa saja tertarik untuk menikmatinya.

Baiklah kali ini kita akan berbagi bagaimana cara membuat es krim buah segar yang mudah dan sederhana. Jadi Bunda tidak perlu rempong ya, untuk menyiapkan bahan-bahan membuat es krim buah ini. Mari langsung saja ke TKP.

Cara Mebuat Es Krim Stroberi

Es krim strawbery homemade
sumber: cookpad.com
Nah, kali ini yang kita share adalah cara membuat ice cream strawberry dari kheyla’s kitchen yang di share oleh Ibu Widi Anuntama di Cookpad. Cara membuat Ice Cream Buah ini cukup mudah. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan untuk mebuat Ice sebagaimana di atas:

Bahan Ice Cream Buah

  • Siapkanlah 4 susu kental manis
  • Siapkanlah 1 sachet susu dancow putih
  • Siapkan 4 sendok makan tepung maizena
  • Siapkan 3 gelas air putih / air bening
  • Siapkan gula secukupnya
  • Siapkan perasa makanan strawbery atau buah lainnya

Cara Membuat Ice Cream Buah

  • Campurkanlah semua bahan membuat ice cream ini, kecuali perasa strawberry
  • Aduk adonan ice cream hingga merata
  • Masaklah semua adonan di atas kompor sembari di aduk, sehingga adonan mulai mengental
  • Biarkan beberapa saat adonan yang sudah mengental di dalam suhu kamar
  • Setelah dirasa cukup, masukkanlah adonan ke dalam freezer hingga mengeras
  • Setelah mengeras, keluarkanlah adonan es krim dari dalam freezer.
  • Hancurkan adonan yang sudah membeku tersebut dengan menggunakan garpu hingga hancur.
  • Masukkanlah SP yang sebelumnya sudah dilakukan proses tim
  • Lakukanlah proses mixing menggunakan mixer hingga adonan mengembang menjadi 2x lipat
  • Proses pengadukan ini akan mempengaruhi tingah kembang dari adonan, apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukanlah proses ini dengan durasi yang lama antara 10 hingga 20 menit
  • Setelah mengembang, maka masukkan;lah perasa strawberry atau perasa buah lain seperti buah mangga, rasa buah melon, rasa coklat, rasa buah alpukat, dan rasa buah lainnya sesuai selera Anda.
  • Setelah diaduk dengan rata bersama perasa yang sudah dicampurkan, maka dilanjutkan dengan memasukkan adonan tersebut ke dalam freezer yang nantinya akan menjadi es krim
  • Ice Cream enak pun siap untuk dihindangkan.

Bagaimana bunda? mudah sekali bukan cara membuat es krim buah yang kita bagikan. Tentunya bunda sudah tidak perlu lagi membelinya di supermarket dong ya. Karena bunda sudah bisa membuatnya sendiri bahkan dengan rasa yang bisa Bunda atur sendiri sesuai seleru keluarga.

Asik sekali kan?

Demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai es krim. mulai dari sejarah es krim, cara membuat es krim walls dung dung yang mudah, cara membuat ice cream, cara membuat es krim goreng. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentor pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: