Jenis, Harga Ayam Kate, Kandang dan Cara Memeliharanya Komplit

Ayam Kate – adalah ayam yang berukuran mungil, tetapi sangat digemari karena bentuk dan warna bulu ayam kate yang terlihat indah. Jenis ayam ini bukanlah ayam konsumsi yang biasa dimakan daging atau telurnya. Ayam jenis ini masuk dalam jenis ayam hias yang dicari para pecinta burung dan unggas.

Jenis Ayam Kate

jenis ayam
sumber: majalah-holiday.com

Ayam unik yang berukuran mungil ini mempunyai banyak jenis dan varian. Para pehobi ayam mengoleksi ayam kate dar berbagai jenis karena kecintaan mereka dengan hobinya itu. Nah ini dia jenis-jenis dari kate yang perlu anda ketahui:

Ayam Kate Lokal

Ayam Lokal
sumber: hewanternak.com

Ciri-ciri fisik dari ayam kate lokal adalah kakinya yang pendek dan berwarna abu-abu. Di mana bagian paruh dan kukunya berwarna putih. Bulu kate lokal berwarna putih halus di mana terdapat jugs hitam. jenggernya berwarna merah.

Ayam Kate Betindo

jenis Ayam Kate Betindo
sumber: jualayamhias.com

Ayam Kate Betindo mempunyai bulu yang berwarna putih di mana terdapat warna hitam pada bagian ujung sayap dan ekornya. Bulu leher bagian belakang pada Kate Betindo ini  bersurai. Sedangkan pada bagian jengger berwarnanya merah menyala seolah-olah bunga mawar merah yang tengah mekar.

Ayam Kate Jepang

Ayam Jepang
sumber: Satwapedia.com

Ciri-ciri dari Ayam Kate Jepang adalah bulunya yang berwarna kuning keemasan dan pada bagian ekornya terdapat sedikit tambahan warna putih bercampur kuning. Jengger dan pial kate Jepang berwarna merah. Kakinya pendek dan berwarna putih kekuning-kuningan.

Ayam Kate Batik

jenis Ayam Kate Batik
sumber: pojokinfounik.com

Kate batik adalah kate impor dari luar negeri. Ada 2 jenis Kate Batik yang dikenal oleh para pehobi kate. Ada Ayam Kate Batik Itali, dan Kate Batik kanada. Perbedaan dari dua jenis ayam kate batik ini terletak pada warna bulunya.

Ayam Kate Batik itali berwarna khas perpaduan dari dua warna yaitu putih dengan warna hitam pada bagian ujung bulu-bulunya, sedangkan Kate Batik Kanada berwarna keemasan dengan warna hitam pada bagian ujung bulu-bulunnya, atau biasa disebut juga dengan Sebright Gold.

Berat badan dari kedua jenis Kate Batik tersebut berkisar antara 600 gram untuk yang jantan, sedangkan untuk betinanya sekitar 500 gram.

Ayam Kate Blasteran

Ayam Blasteran
sumber: tokobagong.com

Ayam Kate Blasteran adalah jenis kate yang dikawinkan secara silang antara kate jenis lokal dan ayam jenis impor. jenis ayam ini mempunyai ciri fisik perpaduan antara kedua indukannya.

Apabila anda mempunyai kate jenis lokal, dan kate jenis impor, maka anda bisa mencoba untuk mengawinkannya sehingga menjdapatkan ayam kate jenis baru yang nantinya mempunyai bentuk dan warna yang unik dan indah.

Sebelum berbagi bagaimana cara agar bisa menghasilkan untung yang besar ketika kamu hendak memilih untuk memelihara dan membudidayakan jenis ayam hias yang satu ini. Berikut ini dipaparkan beberapa jenis dan daftar harga ayam yang tersebar dipasaran.

Harga Ayam Kate

Harga Ayam
sumber: clayfootfarm.com

Ayam Kate mempunyai beraneka ragam, tergantung pada jenis, ukuran, dan tingkat keindahan dan keunikan fisiknya. Yang jelas, harga ayam hias dewasa ini bisa dianggap mempunyai harga yang kompetitif, mengingat ayam jenis ini yang memang unik dan sangat menarik.

Di bawah ini akan saya paparkan daftar harga ayam kate yang ada di pasaran:

  1. Harga anak Kate dengan usia 1 hingga 2 bulan berkisar antara Rp 30.000  sampai Rp 50.000.
  2. Harga Kate dengan usia antara 2 hingga 4 bulan berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 60.000.
  3. Harga Kate usia dewasa berkisar antara 60.000 – hingga jutaan rupiah, tergantung pada keunikan dan keindahan bentuk dan warna dari ayam kerdil tersebut.

Cara Memelihara Ayam Kate

Memelihara Ayam Kate
sumber: homesteading.com

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk memelihara ayam hias ini. Berikut ini yang perlu anda persiapkan agar ayam kate yang anda pelihara dapat tumbuh dengan baik, dengan warna yang memukau, dan mempunyai nilai jual yang tinggi:

Pemberian Makan dan Minum

makanan ayam
sumber: inhabitat.com

Ukuran ayam hias yang satu ini lebih kecil dibandingkan dengan ayam jenis lainnya, membuat ukuran paruhnya-pun lebih kecil. Berilah makanan dengan ukuran yang sesuai dengan si ayam.

Apabila hendak memberinya makan beras, maka kami sarankan untuk sedikit menghaluskannya ayam lebih nyaman ketika menyantap makanannya, terutama pada anakan kate yang masih kecil, yang belum memungkinkan untuk memakan makanan biji-bijian utuh. Jangan memberinya makan ikan aligator.

Idealnya, berikanlah ayam kate makanan sebanyak dua kali sehari, yaitu ketika waktu pagi dan sore hari. Sediakan minuman di dalam kandang ayam hias ini. Hal ini cukup mudah, karena minuman cukup penting untuk memastikan bahwa ayam lucu ini tidak kehausan ketika ditinggalkan.

Perawatan pada Anakan Ayam Kate

Anakan Ayam Kate
sumber: backyardchickencoops.com.au

 Ayam kate yang masih kecil akan sangat rentan terkena penyakit, karena bulunya yang belum tumbuh sempurna, dan suhu udara disekitarnya, oleh karena itu, berikanlah penutup yang tahan terhadap air pada kandangnya agar anakan ayam hias ini tidak kedinginan.

Usia Ayam Kate

Usia Ayam
businessgrowthcenter.org.au

Hal ini berkaitan dengan bentuk dan warna ayam kate yang ketika dewasa semakin tampak indahnya. Ketika anda membeli ayam jenis ini yang masih kecil, tentu saja anda tidak bisa berharap bahwa warna dan bulu ayam lucu sudah tampak indah. Karena ayam imut tersebut masih dalam proses pertumbuhan.

Warna Bulu Ayam Kate

ayam terbang
sumber: pinterest.com

Ayam kate yang sehat adalah kate yang memiliki bulu yang mengkilap dengan warna yang cerah dan tekstur yang halus. Hal-hal tersebut sudah barang tentu akan sangat diperhatikan, terlebih apabila anda adalah seorang pehobi ayam jenis kate ini.

Hal di atas sangat berpengaruh pada harga ayam kate. Sekalipun ayam tersebut sudah dewasa, apabila beberapa kriteria bulu seperti di atas tak terpenuhi, maka tentu saja harga ayam ini akan cenderung jatuh, dan penawarannya-pun akan lebih murah.

Kesehatan Ayam Kate

gambar Ayam
sumber: Shutterstock.com

Kesehatan dari ayam kate tentu saja tak kalah penting dalam menentukan harga ayam hias ini. Agresifitas dan kokokan ayam bisa menjadi indikator kesehatan dari ayam ini, apakah dia sehat, atau dalamkan sakit. Kesehatan sangat penting karena ayam yang sakit dapat menulari ayam lainnya.

Pemilihan bibit yang terbaik, bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindarkan ayam yang rentan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Jangan lupa pula, vaksinasi dini dan secara rutin adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan guna menjaga kondisi ayam tetap prima, dan lebih kebal terhadapa serangan  virus-virus berbahaya.

Bentuk Bulu Ekor

bulu ekor ayam
sumber: dody94.wordpress.com

Salah satu daya tarik ayam kate adalah bentuk ekornya yang menjuntai, dan ada beberapa jenis yang mempunyai ekor panjang yang indah. Bulu ekor kate jantan bisa menandakan seberapa dewasa ayam tersebut.

Bagi para pehobi ayam kate, semakin bagus bentuk dan warna bulu ekor dari ayam ini, maka nilai jualnya-pun akan semakin tinggi.

Kandang Ayam Kate

Kandang Ayam
sumber: brilio.com

Kandang adalah salah satu unsur penting ketika anda hendak memelihara binatang piaraan, tak terkecuali jenis unggas ini. Anda harus menyiapkan kandang yang bersih dan nyaman untuk ditinggali oleh si ayam.

Hal ini sangat penting karena akan sangat disangkan apabila ayam kate anda terjangkit penyakit tertentu karena kurangnya perawatan, dan kebersihan kandang ayam.

Buatlah kandang ayam yang tertutup, dengan kaki kandang yang agak tinggi. Hal ini diperlukan, mengingat ayam hias ini adalah jenis ayam yang sangat lincah dan agresif, terutama ketika ayam tersebut masih anakan.

Buatlah pula lubang untuk sirkulasi udara yang baik dan usahakan kandang menghadap ke arah timur, agar kandang mendapat cahaya matahari, sehingga kandang tetap kering dan tidak lembab. Untuk menghindari ayam kedinginan, berikanlah lampu di dalam kandang sebagai penghangatnya.

Buatlah alas kandang dari bambu atau kawat strimin, di mana hal ini bertujuan agar kotoran yang dikeluarkan oleh ayam bisa langsung jatuh ke bawah kandang, dan cepat mengering terkena sinar matahari.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis, kandang, cara memelihara, gambar, dan harga ayam kate. Semoga dapat menjadi referensi, menambah wawasan, dan bermanfaat bagi kita semua. Silahkan tinggalkan saran kritik, atau pertanyaan di dalam kolom di bawah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: